--> Skip to main content

Karunia-Karunia Roh Kudus Dalam Gereja

Karunia Karunia Roh Kudus Dalam Gereja. Dalam kehidupan sehari-hari, orang memiliki banyak masalah, baik kecil maupun kompleks. Dalam setiap masalah, perlu bagi Anda untuk mengetahui bahwa Tuhan selalu di sekitar Anda. Dia memperhatikan Anda yang meratapi kehidupan Anda. Mungkin, masalah Anda adalah tentang keuangan, di mana Anda harus sesegera mungkin untuk membayar biaya kuliah anak Anda, seperti sudah tunggakan. Atau bahkan Anda tidak memiliki persediaan makanan lebih di dapur Anda, sehingga Anda bingung apa yang harus Anda katakan kepada anak Anda ketika mereka merasa lapar dan meminta untuk ingin makan segera.

Memang, segala sesuatu yang kita peroleh, kita harus bersyukur untuk. Dalam segala hal, Belajarlah untuk bersyukur. Dengan bersyukur, itu berarti Anda bahagia dengan cara hidup yang Allah telah rencanakan. Dalam kesusahan biasanya orang akan semakin dekat dan semakin bertanya kepada Tuhan, karena memang dia menyadari bahwa hanya tempat keluhan Tuhan yang tepat baginya. Allah dapat menolong Anda dengan cara apa pun. Dia dapat memberi Anda Roh di mana Roh dapat membuat Anda lebih tenang dan lebih menyenangkan 

Karunia-karunia Roh Kudus Dalam Setiap Gereja


Roh yang dari Tuhan pasti menuntun Anda ke jalan yang lebih baik, sepanjang Roh Allah Anda sudah familiar untuk tetap menang dalam setiap perjuangan, daripada Roh Iblis. Roh Kudus sendiri memiliki banyak karunia bagi kita semua. Awalnya, para rasul adalah yang pertama yang dipegang oleh Allah untuk memiliki karunia Roh Kudus. Tapi secara bertahap, kita memiliki setidaknya satu dari 15 karunia Roh Kudus. Untuk lebih memahaminya, dalam artikel ini akan dibahas tentang 15 karunia Roh Kudus.

1. Karunia sebagai rasul

Karunia Roh Kudus adalah karunia pertama yang memampukan manusia untuk menjadi rasul Allah. Ini telah disebutkan dalam 1 Korintus 12:28 yang menjadikannya supaya Tuhan dapat menjadikan manusia sebagai rasul. Inilah yang menuntun kepada Tuhan Yesus yang memiliki sebanyak 12 rasul. 12 rasul ini dikenal sebagai murid Tuhan Yesus. Jika lebih banyak ditinjau tentang status sosial dari 12 rasul, pasti harus ada lebih baik bahkan yang jauh lebih baik daripada mereka. Tapi, Tuhan Yesus, dengan dukungan dari Allah, memungkinkan yang sangat lemah untuk menjadi murid-Nya. Hal ini karena pada dasarnya Allah tidak melihat kesamaan, suku, atau status sosial (baca: peranan Roh Kudus di dalam Gereja).

Apa yang Tuhan butuhkan dalam manusia adalah bagaimana orang Apothe hati adalah untuk mengikutinya. Menurut Tuhan Yesus tidak mudah, meskipun ritual hanya akan dikenakan penyebab baptisan. Namun, jika jauh lebih terlihat untuk kehidupan sosial, itu akan sangat sulit bagi mereka, apalagi yang hidup sebagai minoritas. Untungnya, jika minoritas dihargai oleh mayoritas di sebuah negara sehingga merangkul dan hidup aturan agama dapat berjalan dengan baik.

Kita juga tahu bahwa dari 12 rasul Allah, ada dua rasul berkhianat. Masing-masing dari para Rasul ini memiliki cara berkhianat yang berbeda tetapi tetap sama-sama menyakiti perasaan Allah. Pertama, Peter. Petrus dikenal sebagai rasul Allah yang sangat dikasihi. Memang, Tuhan tahu bahwa akan ada Rasul berkhianat dan telah waspada terhadap para rasul juga, tapi masih mereka dikhianati. Petrus menyangkal hal itu dan Yudas Iskariot menjualnya. Kedua hal ini membuktikan bahwa menjadi pengikut Kristus bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan perjuangan.

2. karunia untuk bernubuat


Karunia kedua dari Roh Kudus adalah karunia bernubuat. Dalam 1 Korintus 14:9 disebutkan bahwa satu cara manusia dapat membangun iman orang lain melalui perkataan ilahi tetapi tentu masih dapat dimengerti. Namun, masih banyak pemikiran yang keliru tentang kemampuan seseorang untuk bernubuat. Kita tentu tidak dapat secara langsung mengidentifikasi seseorang sebagai nabi hanya karena dia memiliki karunia bernubuat. Hal ini diperlukan bagi Anda untuk mengetahui bahwa seseorang harus memiliki setidaknya 2 atau 3 hadiah pendukung lainnya untuk menjadi seorang nabi. Memang, menjadi seorang nabi bukanlah hal yang mudah 

Sebuah contoh sederhana untuk mempermudah Anda memahami mengapa seseorang yang memiliki karunia bernubuat tidak dapat segera dinyatakan sebagai nabi. Anda pasti memiliki uang, serta orang tua Anda, teman Anda, bahkan orang yang Anda tidak tahu bahkan yang berada di dekat Anda. Tentu saja, Anda dan orang itu tidak dapat langsung dinyatakan sebagai orang kaya berat, hanya karena mereka punya uang. Harus ada indikator pendukung lain untuk menyatakan bahwa seseorang adalah orang kaya.

3. karunia untuk mengajar


Karunia ketiga yang dapat diperoleh orang Kristen adalah karunia untuk mengajar. Karunia ini sudah ditemukan dalam Alkitab, pad Roma 12:6-8. Karunia pengajaran yang dirujuk di sini adalah karunia dalam menyediakan pengetahuan tentang kebenaran Firman Allah sehingga orang yang tersesat karena persepsi yang salah dapat pulang sesegera mungkin. Mungkin di beberapa gereja sudah memiliki program belajar Alkitab. Dalam program itu harus ada lebih berpengetahuan daripada yang lain yang dipilih sebagai guru. Dengan mengajar, Allag menginginkan manusia untuk mendekat kepada-Nya dan untuk menyerah atas segala sesuatu yang terjadi.

4. karunia untuk mengkhotbahkan Injil


Yang abadi dari manusia yang diberikan oleh Roh Kudus adalah karunia dalam memberitakan Injil. Mengkhotbahkan Injil pastilah suatu kewajiban bagi setiap orang Kristen. Tuhan ingin umat-Nya untuk bersatu segera. Tuhan tahu bahwa masih ada banyak orang yang belum mengenal dia. Dengan karunia Roh Kudus hal ini membuat Tuhan semakin dikenal oleh banyak orang yang tidak mengenal dia yang bukan pengikutnya. Ingat! Kewajiban kita hanyalah untuk memberitakan kebenaran Injil daripada memaksa orang lain untuk percaya itu dengan percaya atau tidak, itu adalah hak mereka. 

5. karunia melayani


Karunia kelima yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia adalah karunia melayani. Hari ini, orang pasti lebih memilih untuk dilayani daripada melayani. Namun, hal ini tentu salah. Pertama, Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya untuk datang ke dunia untuk melayani orang berdosa, tidak untuk dilayani. Sifat Yesus ini adalah satu-satunya sepatu yang kita Tiru. Berusahalah bahwa kami melayani tidak dilayani. Pelayanan berarti melakukan kebaikan kepada sesama manusia dan tentu saja membuat Allah bahagia.

6. hadiah untuk memberikan sesuatu


Karunia keenam yang manusia dapat memiliki adalah karunia memberikan sesuatu. Sebagai seseorang yang mampu secara ekonomi, pasti itu tidak menyakiti kita untuk membantu mereka yang membutuhkan. Memang, harta adalah tempat Allah dan tidak ada orang yang membawa semua kekayaannya hingga perhentian terakhirnya. Selain itu, dengan menawarkan orang yang berjuang dengan bantuan, itu pasti akan membuat dia merasa bahwa dia tidak sendirian. Masih ada Tuhan yang membantunya melalui tangan Anda 

7. karunia untuk melakukan belas kasihan


Karunia ketujuh ini, karunia rahmat, adalah karunia ketujuh yang datang dari Roh Kudus. Dalam akta belas kasihan, pasti orang itu memiliki empati dan simpati yang besar terhadap kondisi orang-orangnya di sekelilingnya. Inilah yang mendorongnya untuk menjadi penolong dan murah hati menawarkan dirinya. Karunia ketujuh ini sebenarnya masih sangat erat kaitannya dengan karunia keenam hadiah untuk memberikan sesuatu.

8. hadiah untuk memimpin


Rupanya, untuk era modern ini, banyak orang yang bermimpi sendiri untuk menjadi pemimpin, tentu saja, menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah karena dia harus memiliki respon cepat terhadap masalah yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh pemimpin akan dihadapkan dengan banyak orang yang memiliki banyak persepsi dan kebutuhan. Begitu juga kebijaksanaan.

9. karunia untuk mengusir setan


Karunia kesembilan yang juga mencakup karunia Roh Kudus adalah karunia yang beberapa orang miliki. Di masa lalu, Tuhan Yesus juga melakukan kegiatan, yang adalah untuk menyembuhkan seorang anak perempuan yang kerasukan. Dalam memiliki kemampuan untuk mengusir setan, itu harus dimiliki oleh iman yang kuat. (Baca juga: figur Alkitab)

10. hadiah untuk berbicara dengan bijak


Dalam era yang penuh dengan masalah ini, pasti perlu bagi seseorang yang memiliki kebijaksanaan yang dapat digunakan dalam kata-kata. Banyak orang jatuh sehingga ia tidak bisa lagi berpikir jernih. Dalam hal ini perlu bahwa sosok mampu berbicara dengan bijak. Banyak dari motivasi yang dia berikan kepadanya mampu membuat orang bangkit kembali dalam semangatnya. (baca: manfaat berdoa bagi orang Kristen).

11. karunia untuk memerintah


Karunia kesebelas Roh Kudus adalah karunia untuk memerintah. Ianya tentu sudah ada dalam Alkitab pada 1 Korintus 12:10. Selain itu, pada permulaan penciptaan manusia, ia jelas telah dikatakan oleh Tuhan bahawa manusia memerintah atas bumi. Oleh karena itu, Allah menempatkan manusia dalam kedudukan tertinggi dari manusia lainnya. Dengan demikian, sepatutnya kita bersyukur dengan tidak merusak ciptaan tetapi mempeduliannya.

12. karunia untuk menyembuhkan


Karunia Roh Kudus ke-12 ini berkaitan erat dengan pekerjaan medis. Perawatan medis diperlukan dalam mengatasi penyakit. Hari ini penyakit berkembang sangat pesat sehingga sering ada penyakit baru ditemukan. Ini adalah di mana Tuhan bekerja dan mengungkapkan medis untuk menyembuhkan. Selain itu, doa kerabat juga sangat berpengaruh. (Baca juga: pandangan iman Kristen pada gaya hidup modern)

13. karunia berbahasa roh


Hadiah ke-15 adalah hadiah untuk berbahasa lidah. Kami menyadari bahwa ada berbagai jenis bahasa di dunia ini. Namun, bahasa lidah adalah salah satu yang paling sulit untuk belajar bahasa. Jika bahasa lain berasal dari kemampuan seseorang untuk mempelajarinya, kemampuan Roh Justriu berasal dari iman seseorang. Oleh karena itu, hanya sedikit yang mampu berbicara dalam bahasa roh. (baca: arti Pentakosta bagi orang Kristen)

14. hadiah untuk menafsirkan dasar Roh


Karunia Roh Kudus untuk menafsirkan lidah ditulis dalam 1 Korintus 12:10. Menafsirkan lidah juga berkaitan dengan kemampuan berbicara Roh. Namun, tidak harus orang yang sama memiliki kedua kemampuan yang luar biasa. Tentunya, dibutuhkan lebih banyak iman untuk dapat berbicara Roh.

15. karunia untuk membedakan roh


Dalam 1 Korintus 12:10 juga dijelaskan bahwa manusia juga memperoleh karunia untuk membedakan roh. Hal ini diperlukan bagi Anda untuk mengetahui bahwa banyak jenis Roh di dunia ini jelas tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun, di beberapa orang, Tuhan mengijinkan mereka untuk melihat Roh, antara Roh yang baik dan Roh yang dari Allah (baca: Tritunggal Allah).

Informasi semacam itu mengenai 15 karunia Roh Kudus. Dengan artikel ini, diharapkan untuk membantu Anda dalam memahami berbagai hadiah. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar