Skip to main content

Contoh Doa Sebelum Tidur Menurut Kristen Protestan

Contoh Isi Doa Sebelum Tidur Menurut Kristen Protestan Setiap hari, ada banyak hal yang kita lewat. Kita bisa bangun dari istirahat kita. Kami melakukan berbagai kegiatan. Kami merasa sedih dalam berbagai hal yang kita lakukan. Pada akhir hari, kita akan kembali beristirahat dalam tidur kita. Tidur menjadi kebutuhan dasar semua orang, bahkan sangat ditunggu setiap hari.

Setelah banyak hal terjadi dalam satu hari, kita tentu perlu mengingat bahwa ada seorang Allah yang bekerja di zaman kita. Oleh karena itu, kita perlu berbicara dengan Tuhan sebelum mengakhiri hari kita dengan tidur. Kita dapat berbicara dengan menaikkan doa sebelum tidur menurut orang Kristen Protestan.

Contoh doa sebelum tidur


Berikut adalah contoh berdoa sebelum tidur menurut Kristen Protestan. Sebagai contoh, doa ini adalah mahasiswa yang mengembara dalam masa ujian:

Selamat malam, bapa. Selamat malam, Yesus. Selamat malam, Roh Kudus. Saya sangat bersyukur untuk hari yang telah kami lewati. Jika pada hari ini saya dapat mengerjakan ujian saya, meskipun ada pertanyaan yang sulit, namun saya bersyukur karena dapat melewatinya. Bahkan hari ini aku masih bisa belajar untuk menguji besok dan bisa merasa siap, aku bersyukur untuk itu. Jika aku masih bisa makan, minum, bersukacita dengan teman-temanku, semua yang terjadi hari ini, saya sangat bersyukur. Saya percaya bahwa Tuhan menyertai hari saya sepenuhnya.

Tuhan, hari ini saya masih sering gagal untuk menyenangkan hati Anda sepenuhnya. Aku masih jatuh dalam dosa. Aku masih merasa malas dan memilih untuk bermain bukannya memakai waktu saya untuk menjadi semudah belajar. Saya masih merasa kesal karena pria ojek membuat saya terlambat untuk datang ke ujian. Mungkin masih ada banyak dosa yang saya lakukan dan saya tidak menyadari. Jahweh, mengampuni segala dosa kita. Ajarilah hamba-Mu ini, Tuhan, untuk tidak lagi melakukannya keesokan harinya. Berikan Roh Kudus Anda yang akan memungkinkan saya untuk berjalan sebagai kehendak Anda.

Sekarang ya, Tuhan, aku ingin tidur. Saya ingin menutup hari ini dengan istirahat. Tuhan yang diberkati sehingga aku bisa tidur nyenyak. Berikan rasa aman ya, Tuhan. Jaga saya dari semua rencana jahat. Saya berhasrat untuk bangun keesokan harinya ya, Tuhan, dengan sukacita dan semangat baru untuk memuliakan Engkau. Tuhan memberikan masa depan yang penuh harapan dalam ujian saya, dalam segala hal yang akan saya lakukan besok.

Terima kasih ya, Tuhan. Ini adalah hatiku. Anda yang mendengarkan semua doa dan permohonan saya. Biarlah apa yang terjadi dalam hidup saya menurut kehendak-Mu. Dalam nama-Mu, Tuhan Yesus Kristus, Aku berdoa dan bersyukur. Amin.

Isi doa sebelum tidur


Ketika kita berbicara dengan seseorang yang kita hormati, kita pasti akan berhati-hati dalam berbicara. Demikianlah halnya dengan Allah. Ada hal yang perlu kita sampaikan dalam doa sebelum tidur menurut orang Kristen Protestan. Kita tidak hanya bisa menyatakan bahwa kita ingin tidur, seolah-olah berdoa sebelum tidur sesuai dengan Kristen Protestan hanya untuk Tuhan. Berikut adalah doa sebelum tidur menurut Kristen Protestan.

1. Nyatakan syukur selama satu hari bahwa kita telah hidup.
Tidur akan menutup hari kita sudah hidup. Ada begitu banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang kita lalui. Mungkin kita merasa bahagia atau beberapa membuat kita merasa sedih atau marah. Apa pun itu, kita pergi melalui itu dan kami percaya bahwa itu baik. Oleh karena itu, kita sekarang mulai doa kita sebelum tidur menurut Kristen Protestan dengan Thanksgiving. Kita bersyukur karena kita percaya bahwa Tuhan telah bergabung pada hari kita telah berlalu.

2. Ungkapkan pengakuan dosa yang telah kita lakukan selama satu hari.
Kita adalah umat dengan hasrat daging. Kita bergumul untuk menjadi sempurna dan kudus seperti Allah. Namun, Tuhan selalu memberikan kita kesempatan untuk mengaku dosa kita, bukan hanya pada hari Minggu, tapi setiap hari. Ambillah kesempatan itu untuk mengakui dosa kita. Ini membantu kita untuk benar-benar dapat mengevaluasi diri kita sendiri untuk apa yang telah kita lakukan dalam satu hari. Pengakuan dosa juga harus dilakukan dengan iman yang Tuhan berikan kepada kita.

3. Nyatakan pengajuan kami selama tidur.
Ketika tidur, kita pasti membutuhkan rasa aman dan tidur. Tentu saja kita tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi ketika kita sedang tertidur. Merasa waspada, gelisah akan membuat kita tidur tanpa kesehatan. Kami tidak menutup hari kami dengan baik dan merasa tidak siap untuk besok. Oleh karena itu, dibutuhkan penyerahan diri kepada Allah. Kami percaya bahwa Tuhan akan mengurus kami, memberikan kita waktu tidur yang terbaik. Kita dapat belajar untuk menyerah dengan membaca ayat Alkitab tentang menyerah.

4. Ekspresikan harapan kami untuk besok.
Tentu saja kami berharap ada besok bahwa kita masih bisa hidup. Kami memiliki harapan khusus untuk besok menunggu. Kami percaya bahwa jika kita bertanya, Tuhan akan memberi. Oleh karena itu, nyatakan apa harapan kita untuk besok. Jika kita merasa lelah dalam pekerjaan kita dewasa ini, mintalah Allah memberi kita motivasi untuk bekerja. Ingatlah janji Tuhan dalam ayat Alkitab motivasi ini.

5. Berdoalah untuk perjuangan pribadi.
Doa sebelum tidur menurut Kristen Protestan tidak hanya berbicara sekitar dua hari hari ini dan besok. Doa juga berbicara untuk kehidupan sehari-hari kita dua hari lagi, tiga hari lagi, dan seterusnya. Oleh karena itu, jika memang ada perjuangan khusus yang kita miliki, berdoalah kepada Tuhan. Mintalah Allah untuk menyelesaikannya bagi kita. Jika kita merasa patah hati, menyatakannya dan mintalah Tuhan untuk menolong sesuai dengan janjinya dalam ayat Alkitab tentang kesedihan hati.

6. Berdoalah untuk perjuangan orang lain.
Namun, sebagai seorang Kristen, kita sudah warga negara dari Kerajaan Allah. Kita tentu perlu mengingat bahwa di dalam Kerajaan Allah, kita tidak hidup sendirian. Berdoalah bagi orang lain yang kita kenal. Percayalah bahwa kekuatan doa membantu setiap orang, karena ada orang lain yang setia untuk berdoa bagi kita. Sebagai contoh, jika kita mengenal saudara yang memfitnah, berdoalah untuknya sesuai dengan ayat Alkitab yang memfitnah.

Itulah isi doa sebelum tidur menurut orang Kristen Protestan. Sebelum berdoa, kita bisa mulai dengan membaca firman Tuhan dan menyembah dengan menyanyikan sebuah pujian. Firman Jahweh akan menolong kita untuk menilai diri kita sendiri apakah hari kita sesuai dengan kehendak Jahweh. Firman Tuhan juga dapat menolong kita untuk tenang sebelum berdoa, sebagai contoh dengan membaca ayat Alkitab untuk menenangkan hati dan pikiran. Peribadatan menolong kita merasa bersyukur dan sungguh berfokus pada Allah selama doa kita berikutnya. Kita bisa melakukan penyembahan yang benar dengan terlebih dahulu membaca ayat Alkitab tentang penyembahan.

Jika kita tidak terbiasa berdoa, mungkin kita akan merasakan doa ini sangat panjang. Jika tidak akrab, kita bisa mulai dengan hanya menyatakan penyerahan. Semakin terbiasa, kita akan lebih dekat kepada Allah dan tidak merasakan doa seperti itu lama.

Perhatikan juga bahwa kita tidak perlu terlalu berhati-hati dalam perkataan kita. Dalam doa, Tuhan akan melihat sikap hati kita, bukan betapa indahnya kata yang kita ucapkan. Oleh karena itu, apa pun yang kita rasakan, katakanlah kepada Tuhan sepenuh hati. Semoga artikel ini membantu kita untuk lebih memperkuat hubungan kita dengan Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar