--> Skip to main content

Kewajiban Menghormati Orang Tua Pada Ayat Alkitab Perjanjian Lama dan Baru

Ayat Alkitab Tentang Menghormati Orang Tua Pada Perjanjian Lama dan Baru. Ada banyak ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Sering kali ini adalah kenyataan bahwa kita membaca, tapi mungkin tidak semua orang Kristen mengamati ayat dengan seksama. Bahkan, Firman Allah di dalam Alkitab adalah hal yang harus dipatuhi oleh semua orang Kristen. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami apa yang Tuhan katakan dalam Alkitab. Terutama mengenai respek dan kepatuhan terhadap kedua orangtua kita. Orang tua adalah wakil Allah di dunia yang membantu membesarkan kita sejak lahir.

Selain itu, orang tua adalah perpanjangan dari tangan Allah dalam melaksanakan kewajiban untuk memelihara dan ada juga peran orangtua dalam mendidik anak menurut Alkitab yang mencakup mengajarkan rasa takut akan Allah. Oleh karena itu, Alkitab dengan jelas diberi ayat yang meminta agar orang Kristen selalu patuh dan hormat kepada orang tua mereka. Ini adalah titik yang cukup penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin tahu yang ayat untuk menyebutkan itu, Anda harus memeriksa daftar berikut. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang menghormati orang tua baik dalam Perjanjian lama dan baru.



Perjanjian Baru

Dalam kitab Perjanjian Baru juga jelas dituangkan. Jadi jelas bahwa sepanjang waktu Tuhan ingin orang Kristen untuk taat dan hormat kepada orang tua. Untuk kejelasan lebih lanjut lihat ayat ini yang diungkapkan pada zaman Tuhan Yesus kepada para murid dan semua umatNya dengan jelas

1. Matius 15:4

“Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.”

Dalam ayat dalam Injil Matius lebih jelas untuk mengungkapkan kewajiban anak Allah untuk menghormati orangtuanya. Oleh karena itu ada konsep barang siapa anak yang tidak memberi hormat kepada orang tua akan menerima hukuman. Demikian juga, Firman Allah menyatakan bahwa mereka yang tidak ingin menghormati orang tua mereka dan mengatakan kurang baik akan ayah dan ibunya akan menerima hukuman. Bukan hanya sebuah kalimat kecil tetapi disebutkan adalah hukuman mati. Dalam arti jika anak tidak patuh kepada orang tua maka akan mendapatkan konsekuensi yang cukup parah. Oleh karena itu selalu melakukan yang benar cara berdoa dan meminta Tuhan untuk memimpin untuk memberikan kebijaksanaan dan rasa hormat kepada orang tua terlepas dari sikap mereka kepada kita.

2. Markus 7:10

“Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.”

Demikian juga, hal ini diulang dalam Injil Markus dengan pernyataan yang sama. Ini menandakan bahwa menghormati orang tua dalam kekristenan adalah tugas yang tidak dapat ditoleransi. Di sini anak yang tidak menaati orang tua akan memiliki konsekuensi besar. Bahkan mengatakan hukuman mati, itu berarti tidak ada pengampunan.

Oleh karena itu, jika Anda selalu melanggar nasihat orang tua harus segera melakukan cara untuk bertobat dari orang Kristen agar tidak membawa murka dari Allah untuk hidup kita. Kecuali kita berkenan kepada orang tua kita, maka Allah akan menghakimi perbuatan baik kita dan mencurahkan berkat-berkatnya berlimpah dalam hidup kita.

3. Lukas 18:20

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu.”

Banyak orang Kristen telah menyadari bahwa sebenarnya menghormati orang tua adalah salah satu dari sepuluh perintah. Itulah mengapa sangat penting dan harus dipikirkan untuk semua orang Kristen agar tidak berani menentang orang tua mereka. Meskipun ada saat-saat ketika anak tidak dapat memilih jenis orangtua yang dimiliki. Tetapi jika Anda menemukan perjuangan seperti itu maka Anda harus tetap setia dan berdoa kepada Allah.

Mintalah tujuan karunia Roh Kudus memberikan jalan yang terbaik dan selalu menghormati ayah dan ibu kita apa pun kondisinya. Hal ini dapat tidak mudah, tapi itulah yang Tuhan ingin terjadi dalam hidup kita. Dan bagian kita sebagai umat masih patuh ketika Allah ingin hal itu terjadi pada kita. Tentunya dalam kekuatan kita sendiri adalah mustahil, yang dapat menggunakan kuasa yang diberikan oleh Allah melalui mediasi Roh Kudus yang akan memperkuat kita dan memberi jalan kepada orang tua kita lebih.

4. Markus 10:19

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!”

Demikian pula, dalam bagian di atas, ada pengulangan dengan arti yang sama. Itu berarti bahwa Tuhan menekankan hal ini kepada umatNya. Karena Tuhan tidak ingin orang Kristen menjadi pembangkang yang tidak mau berpartisipasi dalam perkataan orang tua. Mulai dari menghormati orang tua adalah fundamental untuk menghormati orang lain di sekitar kita. Oleh karena itu secara tidak langsung suatu cara untuk belajar mengaplikasikan buah Roh untuk menyenangkan Bapa setelah menerima anugerah keselamatan yang diberikan Jahweh. Janganlah membiarkan kita mengecewakan atau mendukung hati Tuhan dengan selalu mengecilkan dan tidak mau mendengar nasihat dari orangtua kita. Sekecil apa pun yang diberikan dan disarankan oleh orang tua, yang terbaik adalah berusaha untuk kita lakukan. Dengan demikian berkat Tuhan akan berlimpah dan lebih dari anugerah yang diberikan Allah kepada umatNya dalam hidup.

Perjanjian lama

Dalam tulisan suci perjanjian lama mengenai menghormati orang tua telah dicurahkan sejak awal. Malah ia adalah satu daripada sepuluh perintah yang harus dilakukan Israel pada zaman dahulukala. Oleh karena itu, kami sarankan Anda mempertimbangkan beberapa ayat berikut yang mengatakan ini dan mencoba untuk merenungkan dengan baik.

1. Imamat 19:32

“Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN.”

Dalam buku ini dikatakan sejelas mungkin bahwa semua orang Kristen harus selalu memberikan penghormatan kepada orang tua mereka. Terutama karena orangtua ini adalah perwakilan pilihan Allah bagi kita di dunia. Sehingga setiap orang yang takut akan Allah pasti harus takut kepada yang tua juga. Pengabdian kepada orang tua adalah berkat kunci yang akan diberikan oleh Allah untuk kehidupan orang percaya. Dengan takut kepada orang tua dan menghormati mereka, kita juga telah berkenan kepada Allah dan menghindari perbuatan berdosa sesuai dengan Alkitab.

2. Ulangan 5:16

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Dalam ayat di atas juga lebih jelas mengatakan bahwa siapa saja umat Allah yang menghormati orangtuanya maka secara tidak langsung akan diberkati Allah kehidupan yang panjang dan keadaan yang baik. Karena Jahweh selalu melihat hal-hal kecil yang dilakukan umatNya. Jadi jika kita sebagai orang Kristen menghormati orangtua kita tentu saja Tuhan juga akan mencintai kita lebih. Selain itu kita menjadi makna garam dan terang dunia yang memberikan contoh terbaik dari mengikuti kehendak Allah dalam kehidupan kita di dunia.

3. Imamat 19:3

“Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.”

Dalam bagian di atas Allah juga mengingatkan orang Kristen harus selalu ragu kepada ibunya dan ayahnya. Oleh karena itu, tidak begitu penting jika seorang anak selalu harus dibunuh dalam orangtuanya. Cobalah untuk terus berdoa dan mintalah kepemimpinan dari karunia Roh Kudus agar Anda dapat menyenangkan orang tua dengan cara mencoba mendengarkan dan mematuhi perintah orang tua kita. Kemudian hidup kita akan selalu dekat dengan Tuhan. Hindari menyangkal orang tua dan tidak tunduk kepada mereka. Karena ini adalah tindakan yang tidak disukai oleh Allah.

4. Keluaran 20:12

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Sekali lagi di atas adalah refleksi dari perintah Allah kepada semua orang Kristen untuk selalu menghormati orang tua di luar orang lain di sekitar kita. Karena orang tua adalah mereka yang diberi mandat Allah untuk meningkatkan dan bertanggung jawab atas hidup kita sampai dewasa. Dengan menghormati orang tua, Allah berjanji untuk memberikan berkat dan umur panjang. Dengan demikian umat Kristen yang setia dari orang tua akan merasakan berkat dan senantiasa berada dalam naungan perlindungan Tuhan.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Lebih baik untuk menjadi taat Kristen dan takut bahwa Allah harus merenungkan dan memahami ayat. Janganlah patuh terhadap kehendak Allah yang satu dan selalu menghormati orangtua kita. Karena jelas ini adalah kehendak Allah dan tentu saja kita masing-masing yang melakukannya akan memberikan kenikmatan kepada Allah. Karena itu selalu meminta kepala Roh Kudus melalui doa yang baik untuk diberikan kekuatan dan hati yang penuh kasih terhadap orang tua kita, tanpa menghiraukan prilaku mereka.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar