--> Skip to main content

19 Ayat Alkitab Tentang Motivasi Kerja dan Berdoa

Allah tidak menciptakan manusia untuk tinggal dan menikmati-santai saja. Allah menciptakan manusia untuk bekerja. Dalam kitab Kejadian dikatakan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk berjuang untuk bumi yang dapat kita menafsirkan sebagai sebuah perintah untuk bekerja. Jadi, bekerja seharusnya menjadi tanggung jawab kita. Tidak hanya bekerja, kita harus bekerja keras menurut ayat Alkitab tentang bekerja keras.

Namun, tidak dapat disangkal, pekerjaan tidak mudah. Sering banyak tantangan muncul baik dalam diri mereka sendiri dan dari faktor eksternal. Kita sering merasa malas dan tidak memiliki gairah untuk bekerja. Bahkan, Allah tidak sekadar memberikan perintah untuk bekerja. Hal ini juga memberi kita motivasi untuk terus bekerja. Disini ayat Alkitab motivasi bekerja terutama bagi kita yang mulai merasa lelah.



Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Karya motivasi Alkitab ayat ini mengingatkan kita bahwa Allah sudah memiliki rencana bagi kita. Desainnya bukan draft. Draft adalah desain yang damai yang memberi kita harapan untuk hari berikutnya. Ayat ini seharusnya menjadi motivasi kita untuk berani menghadapi semua tantangan karena kita memiliki harapan. Kami juga percaya pada harapan ini sesuai dengan ayat kepercayaan Alkitab.

1 Korintus 15:58
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Paulus mengingatkan kita bahwa sebagai orang Kristen, rasa sakit yang mengerikan kita dalam bekerja tidak akan pernah menjadi sembarangan. Kami pasti akan mendapatkan hasilnya. Oleh karena itu, kita harus tetap teguh dalam pekerjaan kita dan bekerja dengan tekun pada mereka. Ingatlah bahwa apa pun pekerjaan kita, itu hendaknya menjadi suatu pekerjaan bagi kemuliaan nama Allah. Pekerjaan kita menjadi suatu bentuk pelayanan seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang pelayanan.

Yesaya 40:31
tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Kita sebagai orang Kristen tentu tidak pernah bosan menunggu Tuhan. Kemudian, Yesaya mengatakan bahwa kita akan memperoleh kekuatan baru, kita tidak akan pernah merasa lelah. Ayat ini mengingatkan kita untuk terus menantikan Tuhan untuk terus memperoleh semangat kerja baru.

Filipi 1:6
Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Kita diciptakan pekerjaan yang baik yang Allah lakukan. Kita mendapatkan pekerjaan juga merupakan pekerjaan yang baik yang Allah lakukan. Paulus mengingatkan kita bahwa Allah tidak akan pernah berhenti melakukan perbuatan baik kepada kita. Ini adalah motivasi bagi kita untuk terus bekerja karena Allah akan tetap melakukan perbuatan baiknya dalam pekerjaan kita.

Amsal 17:22
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Hati yang bahagia adalah obat ampuh. Roh yang patah mengeringkan tulang. Oleh karena itu, dalam pekerjaan kita, kita hendaknya tidak berkecil hati. Kita harus terus memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaan kita dengan sukacita. Jika kita bersukacita, setiap rintangan kita akan dapat melewati dengan baik. Kita akan mendapatkan kesuksesan sesuai dengan ayat-ayat Alkitab tentang keberhasilan.

Pengkhotbah 3:22
Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?

Ayat dalam pengkotbah mengingatkan kita bahwa kita memiliki bagian untuk bersukacita dalam pekerjaan kita. Meskipun mungkin kita merasa lelah, merasa malas, akan datang hari kita bersukacita karena pekerjaan. Oleh karena itu, jangan menyerah dan terus melakukan yang terbaik dalam pekerjaan kita. Setiap kali ada kecemasan, bacalah ayat Alkitab untuk menenangkan hati dan pikiran agar kita dapat bersukacita dalam pekerjaan kita.

Tidak hanya 6 ayat, masih banyak ayat Alkitab untuk motivasi kerja. Ayat ini tidak berhenti mengingatkan kita untuk tidak pernah menyerah karena selalu ada hal yang baik menunggu kami. Berikut adalah koleksi karya lain motivasi Alkitab ayat.

1 Raja-raja 2:3
Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju,

Lukas 16:10
“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

2 Timotius 2:6
Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.

Yesaya 41:10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

1 Korintus 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Amsal 10:16
Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa.

Amsal 18:14
Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Amsal 14:23
Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.

2 Tesalonika 3:10
Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Yesaya 40:29
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

2 Tawarikh 15:7
Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

Ulangan 8:18
Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Itu merupakan kumpulan dari motivasi kerja ayat Alkitab. Ingatlah bahwa kerja seharusnya menjadi tanggung jawab kita sebagai ciptaan Allah. Allah juga tidak memiliki berkat yang berhenti dan menyertai kita dalam pekerjaan kita. Oleh karena itu, bahkan jika ada penghalang ke wajah, tetap teguh dan percaya sepenuhnya pada Tuhan. Dia akan terus memotivasi kita untuk bekerja. Jika mulai merasa malas atau lelah, menyerah sepenuhnya kepada Allah. Pekerjaan baiknya menanti kita di depan. Namun, ingat juga untuk tetap menyerah seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang menyerah. Percayalah kita akan mendapatkan yang terbaik, kita akan mendapatkan keberuntungan seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang keberuntungan. Semua kemuliaan bagi Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar