Skip to main content

3 Janji Keselamatan Dalam Alkitab Melalui Diri Yesus Yang Sudah Tergenapi

Untuk orang percaya mendasar dari pembahasan janji keselamatan dalam Alkitab telah diterima secara luas dalam setiap kesempatan hidup ini. Ketika kita menyerahkan diri kita untuk menerima dan mengakui bahwa Juruselamat Tuhan dan baptisan dalam nama Bapa, anak dan Roh Kudus kehidupan tidak lagi kita sendiri tetapi Tuhan.

Janji keselamatan adalah salah satu Injil utama yang harus disebarkan manusia ke seluruh dunia sebagai sebuah misi karena ketika Tuhan Yesus naik ke surga dia telah memerintahkan orang yang mengikutinya untuk menyebarkan firman Allah dan berjanji akan keselamatannya ke seluruh bagian dari t Ia dunia bahwa mereka mungkin memiliki keselamatan yang datang dari Tuhan Yesus sendiri.

Keselamatan alkitabiah

Tugas orang percaya tidak sampai dan berhenti ketika Injil keselamatan telah diberitakan, maka orang percaya juga harus menyebarkan dan memberikan Injil kerajaan kepada orang yang telah diselamatkan, tentu saja dalam hal ini kita karunia Roh Kudus. Janji keselamatan dalam Alkitab dapat dengan mudah dimengerti ketika memperhatikan beberapa hal berikut seperti:


1. Yesus Kristus adalah keselamatan
Janji keselamatan dalam Alkitab dapat dilihat dari permulaan perjanjian lama sebelum Tuhan Yesus lahir di dunia. Telah lama dinubuatkan bahwa suatu hari Juruselamat akan datang ke atas seorang pria yang dilahirkan dari seorang perawan yang datang dari keturunan umat pilihan Allah.

Jika kita menggambarkan keturunan Maria dan Yusuf, ia akan ditemui sumber yang sama dengan orang yang menjadi pilihan Tuhan dalam Perjanjian lama. Sejak dahulu, Tuhan rindu untuk bersatu kembali dengan manusia ciptaan-Nya, karena banyak orang telah dipanggil olehnya dari dosa dan tidak sedikit pun gagal karena mereka tidak cocok dengan apa yang Tuhan inginkan.

Sehingga ketika memasuki perjanjian baru nubuat lama digenapi melalui Juruselamat Yesus Kristus, di sini kita perlu kembali untuk mengingat dan mengetahui lebih banyak dalam arti kelahiran Yesus Kristus. Jahweh mengorbankan anaknya yang tunggal untuk menjadi setara dengan manusia, Semua ini tidak lain untuk memenangkan manusia dari belenggu dosa yang menyebabkan kita menjauh dari Jahweh dan menggenapi janji Jahweh kepada orang percaya.

2. Yesus Kristus digambarkan sebagai anak domba Paskah
Isreel telah lama melakukan beberapa ketetapan yang bertujuan untuk lebih dekat kepada Tuhan dan satu-satunya adalah untuk memberikan persembahan bakaran kepada domba pertama. Ketika Tuhan Yesus hampir menyeberang dalam Alkitab itu dijelaskan bahwa Allah bersama-sama dengan murid-muridnya memiliki pesta terakhir kali di hadapan Tuhan di kayu salib.

Tuhan Yesus di kayu salib mewakili korban Paskah sejati dalam pembakaran domba sulung. Tuhan Yesus dalam rupa manusia dan karakter Kristus di dalam Dia adalah persembahan yang benar, harum dan paling sempurna di hadapan Allah.

Yesus berhasil dalam posisi manusia berdosa ketika ia sendiri tidak berdosa, kasihNya bagi kita manusia banyak. Darah yang dicurahkanNya di kayu salib melambangkan bahwa manusia berdosa sudah menjadi orang Kudus dari dosa yang mengikat sehingga manusia bisa memiliki hidup yang diselamatkan di dalam dirinya. Darah adalah harga mahal yang harus dibayar oleh manusia yang jatuh ke dalam dosa tetapi Tuhan Yesus ingin orang yang dicintainya tidak binasa bersama-sama dengan Iblis.

3. Tidak ada jalan lain bagi Bapa jika tidak melalui Yesus Kristus
Janji keselamatan dalam Alkitab dapat dilihat dalam kitab Yohanes 3:16 menjelaskan bahwa Yesus adalah satu-satunya cara yang tersedia untuk kebenaran dan kehidupan dan bahwa tidak ada manusia dapat kepada Bapa melalui dia. Di sini ditekankan jelas apakah Tuhan Yesus adalah Juruselamat yang dapat mendamaikan dan membawa manusia di hadapan Allah dan tidak ada jalan lain kecuali dia. Tuhan Yesus sebagai kurban tebusan rela dan menyerahkan diri untuk minum cawan murka Allah terhadap manusia untuk dosa, Yesus sebagai orang yang tentu saja memiliki rasa takut yang luar biasa karena hidup dan tubuhnya akan berada dalam siksaan selama proses penyaliban Kristus yang akan b e di wajahnya tetapi karena kasih-Nya yang besar bagi kita dia adalah semua tentang terpenuhi dan terjadi padanya.
Janji keselamatan dalam Alkitab telah ada bahkan jauh sebelum Tuhan Yesus adalah di dunia ini mengambil gambar manusia. Ketika manusia pertama jatuh ke dalam dosa Jahweh bukan hanya meninggalkannya saja, Jahweh memiliki rencana besar untuk mendapatkan manusia dari seruan Iblis dan cara menjalankan gereja modern yang tidak sesuai dengan Tuhan. Tuhan Yesus adalah janji keselamatan dalam Alkitab yang telah digenapi dan merupakan keselamatan yang sempurna, keselamatan yang dia berikan tidak hanya untuk diterima oleh satu orang tetapi seluruh umat manusia memiliki kedudukan yang sama dalam menerima keselamatan ini.

Dengan teladan Yesus Kristus melalui kematian-Nya di kayu salib, itu dapat dibandingkan dengan satu untuk biji-bijian yang jatuh ke tanah dan mati yang kemudian dapat tumbuh dan menghasilkan lebih banyak biji gandum. Tuhan Yesus memberikan hidupnya kepada kita orang percaya sebagai makanan dan suplaian hidup yang selalu cukup. Janji keselamatan di dalam Alkitab tidak akan pernah digenapi ketika Jahweh tidak memberikan anaknya yang tunggal untuk menjadi setara dengan manusia dan mati di tempat kita orang berdosa.

Semua pengetahuan dan kebaikan yang ada dalam manusia tidak dapat menjadikan kita keselamatan yang sejati, keselamatan sejati hanya bisa diperoleh di dalam Kristus dan oleh Kristus. Penawanan roti kita yang biasa mengingatkan bagaimana tubuh Kristus adalah dipecah-pecahkan dan didistribusikan kepada ramai orang dalam bentuk roti tidak beragi dan anggur yang melambangkan darah Kristus yang dimeteraikan yang telah mendamaikan manusia cawan kemurkaan Tuhan. Pengetahuan dan kemampuan manusia mungkin terbatas, asal-usul memiliki hati yang rindu dan selalu ingin menuntut yang selalu dekat dengan Tuhan iman kita pasti akan terus diberikan Suplacians dan kehidupan yang diterima oleh sekelilingnya meluap dan dapat kepada orang lain.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar