Skip to main content

10+ Tren Usaha Bisnis Internet Yang Akan Berkembang di Masa Depan

Setiap tahun selalu ada tren dalam bisnis online di Indonesia. Di awal maraknya bisnis online di Indonesia, banyak yang 'bermain' di bidang Penerbitan Konten & Pemasaran Afiliasi. Dan kebanyakan memilih pasar luar karena dianggap lebih menguntungkan.

Apa yang akan menjadi tren bisnis internet di masa depan? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sudah mulai banyak dibahas oleh bisnis online di Indonesia saat ini.

Namun, akhir-akhir ini semakin banyak bisnis online yang memilih untuk menargetkan pasar lokal, baik di bidang penerbitan konten, bisnis afiliasi, penjualan dengan dropship, reseller, atau menjual produk mereka sendiri. Dan semakin banyak penggemar bisnis internet juga menciptakan tren bisnis online baru, yaitu munculnya berbagai kursus pembelajaran bisnis online dan komunitas pemasar internet di Indonesia.

Daftar Isi
Tren Bisnis Internet yang Akan Booming di masa depan
1. Bisnis Kursus Secara Online
2. Bisnis Jasa Desain Grafis
3. Bisnis Jasa Penulisan Artikel dan Copywriter
4. Bisnis Jasa Pemasaran Online (Internet Marketing)
5. Menjadi YouTuber Terkenal
6. Menjadi Influencer atau Buzzer di Media Sosial
7. Membangun Startup Digital Media
8. Online Shop Semakin Booming
9. Bisnis Jasa Pembuatan Website/ Blog
10. Bisnis Pengembangan Aplikasi Mobile

Tren Usaha Bisnis Internet Yang Akan Berkembang di Masa Depan

Melihat arah bisnis internet di Indonesia saat ini, ada beberapa peluang yang akan menjadi tren dalam bisnis online nantinya. Berikut ini adalah ulasan singkat.

Tren Bisnis Internet yang Akan Booming di Masa depan

Apa yang akan menjadi tren bisnis internet dimasa depan telah terlihat mulai tahun ini. Kebiasaan pengguna internet di Indonesia dan juga layanan online yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat akan membentuk tren di tahun-tahun mendatang.

Berikut ini adalah beberapa model bisnis internet yang diprediksi akan booming di masa depan:

1. Bisnis Kursus Online
Kebanyakan orang sekarang benar-benar peduli dengan keterampilan mereka karena itu memang dapat mendukung karier di masa depan. Tidak hanya pendidikan formal, kursus non-formal menjadi sangat penting.

Menariknya, saat ini banyak orang lebih suka kursus online. Bidang studi yang dipelajari dalam kursus online juga sangat beragam, mulai dari pemasaran internet, desain grafis, belajar Photoshop, Microsoft Office, dan sebagainya.

SekolahPintar.com adalah situs kursus online yang memulai bisnis ini beberapa tahun yang lalu. Kursus online ini dapat diikuti oleh semua orang secara gratis, tetapi ada beberapa materi yang mengharuskan anggota membayar untuk mempelajarinya.

Ingin menghasilkan uang dari keahlian Anda, mari jual keahlian Anda melalui SekolahPintar.

2. Bisnis Jasa Desain Grafis
Selanjutnya, bisnis desain grafis adalah salah satu peluang bisnis online yang akan semakin booming nantinya. Peluang ini muncul karena tingginya jumlah pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook yang memposting konten visual untuk keperluan pemasaran online.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ada banyak permintaan untuk membuat konten visual yang menarik, baik itu foto atau video. Permintaan ini biasanya datang dari bisnis online dan juga perusahaan yang membutuhkan desain grafis dengan biaya terjangkau.

Diperkirakan bahwa lebih banyak freelancer akan bergabung dengan situs freelancer marketplace seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, dan lainnya.

3. Layanan Penulisan Artikel dan Copywriter Artikel Bisnis
Permintaan bisnis layanan penulisan artikel selalu meningkat setiap tahun. Bukan tanpa alasan, pertumbuhan situs portal dan berbagai blog profesional membuat potensi bisnis layanan penulisan artikel lebih menarik dan menjanjikan di tahun mendatang.

Menulis artikel memang tampak mudah, dan peluang bisnis ini sering diabaikan oleh beberapa orang. Bahkan, banyak situs web dan blog yang membutuhkan layanan penulisan artikel berkualitas untuk mendukung keberadaan situs web mereka.

Plus jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang SEO dan tahu cara menggunakan bahasa persuasif, maka ini merupakan nilai tambah. Alasannya, rata-rata pemilik situs web dan blog sekarang lebih suka penulis yang memahami SEO dasar dan dapat mempengaruhi pembaca sehingga konten yang diterbitkan akan dioptimalkan untuk mesin pencari dan media sosial.

4. Bisnis Layanan Pemasaran Online (Pemasaran Internet)
Model bisnis ini sebenarnya cukup luas, tetapi diprediksi bisnis layanan pemasaran internet akan menjadi salah satu tren bisnis online di tahun-tahun mendatang. Beberapa jenis pemasaran online yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Adwords, Iklan Facebook, Blogging, dan SEO.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam satu atau beberapa jenis pemasaran online, maka ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda. Tentu saja, sebelum menawarkan kepada klien, Anda harus mengumpulkan portofolio kampanye pemasaran online yang pernah Anda lakukan. Ini akan menjadi nilai tambah untuk bisnis yang Anda bangun.

Pemasaran online akan terus mengalami perubahan, tetapi jenis pemasaran online melalui Google Adwords, Facebook Ads, dan SEO, diprediksi akan terus memiliki minat terbesar oleh bisnis online.

5. Menjadi YouTuber Terkenal
Menjadi seorang YouTuber sering dianggap bukan profesi yang menjanjikan, beberapa teman saya mengatakan demikian. Bahkan, ada banyak YouTuber Indonesia yang menghasilkan uang dari YouTube dan menjadi orang terkenal.

Sebut saja Tara Arts, Erdwin Susanto Wijaya, Eka Gustiawan, Bayu Skak, dan lainnya. Jika Anda melihat saluran mereka di YouTube dengan pelanggan yang tak terhitung jumlahnya, maka kita dapat mengetahui bahwa potensi penghasilan YouTuber sangat menjanjikan.

Jadi, menurut prediksi saya, menjadi seorang YouTuber adalah salah satu tren dalam bisnis internet yang akan semakin ramai. Jika Anda bingung tentang potensi bisnis YouTube, Anda dapat membaca artikel yang membahas tentang cara mendapatkan uang dari YouTube, ini adalah ilustrasi untuk melihat potensinya.

6. Menjadi Influencer atau Buzzer di Media Sosial
Sebenarnya, profesi menjadi influencer atau buzzer di media sosial bukanlah hal baru lagi. Kami dapat dengan mudah menemukan buzzers di media sosial, misalnya artis yang mempromosikan produk di Instagram mereka.

Tahun depan, diperkirakan akan ada lebih banyak buzzers di berbagai media sosial. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk buzzers adalah Instagram.

Sebenarnya di media sosial seperti Twitter dan Facebook, kami masih menemukan cukup banyak buzzers. Namun biasanya pebisnis online yang berjualan di internet menganggap Instagram lebih efektif untuk pemasaran dengan bantuan buzzers.

7. Bangun Startup Media Digital
Anda akan sering menemukan situs web portal baru di internet, atau blog yang membahas topik tertentu. Mereka adalah startup media digital yang membahas topik-topik spesifik sesuai dengan minat dan keahlian para pengembang.

Dalam setahun terakhir banyak media digital baru telah muncul. Menurut prediksi saya, di tahun depan semakin banyak startup media digital akan mencoba menembus pasar Indonesia.

Konten yang disajikan tidak harus berat dan tidak harus dilakukan penelitian mendalam. Seringkali media digital ini memuat konten tentang berita atau informasi yang dikemas dengan cara yang menarik, misalnya dalam bentuk artikel kreatif, gambar, dan video.

8. Toko Online Semakin Booming
Pengguna internet di Indonesia semakin besar setiap tahun, dan ini merupakan pasar yang sangat 'gurih' untuk bisnis online, terutama mereka yang memiliki bisnis toko online. Hal ini juga didukung oleh meningkatnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap penjual online karena meningkatnya jumlah toko online tepercaya di Indonesia.

Tidak hanya para pemain besar yang menikmati pasar online ini, para pemain kecil juga mendapatkan porsi pasar online yang menjanjikan. Beberapa pemain kecil yang hanya mengandalkan pasar seperti Bukalapak dan Tokopedia, pada tahun depan mereka akan membangun toko online sendiri.

Pemain baru akan semakin banyak muncul dan membuat persaingan toko online semakin jenuh. Namun, dengan pasar yang begitu besar, pemain toko online tidak akan kehilangan calon pembeli.

Namun, pemain toko online harus lebih kreatif dalam berkomunikasi dengan calon pembeli untuk melakukan transaksi. Alasannya adalah karena banyak konsumen Indonesia yang terkenal memiliki PHP (memberikan harapan palsu), obrolan lama tetapi tidak jadi beli.

9. Layanan Pengembangan Situs Web Bisnis / Blog
Bagi sebagian orang, membuat situs web / blog bukanlah sesuatu yang rumit. Namun, semakin banyak orang tidak mengerti cara membuat situs web, atau mereka tidak mau repot dan repot membuat situs web / blog untuk bisnis mereka.

Walaupun pelaku bisnis ini cukup jamak di Indonesia, ternyata potensi bisnis layanan pembuatan situs web / blog di Indonesia masih cukup menjanjikan. Bahkan beberapa penyedia layanan pembuatan situs web juga menawarkan layanan pemasaran internet kepada klien mereka.

Biasanya orang yang membutuhkan layanan pembuatan situs web / blog adalah pengusaha kecil yang kurang memahami tentang pembuatan situs web. Atau bisa juga perusahaan, lembaga pemerintah, dan mereka yang membutuhkan orang yang kompeten dalam membuat dan mengelola situs web.

10. Bisnis Pengembangan Aplikasi Mobile
Anda pasti sudah membaca kisah Henry Jufri, seorang kuli yang bisa menghasilkan ratusan hingga ribuan dolar per bulan dari aplikasi seluler yang ia buat. Ini bukti bahwa pengembangan aplikasi mobile cukup menjanjikan.

Uang yang dihasilkan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sejauh ini, pengembang aplikasi seperti Henry Jufri lebih fokus untuk membuat aplikasi Android karena ada jauh lebih banyak pengguna daripada OS seluler lainnya.

Selain itu, pengembang aplikasi juga dapat menjual layanan pembuatan aplikasi Android / iOS kepada orang yang membutuhkannya. Ini bisa menjadi penghasilan lain dari peluang bisnis yang satu ini.

KESIMPULAN

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa ide bisnis online yang menjanjikan. Namun, dengan mempertimbangkan perkembangan saat ini, menurut saya tren bisnis internet tidak akan jauh dari poin yang saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar