Skip to main content

Tips Cara Memulai Buka Usaha dan Menghindari Kesalahan Fatalnya

Waktu terus berjalan dari tahun ke tahun hingga kita bertemu pada tahun ini. Dan salah satu topik yang semakin banyak dibicarakan oleh masyarakat adalah berbisnis dan menjadi pengusaha, dari yang muda hingga yang tua memiliki energi yang sama untuk bersama-sama membuka usaha.

Meskipun banyak yang takut gagal dan menghadapi hambatan langsung ketika mereka baru memulai bisnis, satu kata yang harus kita ingat adalah "Never Give Up!"

Karena memang benar untuk menjadi wirausaha Anda benar-benar perlu menyiapkan strategi dan memperkuat mental dalam menghadapi semua risiko dan hambatan yang ada.

Daftar Isi
Tips Buka Usaha Baru 
1. Mengurus Izin Usaha
2. Merencanakan Strategi yang Matang
3. Membangun Brand Awareness
4. Pantang Menyerah dan Harus Terus Berkembang
5. Selalu Beradaptasi
6. Hindari Kesalahan Fatal Saat Membuka Usaha

Tips Cara Memulai Buka Usaha dan Menghindari Kesalahan Fatalnya

Kesalahan Umum dalam Membuka Usaha Baru
1. Tidak Memahami Seluk-Beluk dan Problematikanya
2. Tidak Sigap Dalam Mengambil Peluang
3. Tidak Peka Terhadap Konsumen
4. Tidak Mengembangkan Jaringan Bisnis
5. Meremehkan Marketing

Membangun bisnis Anda sendiri tidak mudah, tetapi itu tidak berarti hal yang mustahil untuk dilakukan. Siapa pun bisa menjadi orang yang sukses dalam bisnis, selama kerja keras, dan cerdas dalam menjalankan strategi!

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membuka bisnis tahun ini. Terutama bagi Anda yang baru memulai dari awal,

Tips Buka Usaha Baru 

1. Kelola Izin Usaha
Jika Anda berencana untuk menjadikan bisnis Nasional atau bahkan Internasional, tepercaya dan profesional. Jadi mengurus izin usaha adalah salah satu tips yang harus dipenuhi. Seperti perizinan bisnis, dokumen pajak, dan dokumen hukum lainnya.

Manfaat lain jika Anda memiliki izin usaha adalah dapat digunakan sebagai alat perlindungan hukum, membuatnya mudah untuk mengembangkan bisnis, dan mudah diundang untuk bekerja dengan lembaga pemerintah.

2. Merencanakan Strategi yang Dewasa
Tip lain jika Anda ingin membangun bisnis adalah merencanakan terlebih dahulu jenis strategi apa yang akan dijalankan untuk usaha bisnis Anda. Tentukan pasar bisnis dan kenali pelanggan potensial Anda.

Termasuk cek tentang cara mendukung dana keuangan Anda untuk membangun bisnis. Apakah usaha bisnis yang Anda rencanakan dapat dibangun dengan modal Anda sendiri atau membutuhkan modal tambahan dari pinjaman.

3. Membangun Kesadaran Merek
Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah membangun kesadaran bisnis di mata konsumen. Kenapa begitu penting? Karena Kesadaran Merek tidak hanya mengundang pelanggan potensial untuk membeli produk / layanan Anda tetapi juga membuat mereka terus menjadi pelanggan setia, teman.

Dengan Kesadaran Merek, bisnis Anda akan lebih dikenal sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen. Jika sudah ada banyak audiensi publik yang akrab dengan bisnis Anda, maka bukan tidak mungkin lagi jika konsumen datang ke bisnis Anda.

Untuk perusahaan besar, Kesadaran Merek juga berfungsi sebagai tolok ukur untuk kinerja Merek Bisnis. Mulai dengan mudah memperluas sayap bisnis untuk mendatangkan dana investasi besar. Bahkan jika ada penurunan Kesadaran Merek, semua strategi pemasaran akan dilakukan hanya untuk menaikkan tingkat Kesadaran Merek lagi.

Kesadaran Merek juga menunjukkan peningkatan nilai produk, layanan, atau perusahaan. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk merencanakan sebelumnya bagaimana meningkatkan Kesadaran Merek Anda.

Apakah Anda tahu Starbuck? Bagaimana Starbuck berbeda dari minuman lain? Meskipun bisa sama lezatnya atau bahkan lebih baik daripada Starbuck, tetapi mengapa harga Starbuck lebih mahal dan lebih lezat daripada minuman lain? Jawaban singkatnya adalah Kesadaran Merek.

4. Jangan Pernah Menyerah dan Harus Terus Berkembang
Ketika Anda memulai bisnis, jangan pernah melihat rumput tetangga. Ini berarti tidak melihat kisah sukses mereka, karena sebaliknya Anda akan tergoda untuk mencoba bisnis mereka dan malah meninggalkan bisnis Anda.

Yang benar adalah mendengar cerita mereka dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka. Kemudian amati, teliti, salin, dan modifikasi cara mereka untuk diterapkan dalam bisnis Anda.

Demikian juga, jika Anda berada dalam badai (bisnis jalan ada di tempat dan tidak mengalami kemajuan), maka cara Anda harus selamat dari badai, alih-alih keluar dan menantang badai, mungkin terpesona oleh angin.

Hanya ketika badai selesai (usaha bisnis berjalan dengan lancar) dan melihat pelangi yang indah (pendapatan yang terus mengalir) maka itu adalah tanda bahwa Anda harus melangkah maju (mengembangkan bisnis atau berinvestasi di bidang potensial lainnya).

5. Selalu Beradaptasi
Hari ini sedang berubah, bahkan berubah sangat cepat. Teknologi berkembang pesat, dan mau tidak mau Anda harus terus beradaptasi agar selalu berkolaborasi dengan teknologi. Jangan biarkan jalan di tempat dan tidak ingin berinovasi sama sekali untuk mengembangkan bisnis dengan sumber daya yang ada.

Anda harus terus-menerus mencoba dan mencoba hal-hal baru untuk menumbuhkan bisnis Anda dan selalu siap untuk perubahan. Jangan terpaku pada ide-ide lama, karena ide-ide akan memiliki periode waktu yang ketinggalan zaman. Apalagi di era digital ini.

6. Hindari Kesalahan Fatal Saat Membuka Bisnis
Sekarang, dalam membangun usaha bisnis baru, tentunya kita akan terus menemukan coba-coba sebelum menuju kesuksesan bisnis. Dan belajar dari pengalaman kegagalan, kita bisa menjadi lebih baik. Namun tidak hanya dari kegagalan kita, kita juga bisa belajar dari kegagalan para pengusaha pada umumnya dalam membangun bisnis baru.

Kesalahan Umum dalam Membuka Usaha Baru

1. Tidak Memahami Seluk Beluk dan Masalah
Salah satu kesalahan yang paling umum adalah bahwa kadang-kadang banyak orang yang ingin membuka bisnis, karena mereka tergoda oleh kesuksesan orang lain sehingga mereka segera membuka bisnis tanpa strategi dan tanpa memahami seluk-beluk dan masalah seperti apa yang akan dihadapi.

Sebelum membuka dan membangun bisnis, Anda harus, selain merencanakan strategi bisnis Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana bisnis Anda nantinya. Selalu menghadiri seminar bisnis, lokakarya, membaca buku, dan artikel bermanfaat lainnya di Internet.

2. Tidak Mampu Mengambil Peluang
Hal yang paling disesalkan dan sering dilakukan oleh para pengusaha pada umumnya adalah tidak cepat dalam mengambil peluang, baik karena takut gagal atau terlalu banyak berpikir sehingga tidak ada tindakan sama sekali dalam mengeksekusi peluang yang ada.

Padahal dalam mengembangkan bisnis, bukan hanya kerja keras yang kita lakukan, tetapi memanfaatkan momentum juga sangat penting dalam mengembangkan sayap bisnis.

3. Tidak peka terhadap konsumen
Anda mungkin memiliki strategi pemasaran yang hebat, tetapi itu tidak akan berhasil jika Anda tidak memasukkan keinginan konsumen dalam strategi pemasaran Anda. Konsumen adalah kunci kesuksesan bisnis, sehingga banyak pakar pemasaran mengatakan bahwa konsumen adalah raja.

Jika Anda mampu menaklukkan hati raja maka seluruh negara adalah milik Anda, jadi jika Anda mampu menaklukkan hati konsumen, peluang untuk mendominasi pasar bahkan lebih besar, terutama jika itu dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Tidak Mengembangkan Jaringan Bisnis
Jaringan dalam dunia bisnis adalah fondasinya, karena dengan jaringan bisnis yang luas, bisnis dapat bertahan dan berdiri teguh. Dan semakin luas jaringannya, peluang untuk menumbuhkan bisnis semakin mudah.

5. Meremehkan Pemasaran
Hal paling fatal dan jangan biarkan sobat lakukan adalah meremehkan pemasaran. Namun setiap waktu dan setiap tahun, strategi pemasaran berkembang dan semakin banyak jenis. Ditambah pemasaran adalah ujung tombak bisnis Anda.

Selain itu, berkolaborasi dengan teknologi, pemasaran sekarang muncul dengan gaya yang lebih luas, Pemasaran Digital. Dengan Pemasaran Digital, Anda dapat mempromosikan produk / layanan bisnis di antara jutaan orang dan bahkan miliaran orang hanya dengan satu sentuhan jari, Bayangkan!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar