--> Skip to main content

Pengertian Marketing Mix: Tujuan, dan Konsep Bauran Pemasaran

Untuk mencapai kesuksesan bisnis diperlukan keterampilan yang kompleks dalam proses manajemen bisnis. Tidak hanya memiliki produk yang berkualitas, banyak faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah jalur pemasaran (baca: Memahami Pemasaran) atau pemasaran.

Dengan penerapan strategi pemasaran yang matang, tentu akan mempengaruhi hasil akhir dari kesuksesan bisnis. Sederhananya, tidak peduli seberapa baik produk atau layanan yang kami tawarkan jika kami tidak tahu atau gagal memasarkannya, itu akan sia-sia juga.

Daftar Isi
Pengertian Marketing Mix Adalah
Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
1. Kotler dan Armstrong
2. Buchari Alma
3. Sumarmi dan Soeprihanto
4. Sofjan Assauri
5. Gugup Kismono
6. Dhaimesta dan Irwan

Kegiatan dan Tujuan Marketing Mix
1. Periklanan (Advertising)
2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Konsep Marketing Mix
1. Aspek Produk (Product)
2. Aspek Harga (Price)
3. Aspek Tempat (Place)
4. Aspek Promosi (Promotion)
5. Aspek Proses (Process)
6. Aspek Orang (People)
7. Aspek Bukti Fisik (Physical Evidence)

Pengertian Marketing Mix: Tujuan, dan Konsep Bauran Pemasaran


Pengertian Marketing Mix Adalah

Apa yang dimaksud dengan marketing mix (bauran pemasaran)? Pengertian Marketing Mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
Beberapa ahli di bidang ilmu pemasaran pernah menjelaskan tentang pengertian bauran pemasaran, diantaranya adalah:

1. Kotler dan Armstrong
Menurut kotler dan Armstrong (1997:48), pengertian marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market.

2. Buchari Alma
Menurut Buchari Alma (2005:205), pengertian marketing mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil paling memuaskan.

3. Sumarmi dan Soeprihanto
Menurut Sumarmi dan Soeprihanto (2010:274), pengertian bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain definisi marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

4. Sofjan Assauri
Menurut Sofjan Assauri (2013:12), marketing mix adalah kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat di kendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.

5. Gugup Kismono
Menurut Gugup Kismono (2001:308), pengertian marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

6. Dhaimesta dan Irwan
Menurut Dhaimesta dan Irwan (2000:74), pengertian marketing mix adalah variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kegiatan dan Tujuan Marketing Mix

Setelah memahami makna bauran pemasaran, maka kita juga perlu tahu apa tujuan bauran pemasaran ini. Beberapa sasaran bauran pemasaran meliputi:

1. Iklan
Periklanan adalah salah satu kegiatan penting dalam bauran pemasaran. Tujuan utama dari iklan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk (barang / jasa) untuk menargetkan konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.

2. Promosi Penjualan
Ini adalah kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian barang / jasa. Kegiatan inti sebagian besar bersifat jangka pendek dan tidak diulang.

Tujuan promosi penjualan ini adalah untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memberikan diskon, memberikan kontes, memberikan kupon atau sampel produk.

3. Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan respons dan atau transaksi yang dapat diukur di suatu lokasi. Tujuan pemasaran langsung adalah untuk mengkomunikasikan produk atau layanan langsung ke konsumen yang dianggap sebagai target pasar potensial.

Konsep Marketing Mix

Ketika berbicara tentang ranah pemasaran, ada satu konsep umum yang harus diketahui oleh setiap pengusaha, yaitu konsep Pemasaran 4 P. Apa artinya? Pemasaran 4 P adalah konsep pemasaran yang berfokus pada 4 hal: Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Keempat hal ini harus menjadi pertimbangan utama dalam mengembangkan bagaimana kita akan melakukan pemasaran.

Namun dengan perkembangan kondisi pasar yang sudah sangat dinamis saat ini, konsep 4P dianggap kurang efektif. Karena ini banyak pengamat merasa perlu menambahkan poin lain ke konsep. Sampai istilah Marketing Mix atau Marketing dipopulerkan 7 P.

Merupakan pengembangan dari konsep 4 P, konsep 7 P disusun dengan tambahan 3 poin, yaitu Proses (People), People (people) dan Physical Evidence (bukti fisik). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang semua poin dalam konsep Bauran Pemasaran, pertimbangkan ulasan terperinci berikut:

1. Aspek Produk
Yang dimaksud dengan produk adalah apa yang kami jual dalam bisnis yang mencakup barang atau jasa yang memiliki nilai pakai dan dibutuhkan oleh konsumen. Kunci utama dari suatu produk yaitu barang atau jasa harus dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

Selain itu, nilai lebih dibutuhkan dibandingkan dengan produk lain sehingga produk kami lebih mudah diterima oleh konsumen.

2. Aspek Harga
Harga adalah uang yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga menjadi aspek yang sangat penting karena umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli.

Mengingat sifatnya yang sangat fleksibel, itu ide yang baik untuk selalu mengikuti dinamika pasar untuk menetapkan harga pada tingkat yang tepat. Di mana harga masih bisa diterima oleh masyarakat tetapi juga tetap menghasilkan untung.

3. Aspek tempat
Tempat bisnis adalah lokasi di mana kami akan melakukan proses jual beli. Untuk bisnis konvensional, aspek ini memang sangat penting. Anda harus memperhatikan apakah lokasi itu strategis dan mudah dikunjungi konsumen.

Namun dengan perkembangan bisnis modern seperti bisnis online, kini pemahaman berbagai aspek tempat disesuaikan dengan media yang digunakan.

4. Aspek Promosi (Promosi)
Promosi adalah kegiatan bisnis yang bertujuan untuk membuat konsumen lebih mengenal dan tertarik pada produk bisnis Anda. Dalam aktivitas ini, Anda harus dapat mengubah persepsi konsumen menjadi positif tentang bisnis kami.

Untuk melakukan begitu banyak teknik promosi yang baik secara manual melalui promosi tatap muka hingga promosi online yang kini berkembang pesat.

5. Aspek Proses
Dalam bisnis, proses dapat diartikan sebagai langkah yang diambil antara penjual dan konsumen. Ini termasuk layanan dan proses transaksi. Memberikan pengalaman layanan yang memuaskan bagi konsumen melalui berbagai teknik sehingga mereka juga puas.

6. Aspek orang
Termasuk dalam aspek ini tentu saja tidak hanya konsumen tetapi semua SDM yang terlibat termasuk pekerja atau tim bisnis. Ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat semua orang tentu memiliki kecenderungan berbeda di dunia bisnis.

Memberikan perhatian yang baik kepada orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda adalah langkah pertama yang sangat baik.

7. Aspek Bukti Fisik (Bukti Fisik)
Bukti fisik adalah semua dalam bentuk peralatan atau perangkat yang digunakan untuk mendukung jalannya bisnis kita. Terutama untuk bisnis skala besar, tentu saja, membutuhkan lebih banyak peralatan dan fungsi dan penggunaan yang lebih kompleks.

Karena semua aspek konsep Bauran Pemasaran terkait satu sama lain, Anda harus melaksanakannya secara harmonis dan proporsional.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian bauran pemasaran, tujuan, dan konsep bauran pemasaran secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar