--> Skip to main content

Pengertian Arti Ekspektasi: secara Umum Dan Ahli Beserta Contoh Ekspektasi

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan harapan? Secara umum, makna harapan adalah harapan atau keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa depan sesuai dengan keinginan tempat mencapainya harus merupakan tindakan nyata.

Ada yang mengatakan bahwa pengertian ekspektasi adalah ekspektasi tinggi yang dikenakan pada sesuatu yang dianggap memiliki dampak yang baik atau lebih baik.

Kata "ekspektasi" diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu "ekspektasi" di mana kata dasarnya adalah ekspektasi yang berarti ekspektasi / tersangka / tersangka. Jadi arti dari harapan adalah keyakinan kuat bahwa sesuatu akan terjadi atau menjadi masalah di masa depan.

Daftar isi
Arti Ekspektasi Adalah
Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli
1. Fleming dan Levie
2. Anderson dan Chambers
3. Boeree
4. Sutisna

Contoh Ekspektasi
1. Ekspektasi di Bidang Ekonomi
2. Ekspektasi di Dunia Kerja
3. Ekspektasi Dalam Hubungan Manusia

Pengertian Arti Ekspektasi


Pada dasarnya, harapan adalah harapan atau sesuatu yang diinginkan untuk terjadi. Namun, tidak semua harapan atau harapan dapat menjadi kenyataan meskipun telah dicoba sebanyak mungkin.

Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa harapan itu, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Fleming dan Levie
Menurut Fleming dan Levie (1981), makna ekspektasi adalah semua keinginan, harapan, dan cita-cita sesuatu yang ingin dicapai dengan perilaku dan tindakan nyata.

2. Anderson dan Chambers
Menurut Anderson dan Chambers (1985), gagasan tentang harapan adalah segala sesuatu yang konsumen yakini tentang apa yang akan mereka dapatkan terkait dengan kinerja produk atau layanan tertentu.

3. Boeree
Menurut Boeree (2005), makna ekspektasi adalah ekspektasi kesenangan yang tidak konstan, timbul dari ide sesuatu di masa depan.

4. Sutisna
Menurut Sutisna (2001), makna harapan adalah keyakinan atau keyakinan individu sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi dalam situasi tertentu.

Contoh Ekspektasi

Dalam kehidupan manusia pasti memiliki harapan atau harapan akan sesuatu dalam hidupnya sesuai dengan keinginan dan tindakan nyata yang dilakukannya. Beberapa contoh harapan adalah sebagai berikut:

1. Harapan dalam Ekonomi
Memahami ekspektasi ekonomi adalah harapan atau prediksi mengenai perkembangan ekonomi di masa mendatang.

Harapan ekonomi ini dapat mencakup berbagai hal, seperti inflasi, pengangguran, pertumbuhan produktivitas, dan neraca perdagangan.

Contoh:

Pemerintah Indonesia memiliki harapan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 akan mencapai 6%. Namun, pada kenyataannya harapan ini tidak terwujud karena berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Harapan ekonomi tidak selalu sesuai dengan harapan atau prediksi. Pertumbuhan ekonomi bisa di bawah harapan atau mungkin jauh lebih baik dari yang diperkirakan.

2. Harapan di Dunia Kerja
Harapan di dunia kerja dialami oleh perusahaan dan karyawan. Harapan kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan) seringkali tidak sesuai dengan kenyataan.

Dari sisi perusahaan ada harapan untuk mendapatkan karyawan yang mampu berkontribusi besar bagi perusahaan dengan gaji rendah. Sedangkan dari segi karyawan memiliki harapan gaji yang tinggi dan fasilitas yang membuatnya merasa nyaman dengan pekerjaan yang mudah.

Contoh:

Perusahaan membuat iklan pekerjaan untuk posisi manajer dengan kualifikasi tinggi. Dengan gaji Rp. 7 juta per bulan, perusahaan mengharapkan karyawan bertanggung jawab atas beberapa divisi.

Sebagian besar dari mereka yang melamar pekerjaan ternyata memiliki gaji yang diharapkan sebesar Rp. 10 juta per bulan untuk posisi itu. Apalagi dengan kualifikasi dan tanggung jawab yang tinggi.

Untuk mendapatkan manajer yang dibutuhkan, perusahaan memiliki dua opsi, menurunkan harapan atau menaikkan gaji sesuai dengan harapan pelamar.

3. Harapan dalam Hubungan Manusia
Dalam hubungan manusia, seringkali masing-masing individu memiliki harapan untuk individu lain. Seseorang dapat melakukan apa saja untuk mewujudkan keinginannya, tetapi seringkali yang terjadi tidak sesuai dengan harapan.

Contoh:

Seorang pria mencoba mendekati gadis idealnya dengan berbagai cara. Menurut pria itu, semua upaya yang dia lakukan pada akhirnya akan melelehkan gadis idealnya.

Bahkan si gadis justru merasa kesal dan berusaha menghindarinya. Dalam kasus ini contoh menunjukkan bahwa harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

Demikian penjelasan singkat tentang makna harapan dan juga beberapa contoh di berbagai bidang. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar