--> Skip to main content

Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli ,Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Akuntansi

Apa itu akuntansi? Pengertian Akuntansi adalah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi akan lebih mudah bagi seseorang untuk membuat keputusan dan tujuan lain.Bicara tentang akuntansi jelas terkait dengan angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Umumnya akuntansi diperlukan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli ,Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Akuntansi

Membuat laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai dengan hasil analisis akuntansi. Pemahaman yang lebih dalam tentang akuntansi akan dibahas dalam artikel ini termasuk fungsi dan bidangnya.

Daftar isi
Pengertian Akuntansi Secara Umum
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison
2. Littleton
3. Warren dkk
4. Rudianto
5. C. West Churman
6. Suparwoto L
7. Arnold
8. Pengertian Akuntansi Menurut AAA
9. Pengertian Akuntansi Menurut ABP
10. Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

Tujuan Akuntansi
1. Tujuan Akuntansi Secara Umum
2. Tujuan Akuntansi Secara Khusus
3. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Fungsi Akuntansi
1. Recording Report
2. Melindungi Properti dan Aset
3. Mengkomunikasikan Hasil
4. Meeting Legal
5. Mengklasifikasikan
6. Membuat Ringkasan
7. Analisis dan Menafsirkan

Manfaat Akuntansi dalam Bisnis
Bidang-Bidang Akuntansi dalam Bisnis
1. Akuntansi Keuangan
2. Auditing atau Pemeriksaan Akuntansi
3. Akuntansi Perpajakan
4. Akuntansi Budgeter
5. Akuntansi Biaya
6. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Beberapa bidang akuntansi meliputi:


  1. Akuntansi Keuangan
  2. Pemeriksaan akuntansi atau audit
  3. Manajemen akunting
  4. Akuntansi pajak
  5. Akuntansi anggaran
  6. Akuntansi untuk organisasi nirlaba
  7. Akuntansi biaya
  8. Sistem akuntansi
  9. Akuntansi sosial
Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


Dalam bahasa yang didasarkan pada Wikipedia, pengertian akuntansi adalah bentuk interpretasi keuangan perusahaan untuk mengukur dan menggambarkan kepastian mengenai informasi yang berkaitan dengan masuk dan keluarnya uang perusahaan.

1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison
Menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison, pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

2. Littleton
Menurut Littleton, pengertian akuntansi adalah kegiatan yang bertujuan untuk melakukan perhitungan berkala antara biaya (upaya) dan hasil (prestasi). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang digunakan sebagai referensi dalam mempelajari akuntansi.

3. Warren et al
Menurut Warren et al, pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

4. Rudianto
Menurut Rudianto, akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi badan usaha.

5. C. Churman Barat
Menurut C. West Churman, pengertian akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang terstruktur berharga untuk membuat pilihan.

6. Suparwoto L.
Menurut Suparwoto L, pengertian akuntansi adalah sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil manajemen dalam bentuk informasi kepada pihak internal dan eksternal perusahaan.

Pihak eksternal ini terdiri dari investor, kreditor pemerintah, serikat pekerja, dan lainnya.

7. Arnold
Menurut Arnold, akuntansi adalah suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan pelaksanaan keputusan itu.

8. Definisi Akuntansi Menurut AAA
Menurut American Accounting Association (AAA), pengertian akuntansi adalah sistem identifikasi dan pengukuran untuk memberikan info ekonomi dan laporan penilaian. Tujuan akuntansi seperti yang dijelaskan oleh Littleton adalah untuk melakukan perhitungan berkala dari upaya atau biaya hasil yang dicapai.

9. Definisi Akuntansi Menurut ABP
Menurut Pernyataan Dewan Prinsip Akuntansi (APB) no. 4 dalam Smith Skousen, akuntansi adalah kegiatan layanan yang menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat membuat keputusan ekonomi dalam membuat keputusan yang merupakan pilihan logis di antara berbagai tindakan alternatif.

10. Definisi Akuntansi Menurut AICPA
Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), definisi akuntansi adalah seni merekam, mengklasifikasikan, dan merangkum dengan cara tertentu dalam moneter, transaksi, dan peristiwa yang umumnya bersifat finansial, termasuk menafsirkan hasilnya.

Jadi, pengertian akuntansi singkatnya adalah sistem dalam bisnis yang membahas keuangan dan bagaimana uang masuk dan digunakan. Jadi, akuntansi sangat penting dalam bisnis sebagai analisis untung dan rugi.

Tujuan Akuntansi

Tujuan umum akuntansi adalah untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dalam bisnis. Informasi ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan ekonomi.

Jika dielaborasi, ada beberapa tujuan akuntansi, termasuk:

1. Tujuan Akuntansi Umum
  • Memberikan informasi tentang keuangan, baik aset maupun kewajiban perusahaan
  • Memberikan informasi tentang perubahan ke berbagai sumber ekonomi (bersih) perusahaan
  • Memberikan informasi keuangan perusahaan yang dapat membantu dalam memperkirakan potensi keuntungan perusahaan
  • Memberikan informasi tentang perubahan ke berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu aset, utang, dan modal.
  • Memberikan informasi lain yang terkait dengan laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan

2. Tujuan Akuntansi Khusus
Secara khusus, tujuan akuntansi adalah untuk memberikan informasi dalam bentuk laporan yang berisi posisi keuangan, hasil operasi, dan perubahan lain dalam posisi keuangan dengan cara yang sesuai dengan Prinsip Akuntansi Umum yang Diterima (GAAP).

3. Tujuan Akuntansi Kualitatif
Tujuan akuntansi secara kualitatif meliputi:

  • Berikan informasi yang relevan
  • Sampaikan informasi yang telah membuktikan kebenaran dan validitasnya
  • Informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh pihak-pihak terkait
  • Menyerahkan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan
  • Berikan informasi transaksi waktu nyata, atau sesegera mungkin.
  • Informasi yang disampaikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang Dapat Diterima Umum (GAAP) dan dapat dibandingkan
  • Penyampaian laporan keuangan harus lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan
Fungsi Akuntansi

Dari pengertian akuntansi itu menyinggung sistem pelaporan keuangan termasuk laba rugi perusahaan. Dengan demikian, akuntansi sangat diperlukan dalam bisnis karena beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Merekam Laporan
Mencatat laporan atau mencatat catatan transaksi secara sistematis dan kronologis adalah fungsi utama akuntansi. Catatan transaksi ini kemudian dikirim ke Buku Besar Akun sampai akhirnya menyiapkan akun akhir untuk mengetahui untung dan rugi bisnis pada akhir periode akuntansi.

2. Melindungi Properti dan Aset
Fungsi akuntansi selanjutnya adalah untuk menghitung jumlah Penyusutan Aset aktual menggunakan metode yang sesuai dan berlaku untuk aset tertentu.

Semua disipasi aset yang tidak sah akan mengakibatkan bisnis bangkrut. Itulah sebabnya sistem akuntansi dirancang untuk melindungi aset properti dan bisnis dari penggunaan yang tidak sah.

3. Mengkomunikasikan Hasil
Fungsi akuntansi selanjutnya adalah untuk mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat kepada semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu. Misalnya investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintah, peneliti, dan lembaga lainnya.

4. Pertemuan Hukum
Fungsi akuntansi juga terkait dengan desain dan pengembangan sistem. Misalnya sistem untuk memastikan catatan dan pelaporan hasil selalu memenuhi persyaratan hukum. Sistem ini akan diperlukan untuk mengaktifkan kepemilikan atau wewenang untuk menyerahkan berbagai pernyataan, seperti Surat Pemberitahuan Pajak Penjualan, Surat Pemberitahuan Pajak, dan sebagainya.

5. Mengklasifikasikan
Selanjutnya, fungsi akuntansi yang tidak kalah penting adalah klasifikasi yang terkait dengan analisis sistematis dari semua data yang direkam. Dengan klasifikasi ini, akan lebih mudah untuk mengelompokkan jenis transaksi atau entri.

Kegiatan klasifikasi ini dilakukan pada buku yang disebut "Buku Besar".

6. Buat Ringkasan
Kegiatan meringkas ini melibatkan penyajian data rahasia dengan pengiriman yang dapat dipahami dan berguna untuk pengguna akhir internal dan eksternal dari laporan akuntansi.

Kegiatan ini mengarah pada persiapan laporan:

  • Neraca saldo
  • Laporan laba rugi
  • Keseimbangan
7. Analisis dan Penafsiran
Fungsi akuntansi terakhir adalah untuk menganalisis dan menafsirkan data keuangan. Data keuangan yang telah melalui proses analisis kemudian ditafsirkan dengan cara yang mudah dipahami sehingga dapat membantu dalam membuat penilaian terhadap kondisi keuangan dan profitabilitas operasi bisnis.

Selain itu, hasil analisis juga digunakan untuk persiapan rencana masa depan dan pembingkaian kebijakan untuk mengimplementasikan rencana.

Manfaat Akuntansi dalam Bisnis

Bukan hanya teknik pembukuan yang hanya mencakup pencatatan transaksi. Manfaat akuntansi cukup penting untuk bisnis yang akan berdampak besar pada pengembangan bisnis.

Beberapa manfaat akuntansi meliputi:

  1. Memberikan informasi keuangan sebagai dasar untuk membuat keputusan manajerial
  2. Berikan informasi / laporan kepada pihak luar
  3. Sebagai alat kontrol dan kontrol finansial
  4. Sebagai alat evaluasi perusahaan
  5. Menjadi dasar dalam mengalokasikan sumber daya

Bidang-Bidang Akuntansi dalam Bisnis

Setelah mengetahui arti akuntansi dalam bisnis, ada beberapa bidang akuntansi dalam bisnis yang penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa bidang akuntansi:

1. Akuntansi Keuangan
Bidang akuntansi berkaitan dengan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara teratur sebagai sumber informasi yang berguna bagi manajemen, pemilik perusahaan, dan kreditor. Secara umum, hampir semua bisnis menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk pelaporan dana perusahaan.

2. Pemeriksaan Audit atau Akuntansi
Bidang akuntansi yang melibatkan memeriksa laporan keuangan untuk mengetahui kejujuran dan kebenaran laporan. Dalam bisnis yang berkembang biasanya tidak menerapkan bidang ini. Audit sangat penting untuk mengetahui korupsi di perusahaan.

3. Akuntansi Pajak
Bidang akuntansi yang melibatkan pelaporan pajak dari keuangan perusahaan. Akuntansi pajak penting sebagai pertimbangan terkait konsekuensi transaksi perusahaan.

4. Akuntansi Penganggaran
Seperti namanya, akuntansi ini digunakan untuk membuat anggaran perusahaan mengenai rencana untuk menggunakan uang dalam periode tertentu.

5. Akuntansi Biaya
Akuntansi ini digunakan untuk mengontrol anggaran atau anggaran perusahaan. Intinya adalah untuk mengurangi penggunaan dana perusahaan meskipun telah dianggarkan.

6. Akuntansi Nirlaba
Tidak semua bisnis menerapkan bidang akuntansi ini karena tujuannya adalah untuk merencanakan anggaran, bukan untuk menghasilkan laba. Misalnya, seperti dalam dana CSR perusahaan, ini termasuk hasil akuntansi organisasi nirlaba.

Itu adalah penjelasan lengkap tentang pengertian akuntansi, tujuan, fungsi, manfaat, dan bidang dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar