Skip to main content

Pandangan Ayat Alkitab Tentang Valentine Day yang Wajib Umat Kristiani Pelajari

Sebenarnya Alkitab tidak menjelaskan dengan jelas tentang hari Valentine. Disarankan karena Valentine ini bukan hari keagamaan atau perayaan orang Kristen. Tapi hari ini adalah salah satu bagian dari Festival ibadah tanpa imam yang muncul di abad pertengahan sebagai bentuk apresiasi untuk Saint Valentine. Jadi jika Anda ingin tahu lebih banyak rincian ayat Alkitab tentang hal itu, tentu saja tidak akan mudah atau tidak dapat ditemukan.

Banyak orang Kristen sampai hari ini masih merayakan hari Valentine tanpa tahu bagaimana ayat Alkitab terlihat tentang hari Valentine. Tentunya ini adalah hal yang kurang dikenal, karena memang dalam Alkitab tidak memberikan informasi atau cerita tentang pandangan Kristen tentang hari Valentine itu sendiri. Oleh karena itu, jika Anda ingin tahu lebih banyak rincian tentang hal itu, Anda harus melihat di bawah beberapa informasi tentang ayat Alkitab tentang hari Valentine.


Hal ini berkaitan dengan prinsip cinta Alkitab, karena Alkitab mengajarkan lebih banyak. Kristen pada dasarnya adalah orang yang menaruh kasih sayang pada orang lain. Sejalan dengan prinsip hari Valentine. Tapi sayangnya, masih banyak yang telah menggunakan peringatan Valentine untuk berbuat zina dosa sesuai dengan Alkitab yang tidak sesuai dengan Firman Allah. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa ayat yang berhubungan dengan hari kasih sayang yang sesuai dengan ajaran cinta dalam kekristenan.

1. Roma 13:10

“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.”

Valentine sebenarnya identik dengan kasih sayang, sementara dalam Kitab Suci-Nya, Allah memberikan bagian di mana cinta berarti tidak melakukan kejahatan dalam manusia. Oleh karena itu, Valentine sejati yang berarti untuk dirayakan adalah bahwa jika orang Kristen berbuat baik pada orang lain dan tidak memiliki niat jahat sekalipun. Dengan demikian orang Kristen telah melakukan buah Roh Kudus dan menyenangkan hati Allah.

2. Yohanes 13:34

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.”

Dalam Alkitab, Tuhan juga meminta setiap orang Kristen untuk saling mengasihi. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Allah untuk melakukan dan menerapkan hari kasih sayang tidak hanya pada hari Valentine, tetapi juga setiap hari agar sejalan dengan Firman Allah. Karena meskipun Tuhan tidak menyebutkan perayaan hari Valentine, Tuhan sebenarnya ingin orang Kristen saling mengasihi dan tidak saling membenci. Inilah prinsip sejati dari kasih yang harus dilakukan oleh orang Kristen untuk berkenan kepada Allah. Baik melalui hari Valentine dan dalam kehidupan sehari-hari.

3. 1 Yohanes 4:11

“Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.”

Petikan di atas juga menyatakan bahwa kasih adalah ajaran utama Allah. Karena itulah asas bahwa orang Kristen dapat merayakan Valentine yang sesungguhnya, yang sejalan dengan apa yang Tuhan ajarkan. Hanya saja dalam prakteknya sering kasih sayang hanya identik dengan mencintai lawan jenis. Tapi lupa bahwa kasih sayang juga berlaku untuk semua, baik orangtua kita, anak, saudara dan teman semua.

4. Galatia 5:14

“Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Bahkan jika kita melihat petikan di atas, adalah jelas bahwa Tuhan mengajari kita untuk mengasihi orang lain seperti diri kita sendiri. Berapa banyak kita mencintai diri sendiri, bahwa patokan adalah apa yang kita berikan dalam mencintai orang lain. Oleh karena itu jangan merasa sayang jika pada hari Valentine memberikan hadiah terbaik untuk ibumu atau anak di rumah. Karena ketika kita melihat apa barang yang layak milik kita, yang mengukur adalah apa yang kita harus memberikan kepada orang lain di sekitar kita bahwa kita cintai.

5. Lukas 10:27

“Jawab orang itu: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Tidak hanya cinta orang lain, harus hari Valentine juga menjadi hari ketika kita mengungkapkan rasa cinta kita kepada Tuhan yang besar. Tetapi ternyata kita sering lupa, yaitu mengasihi Allah dengan segenap hati dan jiwa saya. Oleh karena itu melihat hari kasih sayang sebagai hari untuk mengekspresikan kasih yang besar bagi Allah. Itu adalah beberapa informasi yang berkaitan dengan ayat Alkitab tentang hari Valentine. Hal ini tidak tersirat dalam Alkitab. Tuhan hanya mengajarkan tentang kasih sayang satu sama lain. Tapi itu tidak spesifik tentang hari Valentine atau bahwa hari kasih sayang. Oleh karena itu, jika Anda ingin merayakan hari Valentine, Anda harus meminta kebijaksanaan dan kepemimpinan karunia Roh Kudus tentang bagaimana menanggapi perayaan hari Valentine. Jadi dalam prakteknya orang Kristen dapat merayakan Valentine tetapi dalam kendala tertentu. Dan yang terbaik adalah mengekspresikan cinta tidak hanya pada hari Valentine, tapi setiap hari pada setiap orang yang kita pedulikan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar