--> Skip to main content

Lindungi Komputer Anda Dari Virus Lebih Maksimal Dengan Mengkonfigurasi Antivirus

Antivirus adalah program atau perangkat lunak yang sering dipasang sebagai perlindungan ekstra untuk PC dan laptop. Meskipun opsional, penggunaan antivirus dianggap meningkatkan sistem keamanan pada perangkat untuk menghindari virus, malware, dan ransomware.

Kinerja antivirus akan dimaksimalkan jika pengguna komputer tahu cara mengkonfigurasi program. Salah satunya ketika kita mengandalkan antivirus Malwarebytes 2019 sebagai perlindungan komputer tambahan. Beberapa ulasan mendalam tentang antivirus di sini dan dapat digunakan sebagai panduan untuk mengatur.

Daftar Isi
Bagaimana Cara Konfigurasi Pada Malwarebytes 2019?
1. Aktifkan Proteksi Real-Time Granular
2. Atur Jadwal Pemindaian atau Scan
3. Memeriksa Riwayat Pemindaian
4. Ambil Tindakan Cepat dari Pop-up
5. Antivirus Aktif Meski Komputer tak Digunakan
Berbagai Kemudahan yang Ditawarkan Malwarebytes 2019
Tips Mengoptimalkan Kinerja Malwarebytes 2019

Bagaimana Cara Konfigurasi Pada Malwarebytes 

Pernah dengar tentang Malwarebytes? Anda yang sering memasang antivirus atau program serupa harus terbiasa dengan namanya. Malwarebytes, yang pertama kali diluncurkan pada Januari 2006, adalah program anti-malware dan antivirus untuk sistem operasi Windows dan macOS. Anda bahkan dapat menginstalnya di ponsel pintar berbasis Android dan iOS.
Lindungi Komputer Anda Dari Virus Lebih Maksimal

Keberadaannya selama 13 tahun adalah bukti bahwa Malwarebytes bukan perangkat lunak yang sewenang-wenang. Anda yang berencana menggunakannya dapat mengoptimalkan Malwarebytes  untuk melindungi PC atau laptop Anda dengan langkah-langkah berikut.

1. Aktifkan Perlindungan Real-Time Granular
Perlindungan waktu nyata yang disediakan oleh Malwarebytes 2019 dapat dikonfigurasi dengan aplikasi atau program apa pun. Di sisi lain, Anda juga dapat memutuskan koneksi program yang tidak ingin dimonitor secara real time sehingga tidak membebani antivirus atau merasa tidak diperlukan.

Dengan perlindungan ini, Anda akan mengetahui kondisi PC atau laptop Anda secara akurat, bahkan cara kerjanya lebih cepat dari antivirus lain. Untuk mendapatkan layanan yang lebih maksimal, Anda dapat beralih ke opsi Premium atau berbayar dari Malwarebytes.

2. Atur Jadwal Pemindaian atau Pindai
Konfigurasi selanjutnya yang harus Anda lakukan dengan Malwarebytes adalah mengatur jadwal pemindaian. Program antivirus ini akan memeriksa setiap file di perangkat Anda dari file startup ke registri. Setelah selesai, Anda akan menerima laporan mengenai hasil pemindaian.

Malwarebytes 2019 nantinya akan menawarkan opsi yang dapat Anda ambil melawan virus, malware, ransomware, dan file berbahaya lainnya. Anda juga dapat mengatur kapan pemindaian berkala diaktifkan dan menentukan sendiri bagian perangkat mana yang termasuk dalam inspeksi.

3. Periksa Riwayat Pemindaian
Menyimpan laporan di Malwarebytes 2019 akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi PC atau laptop Anda selama proses pemindaian sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi memindai dan menunggu hasilnya keluar.

Dengan laporan ini Anda juga dapat mengetahui apakah ada file jahat yang belum 'diusir' dari perangkat. Terutama jika pada beberapa pemindaian Anda tidak mendapatkan file yang mencurigakan atau aneh, sementara kinerja komputer mulai mengalami masalah.

4. Ambil Tindakan Cepat dari Pop-up
Keberadaan pop-up instan yang ditawarkan oleh Malwarebytes 2019 dapat memudahkan Anda ketika Anda ingin mengambil tindakan tegas. Munculan akan muncul jika program mengendus ancaman seperti situs web yang mengandung phishing, virus karantina, atau modifikasi yang mencurigakan.

Selain mengeluarkan pemberitahuan, pop-up instan juga akan memberikan panduan yang memandu Anda untuk mengambil tindakan tertentu terkait ancaman ini. Misalnya, memasukkan tautan phising ke daftar putih.

5. Antivirus Aktif Meskipun Komputer tidak Digunakan
Salah satu hal yang jarang diperhatikan orang saat memasang antivirus adalah membiarkan programnya tidak aktif. Namun pada saat itu, kemungkinan virus, malware, dan file berbahaya lainnya memasuki perangkat menjadi lebih besar.

Karena itu, pastikan Malwarebytes di PC atau laptop Anda 'aktif'. Dalam hal ini, nyalakan fitur pemindaian yang akan aktif bahkan jika Anda tidak menggunakan komputer. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tindakan segera terhadap virus yang mengancam perangkat.

Berbagai Fasilitas yang ditawarkan oleh Malwarebytes 
Tidak sulit, bukan, apakah konfigurasi dengan Malwarebytes antivirus? Tidak hanya itu, program ini juga menawarkan sejumlah kemudahan yang akan membuat penggunaannya lebih praktis, yaitu:

  • Dasbor. Opsi menu yang ditampilkan pada dasbor Malware 2019 agak membingungkan meskipun fitur yang ditawarkan cukup banyak. Anda dapat mengetahui informasi tentang kondisi perangkat, riwayat pemindaian, untuk mengaktifkan proteksi tanpa harus mengakses menu pengaturan terlebih dahulu. Anda yang menggunakan Windows bahkan dapat menampilkan fitur program dalam menu konteks di File Explorer;
  • Instalasi cepat. Ketika beberapa program antivirus memerlukan waktu instalasi 10-15 menit, Malwarebytes 2019 hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk menyelesaikan instalasi di komputer atau ponsel pintar. Anda juga tidak perlu menginstal komponen tambahan saat Anda akan menggunakan semua fitur;
  • Dukung. Malwarebytes 2019 menawarkan dukungan komprehensif untuk pengguna pribadi dan bisnis. Karena, mereka menjalankan dukungan online yang luas yang mencakup indeks panduan untuk menyelesaikan masalah untuk membimbing ke semua sistem operasi. Tersedia tutorial video yang akan membantu Anda mengoperasikannya;
  • Integrasi browser terbaik. Salah satu kelebihan Malwarebytes 2019 sebagai program antivirus adalah bahwa ia melindungi komputer Anda dari phishing dan ancaman lain yang masuk melalui tautan di peramban. Jadi, kemungkinan virus atau aplikasi berbahaya untuk menginstal sendiri pada perangkat dapat ditekan.

Tips Mengoptimalkan Kinerja Malwarebytes 


Konfigurasi telah selesai ditangani. Fitur-fiturnya juga membantu Anda melindungi komputer Anda. Apa lagi yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja Malwarebytes?

Ketangguhan Malwarebytes tidak akan bertahan selamanya jika Anda tidak menemani dengan beberapa langkah perlindungan tambahan, termasuk:

  • Cukup instal satu antivirus. Beberapa orang berpikir menginstal lebih dari satu program antivirus akan memberikan perlindungan ekstra. Bahkan langkah-langkah ini justru akan memaksa komputer bekerja lebih keras. Terutama jika sistem operasi telah menginstal perlindungan standar (misalnya Windows Defender pada OS Windows);
  • Jangan sembarangan mengakses situs web. Hanya karena program antivirus Anda kuat, bukan berarti Anda dapat mengakses situs web dengan sembarangan. Sekarang peretas atau penjahat cyber semakin canggih dalam mendesain situs web agar terlihat seperti situs web normal. Jika halaman tersebut tiba-tiba menunjukkan peringatan ancaman, sebaiknya segera tutup;
  • Instal perangkat lunak atau program dari sumber tepercaya. Jika Anda memerlukan program atau perangkat lunak untuk melakukan sesuatu, Anda harus mengunduhnya langsung dari situs web resmi. File yang Anda dapatkan dari pihak ketiga belum tentu aman. Tidak jarang ada yang membawa virus atau malware yang merusak perangkat Anda;
  • Gunakan versi premium atau berbayar. Seperti disebutkan, Malwarebytes 2 menyediakan dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Anda yang ingin mendapatkan yang lebih luas dan akses terbaik harus menggunakan versi berbayar saja. Perlindungan pada komputer atau ponsel Anda juga akan lebih maksimal.

Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan Malwarebytes sebagai pelindung utama PC dan laptop? Anda dapat mencoba versi uji coba selama 14 hari sebelum melanjutkan ke Premium. Namun, jika Anda tidak puas, Malwarebytes akan mengembalikan uang dalam waktu 60 hari setelah pembelian.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar