Skip to main content

5 Tips Cara Traveling Hemat ke Seoul Korea Selatan yang Menyenangkan

Mungkin Anda dan keluarga Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Korea dalam waktu dekat. Seperti kebanyakan orang, Anda harus khawatir bahwa anggaran yang dikeluarkan akan membengkak dan tidak cocok dengan apa yang telah disediakan atau disimpan?

Jangan terlalu khawatir, sebenarnya liburan ke Korea bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. Prasyaratnya, Anda harus bisa membuat rencana sesuai dengan anggaran yang Anda miliki saat ini.

Dengan anggaran yang cukup murah, Anda masih bisa menemukan berbagai tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, penginapan, makanan, dan juga transportasi murah di Korea. Berikut ini beberapa tips bepergian hemat ke Korea Selatan:

Tips Cara Traveling Hemat ke Seoul Korea Selatan yang Menyenangkan


Daftar Isi
1. Membeli Tiket Pesawat
2. Memiliki Asuransi Perjalanan
3. Tempat Penginapan
4. Akomodasi Selama Liburan
5. Makanan

1. Beli Tiket Penerbangan

Di Korea Selatan ada 7 bandara internasional di mana bandara utamanya adalah Incheon di Seoul. Dalam seminggu, ada sekitar 25 penerbangan dari Jakarta ke Seoul. Namun, jangan buru-buru membeli tiket pesawat dari Jakarta ke Seoul.

Untuk transportasi ke Korea Selatan, Anda tidak harus mencari tiket pesawat langsung dari Jakarta ke Seoul karena kemungkinan besar harganya akan lebih mahal. Jika Anda ingin mendapatkan tiket yang lebih murah, Anda harus mencari tiket pesawat yang penerbangannya memerlukan transit terlebih dahulu. Misalnya, dari Jakarta transit dulu ke Kuala Lumpur kemudian menuju ke Seoul.

Saat ini dapat dikatakan bahwa hampir setiap maskapai sering memberikan promo seperti itu dalam perjalanan mereka ke Korea Selatan, salah satunya adalah Air Asia. Selain itu, Anda juga harus memesan tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan. Ini akan membantu Anda mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Meskipun Anda disarankan untuk memilih perjalanan ke Seoul dengan cara transit, tetapi dengan pilihan itu Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan pengeluaran saat dalam perjalanan agar tidak membengkak biaya. Alasannya, percuma jika Anda bisa membeli tiket penerbangan dengan harga murah tetapi harus membayar ekstra untuk makanan atau biaya penginapan sebelum mencapai tujuan.

Jika Anda dapat menghemat biaya tiket pesawat, maka Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan lain saat berlibur di Korea Selatan. Jadi, pastikan dan jangan lupa untuk mempertimbangkan semua faktor ini dengan hati-hati agar dana Anda dapat dimaksimalkan ketika Anda tiba di Seoul.

2. Memiliki Asuransi Perjalanan
Mengorganisir dan merencanakan perjalanan ke luar negeri memang sesuatu yang sangat menyenangkan. Namun, ada hal penting lain yang juga harus diperhatikan sebelum berangkat berlibur, yaitu memiliki Asuransi Perjalanan untuk keselamatan dan kenyamanan Anda selama liburan.

Tidak seorang pun di dunia ini dapat mengetahui kapan dan di mana bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan telah terjadi. Karena itu, ketika akan melakukan perjalanan liburan ke luar negeri dengan transportasi yang memiliki risiko kecelakaan cukup tinggi yaitu pesawat terbang, kita harus sudah memiliki perlindungan perjalanan.

3. Penginapan
Hotel ini bukan pilihan yang tepat untuk penginapan jika Anda ingin berlibur di Korea Selatan dengan biaya rendah. Seoul adalah salah satu kota paling terkenal di Korea, sehingga harga hotel di Seoul pasti cukup mahal.

Sebagai alternatif untuk penginapan murah saat berada di Seoul atau Korea, Anda dapat memilih untuk menginap di hostel atau guesthouse. Selain lebih murah, kenyamanan yang disediakan di hostel atau guesthouse di Seoul hampir sama dengan di hotel.

Hostel atau losmen masih dapat ditemukan di kota-kota besar di Korea Selatan, termasuk di kota Seoul. Dengan biaya sekitar 15.000 - 25.000 Won, Anda dapat tinggal di kamar asrama, atau 25.000 - 40.000 Won untuk kamar pribadi.

Selain hostel, Anda juga dapat memilih untuk menghemat biaya penginapan dengan menginap di homestay atau minbak. Dengan tinggal di hostel atau guesthouse, Anda dapat menghemat uang saat berada di Korea Selatan.

4. Akomodasi Selama Liburan
Selama Anda berada di Seoul, Anda dapat menggunakan transportasi umum yang terjangkau seperti bus atau kereta bawah tanah. Jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi bus atau kereta bawah tanah saat berlibur ke Seoul, pastikan Anda telah membeli kartu T-money.

Kartu T-money dapat digunakan untuk membayar bus, kereta bawah tanah, taksi dan bahkan bahan makanan di toko-toko yang nyaman. T-money dapat dibeli di minimarket di kota Seoul, Korea Selatan.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menyiapkan berbagai wisata gratis untuk wisatawan asing. Jadi, jika Anda ingin menghemat lebih banyak maka Anda harus memperhatikan jadwal tur gratis.

5. Makanan
Jika dibandingkan dengan Indonesia, harga makanan di Korea Selatan cenderung lebih mahal, lho. Di kota Seoul, harga makanan murah adalah sekitar 4.000 - 5.000 Won. 50.000. Dan harga makanan standar adalah sekitar 8.000 - 10.000 Won atau sekitar Rp. 100.000.

Nah, jika Anda ingin menghemat uang selama liburan maka Anda harus membeli makanan khusus Korea Selatan karena harganya cenderung lebih murah, yaitu di bawah 5.000 won. Selain itu, Anda juga bisa makan di "Kimbap Cheonguk", yang merupakan semacam Warung Tegal (Warteg) di Korea Selatan karena harga makanannya cukup murah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin berlibur ke Korea Selatan secara ekonomi dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar