--> Skip to main content

Bagi Fotografer Pemula ini Aksesoris Kamera wajib yang Harus Dimiliki

Bagi Fotografer Pemula ini Aksesoris Kamera wajib yang Harus Dimiliki. Penggemar fotografi pada umumnya memiliki beberapa aksesori kamera untuk mendukung kegiatan mereka. Dengan aksesoris ini, aktivitas memotret berbagai objek menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Umumnya hasil bidikan kamera dipengaruhi oleh kemampuan fotografer dan juga kamera DSLR yang ia gunakan. Selain itu, beberapa aksesori yang digunakan oleh fotografer dapat meningkatkan kualitas bidikan kamera DSLR dan juga melindungi kamera dari kerusakan.

Daftar Isi
Aksesoris Kamera untuk Fotografer Pemula
1. Tas Kamera
2. Lap Mikrofiber, Blower, dan Kit Pembersih
3. Dry Box
4. Memori Card Tambahan dan Card Reader
5. Baterai Cadangan
6. Aksesoris Kamera, Tripod
7. Filter Pelindung Lensa
8. Lenshood
9. Shutter Release

Bagi Fotografer Pemula ini Aksesoris Kamera wajib yang Harus Dimiliki

Bagi Anda yang tidak tahu, berikut adalah beberapa aksesori kamera DSLR dan fungsinya yang harus dimiliki seorang fotografer pemula.

Aksesoris Kamera untuk Fotografer Pemula

1. Tas Kamera
Tas kamera berfungsi sebagai tempat menyimpan kamera dan lensa saat kita bepergian. Kamera DSLR akan terlindung dari kotoran, air, atau benturan di hadapan tas-tas ini.

Tas kamera DSLR tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Untuk pemula, Anda harus menggunakan tas kamera yang sederhana dan sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya jenis ikat pinggang, ransel, atau sling-side.

2. Bersihkan Microfiber, Blower dan Cleaning Kit
Microfiber lap, blower, dan kit pembersih adalah aksesori kamera yang dibutuhkan oleh seorang fotografer untuk membersihkan kamera DSLR dari kotoran atau air yang menempel pada kamera.

Terutama pada lensa kamera, pastikan untuk selalu membersihkan bagian ini setiap kali dan setelah menggunakan kamera. Proses pembersihan bisa dilakukan dengan blower khusus agar tidak meninggalkan noda di atasnya.

3. Kotak Kering
Dry box adalah sejenis lemari khusus untuk menyimpan barang elektronik seperti kamera digital dan lensa untuk menghindari serangan jamur.

Dengan kotak kering atau kabinet kering, Anda dapat menyesuaikan tingkat kelembaban di ruang penyimpanan agar terhindar dari jamur.

4. Tambahan Kartu Memori dan Pembaca Kartu
Biasanya kartu memori sudah dalam satu paket saat kami membeli kamera DSLR. Namun, seorang fotografer diharuskan memiliki kartu memori tambahan untuk mendukung fotografi dan membuat cadangan data saat diperlukan.

Pembaca kartu juga diperlukan ketika kita akan memindahkan file foto dari kamera ke komputer. Meskipun beberapa komputer atau laptop memiliki pembaca kartu built-in, Anda juga harus memiliki pembaca kartu untuk mentransfer file foto ke laptop.

5. Pencadangan Baterai
Tentunya akan mengganggu ketika kita tidak bisa mendokumentasikan momen-momen bagus karena baterai kamera tiba-tiba habis tanpa kita sadari. Karena itu, selalu pastikan untuk menyimpan baterai cadangan saat melakukan kegiatan fotografi, terutama bagi mereka yang sering bepergian.

6. Aksesori Kamera, Tripod
Secara umum, fungsi tripod adalah untuk menopang kamera agar tetap stabil ketika kita memakai lensa tebal sehingga kita bisa menghasilkan foto yang tajam.

Ada beberapa jenis aksesori kamera, misalnya monopod, gorillapod, di mana fungsi utamanya adalah mendukung kamera dan lensa.

7. Filter Pelindung Lensa
Filter pelindung lensa adalah aksesori kamera DSLR yang cukup penting. Ada banyak jenis filter yang dapat kita temukan di pasaran, tetapi secara umum fungsi filter ini adalah untuk melindungi kamera DSLR, mengurangi pantulan cahaya, menghilangkan pantulan dalam air, mempertajam objek tertentu, dan beberapa fungsi lainnya.

8. Lenshood
Tudung lensa adalah aksesori kamera yang berfungsi untuk menghalangi cahaya matahari sehingga tidak masuk langsung ke lensa kamera yang biasanya sensitif.

Selain itu, tudung lensa juga berfungsi melindungi lensa dari percikan air, goresan, dan benturan yang dapat merusak lensa kamera.

9. Shutter Release
Shutter release adalah aksesori kamera yang dapat membantu Anda menekan tombol untuk memotret tanpa menyentuh kamera DSLR itu sendiri sehingga getaran dapat diminimalkan. Aksesori ini biasanya digunakan oleh fotografer lanskap dan digunakan bersama dengan tripod.

Itulah beberapa aksesori kamera DSLR yang harus dimiliki oleh seorang fotografer pemula. Anda dapat membeli semua aksesori ini di toko kamera atau melalui toko online, seperti Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengejar profesi sebagai fotografer.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar