--> Skip to main content

5 Alasan Pemilik Bisnis Harus Memiliki Website Sendiri

Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Website Sendiri. Akrab, ya? Memang, menjadi penjual di pasar, seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan situs serupa lainnya memang sering terasa menguntungkan saat pertama kali dimulai.

Meski begitu, perlahan tapi pasti, banyak bisnis besar yang bertahan dengan tidak hanya mengandalkan pasar. Satu per satu bisnis ini juga membuka situs web toko online mereka sendiri.

Daftar Isi
1. Menentukan Strategi Penjualan dengan Bebas
2. Personal Branding Menjadi Lebih Kuat
3. Laporan Keuangan dan Produk di Website
4. Bebas Mengembangkan Website
5. Tidak Ada Perang Harga Antar Penjual

Alasan Pemilik Bisnis Harus Memiliki Website Sendiri


Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Anda yang baru dibuat harus memiliki situs web sendiri:

1. Menentukan Strategi Penjualan dengan Bebas

Satu kemudahan yang dapat diperoleh dari situs web untuk bisnis online Anda adalah fleksibilitas dalam menentukan strategi penjualan. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memutuskan sendiri kapan Anda akan memberikan diskon atau menahan penjualan cepat kepada pelanggan. Saat berada di pasar, suka atau tidak Anda harus menyesuaikan syarat dan ketentuan yang terkandung di dalamnya.

Dari situs web, Anda dapat mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian berulang secara langsung tanpa harus melalui orang ketiga. Strategi ini juga dapat dilakukan melalui buletin yang dikirimkan secara rutin kepada pelanggan terkait berbagi promo khusus yang diadakan khusus untuk pelanggan setia Anda.

2. Personal Branding Menjadi Lebih Kuat
Menjual melalui pasar membuat pelanggan Anda tidak terlalu ingat nama toko Anda. Pembeli cenderung mengingat nama pasar tempat mereka mendapatkan barang yang diinginkan. Ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki situs web bisnis online Anda sendiri.

Dengan memiliki situs web, Anda dapat menyesuaikan desain dan antarmuka merek toko online Anda. Anda juga bebas memilih domain terjangkau yang paling mewakili citra merek yang Anda kelola. Kemudahan calon pelanggan dan pelanggan yang datang berbelanja di toko Anda akan lebih terjamin dengan ini.

3. Laporan Keuangan dan Produk di Situs Web
Keuntungan lain yang dapat dirasakan dari memiliki situs web untuk toko online Anda adalah kemampuan untuk mengintegrasikannya dengan plugin tertentu. Beberapa contoh plugin ini adalah Google Analytics untuk melihat statistik pengunjung situs web, WP ERP untuk sistem SDM, CRM, dan akuntansi bisnis kecil, dan sebagainya.

Plugin secara otomatis dapat melacak untuk melihat perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga dapat melihat laporan keuangan dan laporan inventaris lainnya melalui plugin ini.

4. Gratis untuk Mengembangkan Situs Web
Jika Anda memiliki bisnis online, situs web dapat memberi Anda lebih banyak pilihan untuk mengembangkan konten dan fitur di dalamnya. Anda dapat menggunakan paket hosting murah dan menambahkan berbagai plugin, aplikasi obrolan langsung, menu pengecer, untuk memeriksa opsi pengiriman.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika ada lebih banyak pengunjung? Jika nanti bisnis Anda berkembang pesat, Anda perlu meningkatkan opsi hosting Anda agar situs web dapat berjalan dengan lancar dan pelanggan Anda dapat terus berbelanja dengan nyaman.

5. Tidak Ada Perang Harga antar Penjual
Bayangkan ketika Anda menjual di pasar, pelanggan mencari barang di toko Anda bukan berdasarkan kualitas, tetapi harga yang kompetitif. Mereka mencari toko yang menyediakan kebutuhan mereka dengan harga terendah dan ulasan terbaik. Ini bisa menjadi penyebab perang harga antara toko-toko di pasar.

Akan sulit bagi suatu produk untuk terlihat unik dan istimewa jika dibandingkan dengan produk serupa dari toko lain. Karena pada dasarnya strategi penjualan yang hanya mengandalkan harga terendah bukanlah strategi bisnis yang berkelanjutan. Dengan situs web, produk Anda dapat bersaing dalam nilai tanpa harus membanting harga.

Melalui lima poin di atas, kita dapat bersama-sama menyimpulkan bahwa situs web adalah investasi jangka panjang dari sebuah bisnis, terutama untuk pebisnis yang mengandalkan penjualan online. Mungkin saat ini pendapatan dari bisnis tidak begitu banyak. Tetapi jika Anda benar-benar mengejar dan selalu memperbarui strategi baik offline maupun online, bisnis Anda akan terus relevan dan menjadi target pasar yang lebih besar.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar