Skip to main content

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop dengan mudah

Pada dasarnya tampilan Web WA pada komputer desktop persis sama dengan pada smartphone. Kelebihan dari Whatsapp mengobrol dengan komputer desktop / laptop adalah ukuran layar monitor yang lebih besar, serta kemudahan mengetik teks dan mengirim file.Sebelum masuk ke dalam diskusi tentang bagaimana menggunakan web Whatsapp, ada baiknya kita mengetahui apa itu web Whatsapp atau WA web. Sederhananya, memahami web Whatsapp adalah halaman situs web yang disediakan khusus untuk pengguna aplikasi Whatsapp untuk dapat mengobrol melalui komputer desktop atau laptop.

Kami tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di komputer, cukup gunakan aplikasi browser di komputer Anda. Saran saya, gunakan aplikasi browser tercepat agar kegiatan chat lebih lancar. Sebagai contoh; Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop dengan mudah


Apa Itu WA Web?
Daftar Isi
Apa Itu WA Web?
Syarat Menggunakan WA Web
Cara Mengakses ke WhatsApp Web
Cara Menggunakan WA Web
Logout dari Whatsapp Web

Cara mengakses Web WhatsApp

Untuk menggunakan web Whatsapp di PC atau laptop, Anda harus terlebih dahulu menyinkronkan antara Whatsapp di ponsel cerdas Anda dan web Whatsapp. Tidak sulit, cukup lakukan langkah mudah berikut ini:

1. Buka situs https://web.whatsapp.com di browser di komputer Anda. Nanti Anda akan melihat QR Code seperti ini;

Web Whatsapp

2. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel cerdas Anda. Untuk pengguna Android, lalu ketuk titik di kanan atas Whatsapp di ponsel cerdas Anda.

Ketuk web WhatsApp
3. Selanjutnya akan muncul drop down, lalu ketuk bagian Web WhatsApp. Lihat gambar berikut;

Menu web WhatsApp
4. Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi, lalu ketuk OK, GOT IT terlihat seperti ini;

Pemindaian kode QR
5. Langkah terakhir, silakan pindai Kode QR yang terlihat di monitor komputer dengan menggunakan Whatsapp pada ponsel cerdas Anda. Pada langkah ini Whatsapp Anda terhubung ke web WA dan siap digunakan.

Ketentuan Penggunaan Web WA
Sebelum Anda dapat menggunakan layanan web Whatsapp, Anda harus memenuhi ketentuan minimum berikut:

Ponsel cerdas Anda menggunakan OS Android, iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Blackberry 10.
Ponsel cerdas Anda harus memiliki kamera belakang yang berfungsi dengan benar untuk proses pemindaian kode QR.
Anda sudah memiliki akun Whatsapp aktif di ponsel cerdas Anda.
Pastikan koneksi internet Anda stabil, baik itu di komputer / laptop atau smartphone.
Komputer / laptop Anda menggunakan aplikasi peramban yang cepat dan terkini. Misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lainnya.
Agar dapat menggunakan layanan web Whatsapp dengan lancar, lima syarat tersebut harus dipenuhi. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka Anda tidak dapat menggunakan web WA.


Cara Menggunakan Web WA
Pada dasarnya cara menggunakan Whatsapp Web sama dengan ketika kita menggunakan aplikasi Whatsapp di smartphone. Namun, sayangnya ada fitur Whatsapp yang tidak bisa digunakan di web WA, yaitu; panggilan video dan panggilan suara.

Beberapa fitur Whatsapp lain yang dapat Anda gunakan di web Whatsapp termasuk:

1. Mengobrol, caranya sangat mudah seperti menggunakan WA pada smartphone. Cari nama teman melalui fitur pencarian WA, atau arahkan kursor komputer ke percakapan terakhir dengan orang lain.

2. Rekaman Suara, sama seperti ketika kita merekam suara melalui Whatsapp pada smartphone. Klik tombol micropohone di kanan bawah, maka jendela sembulan akan muncul untuk mengonfirmasi.

Klik tombol Allow, lalu klik tombol Ok, I Got It. Selain itu, fitur perekaman suara dapat langsung digunakan di WA Web.

3. Mengirim File, melalui web Whatsapp, kami juga dapat mengirim file dalam bentuk gambar, video, dokumen dan kontak. Klik tombol berbentuk seperti penjepit kertas, pilih jenis file yang akan dikirim, pilih file, lalu kirim.

Logout dari Whatsapp Web
Setiap kali Anda selesai menggunakan WA web, Anda harus memastikan untuk pergi sehingga percakapan di Whatsapp tidak dibaca oleh orang lain. Cara untuk keluar dari web Whatsapp sangat mudah, yaitu;

  1. Buka aplikasi whatsApp di ponsel cerdas Anda, ketuk tiga titik di kanan atas.
  2. Lalu ketuk WhatsApp Web
  3. Lalu ketuk Keluar dari semua komputer atau Logout dari semua divices. Munculan konfirmasi akan muncul, lalu ketuk Log Out.
  4. Logout dari Whatsapp Web
  5. Logout dari Whatsapp Web


Demikian penjelasan singkat tentang web WA dan tutorial singkat tentang cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.
Newest Post
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar