Skip to main content

Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Beriman

Sebagai orang percaya, tentu saja sangat penting bagi kita untuk memahami apa tujuan pemberian Roh Kudus yang diberikan oleh Allah. Tetapi ini harus dimulai dengan pemahaman tentang Roh Kudus itu sendiri. Karena masih banyak umat Allah yang belum benar-benar memahami Roh Kudus dan manifestasinya dalam kehidupan sebagai umat-Nya.

Karunia Roh Kudus adalah karunia yang diwahyukan oleh Allah sendiri. Sesuai dengan firmanNya bahwa Tuhan akan selalu bersama kita sampai akhir zaman. Dan satu bentuk atau manifestasi dari partisipasi Allah dalam kehidupan kita tentu melalui kehadiran Roh Kudus. Namun sayangnya, masih banyak jemaat-Nya yang kurang peka terhadap kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari sehingga seolah-olah mereka mengabaikan kehadiran Tuhan melalui mediasi Roh Kudus yang berbicara dalam hati nurani kita. Karena itu sangat penting untuk memahami apa tujuan dari karunia Roh Kudus seperti yang dijelaskan di bawah ini:


1. Keselamatan

Dengan cara menerima babtisan Roh Kudus, maka kita akan lebih memaknai keselamatan yang telah diberikan Allah. Karena hanya umat yang diselamatkan yang akan terus disertai olehNya melalui perantaraan Roh Kudus hingga Tuhan Yesus datang yang kedua kalinya nanti.

2. Ketaatan

Roh Kudus juga membawa kita kepada ketaatan akan firman Allah. Sehingga segala yang Allah nyatakan dalam firmanNya dapat menjadi nyata melalui hidup dan perilaku kita setiap harinya.

3. Memperdalam Iman

Senantiasa bersandar pada Roh Kudus dalam kehidupan akan membawa kita untuk lebih dekat dan makin dalam iman percaya kita. Saat kita setia pada Allah dan mau mendengarkan Roh Kudus yang disertakan dalam hati kita, maka iman percaya kita pada Allah akan makin bertambah. Semakin kita peka mendengar suara Allah, semakin iman kita bertumbuh juga di dalam Allah.

4. Kesetiaan

Tujuan karunia Roh Kudus termasuk juga untuk membuktikan kesetiaan Allah pada umatNya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Tuhan berjanji untuk selalu hadir bersama umatNya. Kata hadir inilah yang dinyatakan dalam perantaraan ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus. Karena Allah yang maha hadir akan selalu menyertai dalam bentuk karunia Roh Kudus yang Dia nyatakan.

5. Buah Roh

Peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya juga membantu umatNya untuk tetap berbuah, terutama buah-buah Roh. Entah itu kasih, sukacita, damai sejahtera, sabar, baik, murah hati dan setia. Inilah peranan Allah melalui perantaraan Roh Kudus untuk membawa kita tetap berbuah di dalam Dia.

6. Dekat Dengan Allah

Roh Kudus akan senantiasa menuntun kita untuk makin dekat dengan Allah. Jika kita mengikuti apa saja peranan Roh Kudus dalam gereja, maka kehidupan kita akan semakin menyerupai Allah. Dengan demikian secara tidak langsung hidup kita akan selalu dekat dengan Allah.

7. Peka Rohani

Salah satu tujuan Allah dalam memberikan karunia Roh Kudus yaitu untuk membawa umatNya supaya lebih peka rohani. Karena di sinilah cara bersekutu dengan Roh Kudus dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menyatakan mana kebenaran dan mana yang tidak. Dengan bantuan Roh Kudus maka hati kita dapat lebih peka akan suara Allah dan kehendakNya dalam hidup kita.

Itulah beberapa tujuan pemberian Roh Kudus yang dimaksudkan Allah bagi umat-Nya. Dengan memahami apa tujuan Roh Kudus dalam hidup kita, akan lebih mudah bagi kita untuk berjalan ke arah Roh Kudus. Sehingga hidup kita menjadi lebih berbuah dan lebih mencerminkan Tuhan. Jadi perilaku kita sehari-hari juga menyerupai Tuhan sendiri. Amin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar