--> Skip to main content

Melalui Diri Yesus Tergenapinya 3 Janji Keselamatan Dalam Alkitab

Bagi orang percaya, pokok pembahasan tentang janji keselamatan dalam Alkitab telah diterima secara luas di setiap kesempatan kehidupan ini. Ketika kita menyerahkan diri kita untuk menerima dan mengakui bahwa Tuhan adalah penyelamat dan dibaptis dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, hidup ini bukan lagi milik kita sendiri tetapi milik Tuhan.

Janji keselamatan adalah salah satu Injil utama bahwa manusia harus menyebar ke penjuru dunia sebagai sebuah misi karena ketika Tuhan Yesus naik ke surga, Dia telah menasihati orang-orang yang mengikutinya pada waktu itu untuk menyebarkan firman Allah dan janji keselamatan kepada semua bagian dunia sehingga mereka dapat memperoleh keselamatan yang berasal dari Tuhan Yesus sendiri.

Tugas orang percaya tidak berhenti di situ dan berhenti ketika Injil keselamatan telah diberitakan, maka orang percaya juga harus menyebarkan dan memberikan Injil kerajaan kepada mereka yang selamat, tentu saja dalam hal ini kita membutuhkan tujuan pemberian itu. dari roh kudus. Janji keselamatan dalam Alkitab dapat dengan mudah dipahami ketika memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tidak ada jalan lain menuju Bapa jika tidak melalui Yesus Kristus

Janji keselamatan dalam Alkitab dapat dilihat dalam Yohanes 3:16, menjelaskan bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan menuju kebenaran dan kehidupan, dan tidak ada manusia yang bisa sampai kepada Bapa melalui Dia. Di sini ditekankan dengan jelas jika Tuhan Yesus adalah penyelamat yang dapat mendamaikan dan membawa manusia ke hadapan Tuhan dan tidak ada cara lain selain Dia. Tuhan Yesus sebagai korban penebusan bersedia dan menyerah untuk minum piala murka Allah terhadap umat manusia atas dosa, Yesus pasti memiliki ketakutan yang luar biasa karena hidup dan tubuhnya akan disiksa selama proses penyaliban Kristus yang akan ia hadapi tetapi karena kasih-Nya yang begitu besar bagi kita. Dia menyerahkan semua yang digenapi dan terjadi pada diri-Nya.

Janji keselamatan dalam Alkitab ada bahkan jauh sebelum Tuhan Yesus di dunia ini mengambil bentuk manusia. Ketika manusia pertama kali jatuh ke dalam dosa Allah tidak hanya meninggalkannya secara langsung, Allah memiliki rencana besar untuk mendapatkan orang kembali dari keterjeratan iblis dan cara hidup gereja modern yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Tuhan Yesus adalah janji keselamatan di dalam Alkitab yang telah digenapi dan merupakan keselamatan yang sempurna, keselamatan yang telah Dia berikan tidak hanya dapat diterima oleh satu orang, tetapi semua manusia memiliki posisi yang sama dalam menerima keselamatan ini.

2. Yesus Kristus digambarkan sebagai domba paskah

Bangsa Isreel telah lama melakukan beberapa ketentuan yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan cara lainnya adalah memberikan korban bakaran dalam bentuk domba pertama. Ketika Tuhan Yesus menginginkan salib di dalam Alkitab, dijelaskan bahwa Allah dan murid-muridnya mengadakan perjamuan terakhir di hadapan Tuhan di kayu Salib.

Tuhan Yesus di kayu salib melambangkan persembahan Paskah sejati menggantikan domba pertama yang dibakar. Tuhan Yesus dalam wujud manusia dan karakter Kristus yang ada di dalam Dia adalah persembahan yang benar, harum dan paling sempurna di hadapan Allah.

Yesus menggantikan posisi manusia yang berdosa meskipun Dia sendiri tidak berdosa, itu benar-benar kasih-Nya bagi kita manusia yang banyak celaan ini. Darah yang dicurahkan-Nya di kayu salib melambangkan bahwa manusia berdosa telah dibersihkan dari dosa yang mengikat sehingga manusia dapat memiliki kehidupan yang aman di dalam Dia. Darah adalah harga mahal yang harus dibayar oleh manusia yang jatuh dalam dosa, tetapi Tuhan Yesus ingin agar orang-orang yang dicintainya tidak binasa bersama iblis.

3. Yesus Kristus adalah keselamatan

Kita dapat melihat janji keselamatan di dalam Alkitab dari awal dalam perjanjian lama sebelum Tuhan Yesus lahir di dunia. Untuk waktu yang lama bahkan telah dinubuatkan bahwa Juruselamat akan menimpa manusia yang dilahirkan dari seorang perawan yang berasal dari keturunan umat pilihan Allah.

Jika kita menggambarkan sisi keturunan Maria dan Yusuf, satu sumber akan ditemukan yaitu orang yang adalah pilihan Allah ketika perjanjian lama terjadi. Untuk waktu yang lama Tuhan ingin bersatu kembali dengan ciptaan manusia, karena dahulu kala banyak orang dipanggil oleh-Nya karena dosa dan tidak sedikit juga yang gagal karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan Tuhan.

Jadi ketika memasuki perjanjian baru memenuhi nubuat yang telah lama ditetapkan melalui pribadi Yesus Kristus Juru Selamat, di sini kita perlu mengingat kembali dan mengetahui lebih dalam arti kelahiran Yesus Kristus. Tuhan mengorbankan anak tunggalnya untuk menjadi sama dengan manusia, semua ini tidak lain adalah untuk memenangkan orang dari ikatan dosa yang menyebabkan kita jauh dari Tuhan dan pemenuhan janji Tuhan bagi orang percaya.

Dengan teladan Yesus Kristus melalui kematian-Nya di kayu salib dapat disamakan dengan satu untuk biji gandum yang jatuh ke tanah dan kemudian mati yang kemudian dapat tumbuh dan menghasilkan lebih banyak biji gandum. Tuhan Yesus memberikan hidupnya bagi kita orang percaya sebagai makanan dan persediaan hidup yang memadai. Janji keselamatan dalam Alkitab tidak akan pernah dipenuhi jika Tuhan tidak menyerahkan anak-Nya yang sama dengan manusia dan mati sebagai ganti orang berdosa.

Semua pengetahuan dan kebaikan yang ada dalam diri manusia tidak bisa membuat kita memperoleh keselamatan sejati, keselamatan sejati hanya bisa diperoleh di dalam Kristus dan melalui Kristus. Sesi roti yang biasanya kita lakukan mengingatkan kita bagaimana tubuh Kristus dihancurkan dan dibagikan kepada banyak orang dalam bentuk roti dan anggur tidak beragi yang melambangkan darah Kristus yang telah dimeteraikan yang telah merekonsiliasi manusia dari cawan Allah murka. Pengetahuan dan kemampuan manusia dapat dibatasi, asalkan Anda memiliki kerinduan dan selalu ingin menuntut agar Anda selalu dekat dengan Tuhan, iman kita tentu akan terus diberikan persediaan dan kehidupan yang diterima meluap dan dapat disalurkan ke orang lain.



Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar