--> Skip to main content

5 Ayat Alkitab Tentang Larangan Adat istiadat Bagi Umat Kristen

Ada beberapa ayat Alkitab tentang adat istiadat yang tidak banyak diketahui oleh orang Kristen. Karena itu, penting untuk memahami apa yang tertulis dalam Alkitab dan firman Allah mengenai hal ini. Tentu saja semua saling terkait untuk kebaikan umat Allah. Meskipun kebiasaan adalah hal yang harus diikuti, tetapi ada batasan yang tidak sesuai dengan firman Tuhan.

Karena itu orang Kristen harus bijak dalam memutuskan contoh-contoh budaya yang melanggar firman Tuhan dan apa yang bisa dilakukan dan mana yang harus dihindari atau dihentikan. Agar lebih jelas, berikut adalah ayat Alkitab tentang adat istiadat yang harus diketahui:

1. Keselamatan

Yang paling penting adalah hindari adat istiadat untuk menjauhkan dari keselamatan yang telah ditawarkan oleh Allah. Karena jika demikian maka tidak akan ada tempat di Kerajaan Allah bagi yang menduakan Allah. Minta hikmat dan karunia tuntunan karunia Roh Kudus dalam melihat bagaimana adat yang akan dilakukan. Seperti misalnya syukuran, tidak ada salahnya untuk menghormati keluarga. Jika syukuran berdoa pada Tuhan tentu tidak ada salahnya mengucap syukur pada Allah. Lain halnya jika dilakukan dengan memberi sesaji pada roh nenek moyang. Sepatutnya hal itu dihindari saja.


2. Hanya Taati Perintah Tuhan

Dalam Alkitab tertulis pada Matius 15:9 “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” Sehingga jika ajaran Alkitab bertentangan dengan adat istiadat, maka seharusnya adat tersebut boleh untuk dilanggar. Seperti yang telah dijelaskan bahwa mengikut Tuhan berarti tidak mengikut yang lain. Karena itu hindari melakukan adat istiadat yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Jika belum yakin sebaiknya lakukan manfaat berdoa bagi orang Kristen supaya mendapat jawaban dari Roh Kudus.

3. Memanggil Roh

Seringkali dalam adat istiadat ada upacara pemanggilan roh nenek moyang. Ini merupakan suatu kekejian di mata Allah sehingga sebaiknya dihindari dan jangan dilakukan kembali. Karena jelas perbuatan tersebut tidak sesuai dengan buah-buah Roh Kudus dan dibenci oleh Allah.

4. Menyembah Patung

Selanjutnya adat istiadat yang harus dijauhi termasuk juga jika masih mengikuti tradisi arti penyembahan berhala dalam iman Kristen baik kepada patung atau benda lain. Karena firman Tuhan dalam 1 Korintus 10:14 “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!” Dengan jelas Allah memerintahkan supaya umatNya menghindari hal tersebut. Karena itu segala adat istiadat yang masih mempercayai animisme ataupun dinamisme dan melakukan penyembahan berhala harus dihilangkan. Seperti jika masih berdoa melakukan pemujaan di hari besar tertentu. Sebaiknya jangan lakukan hal ini supaya tidak jatuh dalam dosa yang mendatangkan maut.

5. Adat Ramalan 

Firman Tuhan jelas mengatakan pada Ulangan 18:10 “Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir.” Karena itu segala adat istiadat yang berkaitan dengan ramalan ataupun sihir sebaiknya dihindari. Karena pada dasarnya ini merupakan salah satu cara Iblis untuk menjatuhkan manusia ke dalam asal mula dosa menurut Alkitab.

Itulah ayat Alkitab tentang adat istiadat yang harus dipahami dan dicerna dengan jelas. Sehingga dalam menjalankan adat tidak perlu ada kontroversi dan pelanggaran terhadap firman Tuhan. Tujuan budaya menurut pandangan Kristen yang jelas dan adat istiadat yang konstruktif perlu dipertahankan untuk menghormati leluhur. Tetapi setiap budaya dan adat istiadat yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan harus dihindari dan tidak perlu dilakukan lagi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar