Skip to main content

Menghormati Orang Tua Dalam Alkitab Pada Perjanjian Lama dan Baru

Ayat Alkitab Tentang Menghormati Orang Tua Pada Perjanjian Lama dan Baru. Ada banyak ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Seringkali kita membaca ayat ini, tetapi mungkin tidak semua orang Kristen memperhatikan ayat-ayat ini. Meskipun firman Tuhan yang terkandung dalam Alkitab adalah sesuatu yang harus dipatuhi oleh semua orang Kristen. Karena itu sangat penting untuk memahami apa yang dikatakan Tuhan dalam Alkitab. Terutama mengenai rasa hormat dan kepatuhan kepada orang tua kita. Orang tua adalah perwakilan Allah di dunia yang membantu membesarkan kita sejak lahir.

Selain itu, orang tua adalah perpanjangan tangan Tuhan dalam menjalankan kewajiban untuk memelihara dan ada juga peran orang tua dalam mendidik anak-anak menurut Alkitab yang mencakup pengajaran ketakutan akan Tuhan. Karena itu, Kitab Suci dengan jelas diberikan ayat-ayat yang meminta agar orang Kristen selalu menaati dan menghormati orang tua mereka. Ini adalah poin yang cukup penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin tahu ayat mana yang menyebutkan ini, Anda harus merujuk ke daftar berikut. Di bawah ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang menghormati orang tua dalam Perjanjian Lama dan Baru.


Perjanjian Baru

Dalam kitab Perjanjian Baru hal ini juga dituangkan secara jelas. Sehingga sudah jelas bahwa sepanjang masa Allah ingin umat Kristen selalu patuh dan hormat pada orang tua. Supaya lebih jelas lihat berikut ini beberapa ayat yang dinyatakan pada jaman Tuhan Yesus kepada para murid dan semua umatNya secara jelas



1. Lukas 18:20

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu.”

Sudah banyak umat Kristen ketahui bahwa sebenarnya menghormati orang tua merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah. Oleh sebab itu hal ini merupakan hal yang cukup penting dan hendaknya dijadikan pemikiran untuk seluruh umat Kristen supaya tidak berani menentang orang tuanya. Meskipun ada kalanya anak tidak bisa memilih seperti apa orang tua yang dimiliki. Namun jika menemukan pergumulan yang demikian maka sebaiknya tetap setia dan berdoa kepada Allah.

Minta tujuan karunia Roh Kudus memberikan jalan keluar yang terbaik dan tetap selalu hormati ayah dan ibu kita apapun kondisinya. Memang bisa jadi tidak mudah, tetapi itulah yang Allah inginkan terjadi di dalam hidup kita. Dan bagian kita sebagai umat yaitu tetap taat saat Allah menginginkan hal tersebut terjadi pada kita. Tentunya secara kekuatan kita sendiri hal ini tidak mungkin, yang bisa adalah menggunakan kekuatan yang diberikan oleh Allah melalui perantaraan Roh Kudus yang akan menguatkan kita dan memberikan jalan untuk bisa menghormati orang tua kita lebih lagi.

2. Markus 10:19

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!”

Demikian halnya dalam ayat di atas, terjadi pengulangan dengan makna yang sama. Artinya bahwa Tuhan sangat menekankan hal ini pada umatNya. Karena Allah tidak ingin umat Kristen menjadi umat pembangkang yang tidak mau turut pada perkataan orang tua. Memulai dari menghormati orang tua merupakan dasar menghargai orang lain yang ada di sekitar kita. Sehingga secara tidak langsung merupakan sarana belajar menerapkan buah roh untuk menyenangkan hati Bapa setelah menerima karunia keselamatan yang telah Allah berikan. Jangan sampai kita mengecewakan atau mendukakan hati Tuhan dengan selalu membangkang dan tidak mau mendengar nasihat dari orang tua kita. Sekecil apapun perkara yang diberikan dan dinasihatkan oleh orang tua, sebaiknya berusaha  untuk kita lakukan. Dengan demikian maka berkat Tuhan akan berlimpah dan lebih banyak lagi kasih karunia yang Allah berikan pada umatNya dalam kehidupan.

3. Matius 15:4

“Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.”

Pada ayat dalam Injil Matius bahkan lebih jelas mengungkapkan kewajiban anak Tuhan untuk menghormati orang tuanya. Karena itu ada konsep barang siapa anak yang tidak menaruh hormat pada orang tua akan menerima hukuman. Demikian juga firman Allah menyatakan bahwa mereka yang tidak mau menghormati orang tuanya dan berkata kurang baik akan ayah dan ibunya akan menerima hukuman. Bukan sekedar hukuman kecil tetapi disebutkan adalah hukuman mati. Dalam arti jika anak tidak taat pada orang tua maka akan mendapatkan konsekuensi yang cukup berat. Oleh sebab itu selalu lakukan cara berdoa yang benar dan minta Allah menuntun memberi hikmat selalu taat dan hormat pada orang tua bagaimanapun sikap mereka pada kita.

4. Markus 7:10

“Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.”

Demikian juga hal ini diulang pada Injil Markus dengan pernyataan yang sama bunyinya. Hal ini menandakan bahwa menghormati orang tua dalam Kristen adalah kewajiban yang tidak bisa ditoleransi. Di sini anak yang tidak taat pada orang tua akan mendapat konsekuensi besar. Bahkan dikatakan hukuman mati, maka artinya tidak ada pengampunan.

Oleh sebab itu sebaiknya jika selalu melanggar nasihat orang tua hendaknya segera lakukan cara bertobat orang Kristen supaya tidak mendatangkan murka dari Allah pada kehidupan kita. Melainkan jika kita menyenangkan hati orang tua kita, maka Allah akan menilai segala perbuatan kita yang baik dan mencurahkan berkatNya melimpah dalam kehidupan kita.


Perjanjian Lama

Dalam kitab Perjanjian Lama ayat tentang menghormati orang tua sudah dituangkan sejak awal. Bahkan hal ini merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah yang wajib dilakukan oleh umat Israel pada jaman dahulu kala. Oleh sebab itu sebaiknya simak berikut ini beberapa ayat yang menyatakan hal tersebut dan coba untuk merenungkan dengan baik.

1. Imamat 19:3

“Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.”

Pada ayat di atas Allah juga mengingatkan hendaknya umat Kristen selalu segan terhadap ibu dan bapanya. Oleh sebab itu tidak sepantasnya jika seorang anak selalu membangkang pada orang tuanya. Cobalah untuk tetap berdoa dan minta pimpinan karunia Roh Kudus supaya dapat menyenangkan hati orang tua dengan jalan berusaha mendengarkan dan taat akan perintah orang tua kita. Maka niscaya hidup kita akan senantiasa dekat dengan Allah. Hindari membantah orang tua dan tidak tunduk kepada mereka. Karena ini merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah.

2. Keluaran 20:12

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Sekali lagi di atas adalah cerminan perintah Allah kepada semua umat Kristen untuk selalu menghormati orang tua melebihi orang lain di sekitar kita. Karena orang tua adalah mereka yang diberikan Allah mandat untuk membesarkan dan bertanggung jawab akan kehidupan kita sampai dewasa. Dengan menghormati orang tua maka Allah berjanji akan memberikan berkat serta umur yang panjang. Dengan demikian umat Kristen yang taat pada orang tua akan merasakan berkat tersebut dan selalu dalam naungan perlindungan Tuhan.

3. Imamat 19:32

“Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN.”

Dalam kitab ini dikatakan sejelas mungkin bahwa semua umat Kristen sebaiknya selalu menaruh hormat kepada orang tua masing-masing. Apalagi karena orang tua ini merupakan wakil yang dipilih Allah untuk kita di dunia. Sehingga setiap umat yang takut akan Allah maka tentu harus takut akan orang tua juga. Berbakti pada orang tua merupakan kunci berkat yang akan diberikan oleh Allah kepada kehidupan orang percaya. Dengan takut akan orang tua dan menghormati mereka maka kita juga telah menyenangkan hati Tuhan dan menjauhi perbuatan macam-macam dosa menurut Alkitab.

4. Ulangan 5:16

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Dalam ayat di atas juga lebih jelas dikatakan bahwa siapa saja umat Allah yang menghormati orang tuanya maka secara tidak langsung akan diberkati Allah umur yang panjang dan keadaan yang baik. Karena Allah selalu melihat perkara kecil yang dilakukan umatNya. Sehingga jika kita sebagai orang Kristen menghormati orang tua kita tentunya Allah juga akan lebih mengasihi kita. Selain itu dengan demikian kita menjadi makna garam dan terang dunia yang memberikan contoh terbaik dalam mengikuti kehendak Allah dalam kehidupan kita di dunia.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Lebih baik jika orang Kristen yang taat dan takut kepada Tuhan harus mencerminkan dan memahami ayat tersebut. Jangan patuh pada kehendak Tuhan dan selalu menghormati orang tua kita. Karena jelas bahwa ini adalah kehendak Tuhan dan tentu saja setiap dari kita yang melakukannya memberikan sukacita kepada Tuhan. Karena itu selalu minta pimpinan Roh Kudus melalui doa yang baik sehingga kita diberi kekuatan dan kasih sayang orang tua kita, terlepas dari sikap mereka.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar