Skip to main content

Bolehkah Orang Kristen Merayakan Valentine Day Serta Ayat Alkitab Tentang Valentine Day Secara Implisit

Sebenarnya Alkitab tidak menjelaskan dengan jelas tentang Hari Valentine. Maklum, Valentine ini bukan hari keagamaan atau perayaan umat Kristen. Tetapi hari ini adalah salah satu bagian dari sistem merayakan kata penyembahan tanpa imam yang muncul di Abad Pertengahan sebagai bentuk penghargaan kepada Santo Valentine. Jadi jika Anda ingin tahu lebih detail tentang ayat-ayat Alkitab tentang ini, tentu tidak akan mudah atau tidak dapat diperoleh.

Banyak orang Kristen sampai hari ini masih merayakan Hari Valentine tanpa mengetahui bagaimana cara melihat ayat-ayat Alkitab tentang Hari Valentine. Tentu saja ini adalah sesuatu yang tidak diketahui, karena memang dalam Alkitab tidak memberikan informasi atau cerita tentang pandangan Kristen tentang Hari Valentine itu sendiri. Karena itu, jika Anda ingin tahu lebih jelas tentangnya, Anda harus melihat di bawah ini beberapa informasi tentang ayat-ayat Alkitab tentang Hari Valentine.

Ini berbeda dengan prinsip kasih tentang Alkitab, karena Alkitab banyak mengajarkannya. Pada dasarnya orang Kristen adalah orang yang mengutamakan cinta untuk orang lain. Sejalan dengan prinsip-prinsip Hari Valentine. Namun sayangnya masih banyak yang menyalahgunakan peringatan Valentine untuk melakukan dosa perzinahan menurut Alkitab yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. Karena itu, berikut adalah beberapa ayat yang berkaitan dengan hari kasih sayang yang sesuai dengan ajaran cinta dalam agama Kristen.


1. 1 Yohanes 4:11

“Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.”

Ayat di atas juga menyatakan bahwa kasih merupakan ajaran Tuhan yang paling utama. Karena itulah prinsip dari bolehkah orang Kristen merayakan Valentine yang sesungguhnya merupakan hal yang sejalan dengan apa yang Tuhan ajarkan. Hanya saja pada prakteknya sering kali kasih sayang hanya identik dengan mengasihi lawan jenis. Tetapi melupakan bahwa kasih sayang itu berlaku juga untuk semuanya, baik orang tua, anak, saudara dan teman-teman kita semua.

2. Galatia 5:14

“Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Bahkan jika melihat pada ayat di atas, sudah jelas bahwa Tuhan mengajarkan kita untuk mengasihi orang lain seperti diri kita sendiri. Seberapa besar kita mengasihi diri kita, tolok ukur itulah yang kita berikan dalam mengasihi sesama. Karena itu jangan merasa sayang jika di hari Valentine memberikan hadiah terbaik untuk ibumu atau anak-anak di rumah. Karena saat kita memandang barang apa yang layak untuk kita miliki, ukuran itulah yang sebaiknya kita berikan pada orang lain di sekitar kita yang kita kasihi.

3. Roma 13:10

“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.”

Valentine sebenarnya identik dengan kasih sayang, sementara dalam kitabNya, Tuhan memberikan ayat di atas yang mana kasih itu artinya tidak berbuat jahat pada manusia. Oleh sebab itu arti Valentine yang paling benar untuk dirayakan yaitu jika umat Kristen berbuat baik pada sesama dan tidak memiliki maksud jahat sekalipun. Dengan demikian umat Kristen telah melakukan buah-buah Roh Kudus dan menyenangkan hati Allah.

4. Yohanes 13:34

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.”

Dalam Alkitab, Allah juga meminta setiap umat Kristen untuk mengasihi satu dengan yang lain. Oleh sebab itu sangat penting bagi umat Allah untuk melakukan dan menerapkan hari kasih sayang bukan hanya pada saat Valentine Day saja, melainkan juga pada setiap harinya supaya sejalan dengan firman Allah. Karena memang walaupun Allah tidak menyebutkan mengenai perayaan Valentine Day, tetapi Allah sebenarnya ingin supaya umat Kristen saling mengasihi satu dengan yang lain dan tidak saling membenci. Inilah prinsip kasih sesungguhnya yang seharusnya dilakukan oleh umat Kristen sehingga berkenan di hadapan Allah. Baik melalui hari Valentine maupun dalam kehidupan sehari-hari.

5. Lukas 10:27

“Jawab orang itu: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Tidak hanya cinta orang lain, Hari Valentine juga harus menjadi hari di mana kita mengekspresikan cinta kita yang besar kepada Tuhan. Meskipun ternyata inilah yang sering kita lupakan, yaitu mencintai Tuhan dengan sepenuh hati dan jiwa kita. Karena itu, pandanglah hari kasih sayang sebagai hari untuk mengungkapkan cinta kita yang besar kepada Tuhan. Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan ayat Alkitab tentang Hari Valentine. Memang ini tidak tersirat dalam Alkitab. Tuhan hanya mengajarkan tentang kasih sayang kepada orang lain. Tapi itu tidak spesifik tentang Hari Valentine atau Hari Valentine. Karena itu, jika Anda ingin merayakan Hari Valentine, Anda harus meminta hikmat dan kepemimpinan dari karunia Roh Kudus tentang bagaimana menanggapi perayaan Hari Valentine. Sehingga dalam praktiknya orang Kristen dapat merayakan Valentine tetapi dalam batas-batas tertentu. Dan yang terbaik adalah mengekspresikan cinta tidak hanya pada Hari Valentine, tetapi setiap hari untuk semua orang yang kita sayangi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar