--> Skip to main content

11 Ayat-Ayat Alkitab Tentang Multikulturalisme dalam Pandangan Iman Kristen

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, multikulturalisme berarti gejala pada seseorang atau masyarakat yang ditandai oleh kebiasaan menggunakan lebih dari satu budaya. Sebagai panduan bagi orang Kristen dalam kehidupan yang hidup, Alkitab memuat seperangkat aturan seperti larangan poligami dalam Injil, ayat Alkitab tentang rentenir, ayat Alkitab tentang larangan membunuh, ayat Alkitab tentang pencuri dan tidak terkecuali Ayat-ayat Alkitab tentang multikulturalisme.

Indonesia diberkati oleh Tuhan dengan keanekaragamannya. Dari Sabang hingga Merauke dihuni oleh orang-orang dengan berbagai etnis, agama dan ras. Keragaman ini menuntut orang Indonesia untuk toleran. Sebenarnya toleransi tidak hanya dibutuhkan oleh orang Indonesia, tetapi juga oleh manusia di seluruh dunia. Ciptaan manusia sejati tidak sendirian. Tuhan telah menciptakan manusia lain sebagai penolong. "Tidak baik jika seorang pria sendirian, aku akan menjadikannya penolong yang layak baginya" (Kejadian 2:18). Karena itu, multikulturalisme sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Apa ayat-ayat Alkitab tentang multikulturalisme? Inilah penjelasannya.


  1. 3 Nefi 11:28-30 : Dan menurut seperti yang telah Aku perintahkan kepadamu demikianlah kamu akan membaptis. Dan tidak akan ada perbantahan di antara kamu, seperti yang telah ada hingga kini; tidak juga akan ada perbantahan di antara kamu mengenai pokok-pokok ajaran-Ku, seperti yang telah ada hingga kini. Karena sesungguhnya, sesungguhnya Aku berfirman kepadamu, dia yang memiliki semangat perselisihan bukanlah dari-Ku, tetapi dari iblis, yang adalah bapa perselisihan, dan dia menghasut hati manusia untuk berselisih dengan amarah, satu sama lain. Lihatlah, ini bukanlah ajaran-Ku, untuk menghasut hati manusia dengan amarah, satu terhadap yang lain; tetapi inilah ajaran-Ku, bahwa hal-hal seperti itu hendaklah diakhiri.
  2. Amsal 29:8 : Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.
  3. Roma 14:19 : Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.
  4. Yohanes 13:34 : Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
  5. Yohanes 15:12 : Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
  6. Yohanes 15:17 : Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.
  7. Matius 22:39 : Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
  8. Matius 5:44 : Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
  9. Yohanes 17:14-15 : Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.
  10. Lukas 13:21 : Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.
  11. Matius 13:33 : Dan Ia menceritakan perumpamaan ini juga kepada mereka: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.


Demikian penjelasan ayat-ayat Alkitab tentang multikulturalisme. Memang, orang Kristen mendukung perdamaian dan menentang perselisihan. Perbedaan bukanlah alasan bagi kita untuk membenci orang lain.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar