--> Skip to main content

10 Ayat Alkitab Tentang Rentenir yang Mengambil Bunga Riba Menurut Ajaran Kristen

Dosa riba menurut alkitab. Kita mungkin sering mendengar tentang rentenir. Beberapa orang menyamakan pemberi pinjaman dengan perantara. Rentenir adalah orang atau sekelompok orang yang meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan. Namun, kegiatan ini tidak digunakan sebagai bidang untuk membantu, tetapi digunakan sebagai bidang bisnis. Pemberi pinjaman berusaha untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri dari pinjaman ini dengan mengambil bunga atau riba. Mereka biasanya mengambil bunga yang cukup tinggi untuk menjadi lebih menguntungkan bagi mereka. Namun, Alkitab sendiri memberikan beberapa hukum rentenir menurut agama Kristen. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang rentenir.

Yehezkiel 22:12
Padamu orang menerima suap untuk mencurahkan darah, engkau memungut bunga uang atau mengambil riba dan merugikan sesamamu dengan pemerasan, tetapi Aku kaulupakan, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Nehemia 5:7 dan 9
Setelah berpikir masak-masak, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. Kataku kepada mereka: “Masing-masing kamu telah makan riba dari saudara-saudaramu!” Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar. … Kataku: “Tidaklah patut apa yang kamu lakukan itu! Bukankah kamu harus berlaku dengan takut akan Allah kita untuk menghindarkan diri dari cercaan bangsa-bangsa lain, musuh-musuh kita?

Imamat 25:36-37
Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba.

Mazmur 15:5
Yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.

Yehezkiel 18:17
Menjauhkan diri dari kecurangan, tidak mengambil bunga uang atau riba, melakukan peraturan-Ku dan hidup menurut ketetapan-Ku orang yang demikian tidak akan mati karena kesalahan ayahnya, ia pasti hidup.

Yehezkiel 18:13
Memungut bunga uang dan mengambil riba, orang yang demikian tidak akan hidup. Segala kekejian ini dilakukannya, ia harus mati; darahnya tertimpa kepadanya sendiri.

Keluaran 22:25
Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya.

Amsal 28:8
Orang yang memperbanyak hartanya dengan riba dan bunga uang, mengumpulkan itu untuk orang-orang yang mempunyai belas kasihan kepada orang-orang lemah.

Allah sendiri tidak pernah memberikan larangan untuk memberikan pinjaman. Ternyata pemungutan bunga pun diperbolehkan. Namun, ayat Alkitab tentang rentenir ini ingin kita ingat bahwa kita harus tahu motivasi kita mengambil bunga dari pinjaman orang lain. Allah ingin jika kita mendapatkan keuntungan melalui riba dan bunga, kita memberikannya untuk orang lain. Kita memakai keuntungan tersebut untuk menolong orang lain kembali, bukan untuk keuntungan diri sendiri. Sekali lagi, Allah ingin kita mengutamakan diri untuk menerapkan hukum kasih dalam Alkitab kepada sesama kita.

Selain ketiga ayat tersebut, masih ada beberapa ayat Alkitab tentang rentenir lainnya. Berikut beberapa ayat Alkitab tentang rentenir yang dapat kita pahami.

Ulangan 23:19-20
“Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan. Dari orang asing boleh engkau memungut bunga, tetapi dari saudaramu janganlah engkau memungut bunga supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala usahamu di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya.”

Ayat Alkitab tentang rentenir ini seringkali dianggap diskriminatif dalam menerapkan hukum riba dalam Kristen. Ayat ini seakan berkata bahwa rentenir tidak boleh memberikan bunga kepada kerabat, tetapi kepada yang tidak kerabat diperbolehkan saja. Namun, kita perlu ingat bahwa Yesus sudah menyatukan kita di dalam Kerajaan Allah. Kita merupakan saudara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, siapapun yang kita kenali saat ini, siapapun yang kita temui saat ini, mereka adalah saudara. Dengan ini, Allah dengan tegas mengatakan bahwa kita tidak bisa memungut bunga kepada siapapun.

Yehezkiel 18:8-9
Tidak memungut bunga uang atau mengambil riba, menjauhkan diri dari kecurangan, melakukan hukum yang benar di antara manusia dengan manusia, hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap mengikuti peraturan-Ku dengan berlaku setia ialah orang benar, dan ia pasti hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Ayat Alkitab tentang rentenir ini dengan jelas menyatakan hukum pembungaan uang dalam Kristen. Hukum tersebut berkata bahwa orang yang tidak memungut bunga adalah orang yang benar. Allah akan memberikan kehidupan kepada orang-orang tersebut. Alkitab saat ini menjelaskan pemberian kehidupan sebagai penggenapan janji keselamatan dalam Alkitab. Kita pun tahu bahwa keselamatan hanya bisa didapatkan oleh orang-orang benar. Oleh karena itu, ayat ini menyatakan bahwa kegiatan yang rentenir lakukan tidaklah benar.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang rentenir. Alkitab dengan jelas menegaskan bahwa kegiatan rentenir tidak baik. Memberi pinjaman tidak masalah. Mengambil bunga juga tidak dilarang. Namun, minat yang terlalu tinggi untuk mempersulitnya tidak baik di mata Tuhan. Tuhan ingin kita memberi dengan cinta kepada sesama kita. Tuhan ingin kita memiliki karakter Kristus yang penolong dan bukan penghalang.

Rentenir tidak baik karena mereka mengambil bunga tinggi. Belum lagi rentenir dikenal kasar ketika meminta tagihan. Karena itu, kita diharapkan terus dipenuhi dengan cinta dan menjadi ciri orang-orang bijak dalam agama Kristen untuk memberikan pinjaman. Semoga semua kemuliaan bagi Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar