--> Skip to main content

Ayat Alkitab Tentang Paranormal Atau Dukun yang Dilarang Kristen

Ayat Alkitab Tentang Paranormal Atau Dukun yang Dilarang Kristen. Alkitab untuk orang percaya selalu menjadi panduan dalam membuat keputusan atau apa pun yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Banyak ayat-ayat Alkitab ibadah dapat membantu memperkuat iman, mendorong, menjelaskan dan memberikan arahan kepada kita sebagai orang percaya. Semua yang terkandung di dalamnya adalah Firman Tuhan itu sendiri, firman itu adalah firman Tuhan sehingga orang juga harus mendengarkan, memahami dan menjadi pelaku di dalamnya.

Tetapi akibat kejatuhan manusia ke dalam dosa menyebabkan manusia menemukan jalannya sendiri dan mulai melupakan Tuhan, salah satunya adalah pergi ke paranormal, kasus ini bukanlah kasus yang baru saja muncul di era ini tetapi selalu ada sebelumnya di tengah-tengah kehidupan manusia. Ayat Alkitab tentang paranormal itu sendiri telah dicatat untuk menjelaskan pola pikir manusia dan membimbingnya menuju apa yang seharusnya, sesuai dengan keinginan Tuhan. Ayat Alkitab tentang paranormal ada di:

1. Imamat 19 : 31
Dalam kitab Imamat 19 : 31 berkata “Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; akulah Tuhan, Allahmu”. Memercayai paranormal artinya sama saja dengan membuat kita najis dan tidak berkenan di hadapan Allah karena bersekutu dengan si jahat. Rancangan Allah bukan seperti apa yang manusia rencanakan, rancanganNya terhadap hidup manusia begitu terencana dan begitu dalam sehingga manusia tidak dapat memahaminya.

Karena sifat contoh-contoh tindakan dosa dalam agama Kristen yang dapat membuat orang menjadi tidak sabar dalam menghadapi sesuatu dapat menyebabkan manusia berpaling dari Tuhan karena apa yang mereka inginkan terkadang Tuhan tidak berikan, karena sebenarnya Allah tahu apa yang dibutuhkan oleh manusia adalah bukan apa yang diinginkan oleh manusia. Masuk dan menjadi bagian dari kehadiran Tuhan bukanlah perkara mudah, banyak orang berpikir bahwa jika mereka percaya kepada-Nya maka semuanya akan menjadi lebih mudah bagi kita manusia.

Jika manusia mengungkapkan masalah keselamatan dan janji Allah kepada orang-orang percaya semudah ini maka pastinya itu tidak akan bertahan lama di hadirat dan kekudusan Allah. Semua cobaan dan masalah yang ada dan mungkin dialami oleh manusia telah memungkinkan Tuhan untuk terjadi semata-mata bukan karena Tuhan tidak peduli tetapi karena cinta yang besar Tuhan ingin mendapatkan manusia sepenuhnya dan membuat kita memahami arti sebenarnya dari kasih dan belas kasihan Tuhan. Tuhan adalah ayah yang penuh kasih seperti ayah yang mencintai anak-anaknya.

2. Yesaya 47 : 12-13
Ayat alkitab tentang paranormal juga masih terdapat dalam kitab Yesaya yang mana isinya berkata “Bertahan sajalah dengan segala manteramu dan sihirmu yang banyak itu, yang telah kaurepotkan dari sejak kecilmu; mungkin engkau sanggup mendatangkan bantuan, mungkin engkau dapat menimbulkan ketakutan. Engkau telah payah karena banyaknya nasihat, yang menilik bintang-bintang dan yang pada setiap bulan baru memberitahukan apa yang akan terjadi atasmu!” percaya kepada segala prediksi yang terdapat dalam ramalan yang dilakukan oleh paranormal juga dapat menjadikan kita jatuh ke dalam asal mula dosa menurut alkitab.

Kekuatan iblis dipinjamkan kepada manusia tidak hanya untuk tujuan manusia tetapi demi si jahat untuk melawan Tuhan dengan merebut dan mengalihkan manusia dari Tuhan. Banyak manusia dapat menggunakan kekuatan iblis untuk menjadikan dirinya seorang peramal sehingga mereka dapat membantu manusia lain, semakin lama ini dibiarkan manusia akan melupakan kehadiran teladan Yesus Kristus dalam hidupnya sehingga ia menjadikan dirinya hebat dalam mata manusia lainnya.

Sebagai mahluk yang dirasuki dan dipulihkan oleh penyaliban Yesus di kayu salib, kita harus dapat melarikan diri dari belenggu kejahatan yang baik tanpa sadar atau sadar sepenuhnya. Roh kudus memiliki peran penting dalam membimbing manusia dalam setiap langkah kehidupan, roh kudus dapat mengingatkan dan membuat orang sadar akan apa yang baik dan apa yang buruk. Untuk membuat roh kudus tinggal di dalam kita, kita harus percaya dan menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada hadirat Allah.

3. Yesaya 8 : 19
Ayat alkitab tentang paranormal terdapat dalam kitab Yesaya 8 : 19 “Dan apabila orang berkata kepadamu: ‘Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit’ maka jawablah: ‘Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada Allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?”

Di sini nampak bahwa apa yang harus dilakukan oleh orang percaya ketika mereka berada dalam kondisi di mana mereka mengalami kesulitan dengan masalah dan bagaimana mengungkap nasihat dari manusia lain yang mengandalkan sesuatu di luar Tuhan. Dalam ayat ini, itu menegaskan fakta bahwa itu harus terjadi, bahwa ketika manusia berada dalam kesulitan, mereka harus mencari dan meminta bimbingan hanya dari Allah, bukan kepada roh atau roh orang mati. Seperti yang selalu diingatkan oleh hamba-hamba-Nya kepada orang-orang percaya jika urusan hidup orang tidak lagi terikat pada orang mati.

Paranormal dapat mengetahui segalanya tidak lain adalah iblis, iblis memiliki banyak cara yang terkadang tidak terlintas dalam benak manusia tidak lain adalah bertujuan agar manusia menjauh dari Tuhan. Memang segala sesuatu yang manusia inginkan harus bertanya kepada mereka yang memilikinya yang hanya Tuhan dan tidak ada manusia lain yang dapat memberikannya jika tidak atau tanpa persetujuan Tuhan sendiri. Kebijaksanaan dan kebijaksanaan yang dimiliki oleh umat pilihan Allah semuanya terbatas pada karunia-karunia yang dipercayai Allah untuk terus berkembang dan dapat bekerja di ladang yang Ia miliki di dunia.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar