Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

25 Ayat Alkitab Tentang Melayani Tuhan Dan Melayani Sesama

Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang Kristen untuk menjadi berkat bagi orang lain. Namun, sangat penting untuk melakukan segala sesuatu sebagai bentuk pelayanan kepada orang lain dan kepada Tuhan. Yesus sendiri berulang kali mengingatkan kita untuk melakukan pelayanan. Pelayanan adalah salah satu bentuk ibadat sejati menurut Alkitab. Menurut Rick Warren dalam bukunya yang berjudul The Purpose of Driven Life, ada lima tujuan manusia yang hidup, salah satunya adalah untuk melayani Tuhan. Manusia diciptakan untuk tujuan ini.

Ayat-ayat Alkitab tentang Layanan

Tuhan tidak hanya menuntut kita untuk melayani Dia. Dia juga memberikan janji berkat untuk semua orang yang telah melayani Dia. Tuhan benar-benar mencintai mereka yang ingin melayaninya, bahkan Tuhan menghormatinya. Tuhan juga berjanji bahwa jika kita dihormati oleh Bapa, manusia juga akan menghormati kita. Dia adil dan tidak bisa melupakan apa yang kita lakukan, meskipun manusia sangat mungkin melupakannya. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang mengungkapkan janji dan berkat dari Allah.

  1. Efesus 6:8 Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.
  2. 1 Korintus 9:13 Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?
  3. Roma 14:17-18 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.
  4. Maleakhi 3:17 Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.
  5. Yohanes 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.
  6. Ibrani 6:10 Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.


Namun, Tuhan tidak secara sewenang-wenang memberikan janji berkat. Kita diminta untuk memiliki sikap pelayanan yang benar, menyenangkan di hadapan Allah. Karena itu, kita juga perlu terus waspada dalam melayani. Tuhan tidak ingin kita melayani Dia, tetapi kita juga menginginkan hal-hal lain seperti uang. Kita sering tidak menyadari bahwa kita menawarkan sesuatu. Adalah penting untuk memahami lagi arti penyembahan berhala dalam iman Kristen. Kita harus melayani dengan tulus, bukan hanya untuk menyenangkan orang lain. Ini penting agar kita tidak sombong dalam pelayanan seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang kesombongan manusia. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang dapat memberi kita gambaran tentang betapa benarnya sikap dalam melayani.

  1. Galatia 5:13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
  2. 1 Petrus 4:10-11 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allahl jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.
  3. 1 Korintus 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.
  4. Matius 6:24 Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
  5. Efesus 6:5-7 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia.
  6. Kisah Para Rasul 20:18-21 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: “Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku. Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu; aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.


Dari sekian banyak sikap melayani yang ditulis dalam ayat Alkitab tentang pelayanan di atas, ada satu sikap pelayanan yang sangat penting. Dalam melayani, kita harus benar-benar fokus pada Tuhan. Ingatlah bahwa motivasi melayani kita untuk memuliakan Tuhan, bukan diri kita sendiri atau manusia lain. Karena itu, kita harus benar-benar tenang ketika melayani. Sebelum melayani, bacalah Alkitab terlebih dahulu untuk menenangkan hati dan pikiran Anda. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang mengingatkan kita untuk terus fokus pada Allah karena Allah memanggil kita untuk melayani.

  1. 1 Timotius 1:12 Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku –
  2. Matius 25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
  3. Yesaya 6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”
  4. Yohanes 20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
  5. 1 Korintus 14:12 Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.
  6. Roma 15:15-16 Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
  7. 1 Petrus 1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

Tentu saja Tuhan tidak hanya menuntut tanpa memberikan contoh. Dia memberi satu-satunya anak-Nya, Yesus Kristus, untuk memberikan teladan bagi kita. Selama Yesus ada di Bumi, ada begitu banyak pelayanan yang Dia lakukan dan harus kita tiru. Tuhan adalah salah satu tokoh yang diceritakan dalam ayat Alkitab tentang para pemimpin yang melayani. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang menunjukkan teladan Yesus.


  1. Yohanes 13:13-15 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
  2. 1 Petrus 2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
  3. Markus 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”
  4. Lukas 22:27 Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.
  5. Matius 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”
  6. Filipi 2:6-8 [Kristus Yesus] yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan. Banyak orang merasa bahwa pelayanan menghabiskan waktu, energi, bahkan bahan. Namun, Tuhan ingin mengingatkan bahwa Dia tidak akan melupakan apa yang telah kita lakukan dan kita akan terus mendapatkan berkah yang sepadan. Perasaan lelah dan kehilangan yang kita rasakan kemungkinan besar karena fokus yang salah dari layanan kami. Kita seharusnya tidak memiliki sikap yang salah dalam melayani, termasuk sikap materialisme seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang materialisme. Karena itu, marilah kita melayani dengan motivasi yang benar, yaitu sepenuhnya untuk memuliakan Tuhan. Semuanya bermegah atas nama Tuhan. Tuhan memberkati.