--> Skip to main content

4 Ayat Alkitab tentang Kejatuhan Lucifer Kenapa Lucifer Diusir Dari surga

Dalam kisah Kristen, kita tidak hanya mengenali tokoh-tokoh Alkitab seperti tokoh Daud. Kami juga tidak hanya belajar tentang kehidupan Joseph dalam Alkitab atau karakter lain. Kami juga akan mengenali tokoh-tokoh dalam bentuk malaikat dan setan. Malaikat yang sering kita dengar namanya adalah malaikat Gabriel. Sedangkan iblis yang sering kita dengar adalah Lucifer. Namun, siapa Lucifer? Apakah Alkitab benar-benar menceritakan kisah Lucifer atau hanya dongeng yang dibuat oleh manusia?

Siapakah Lucifer?

Kita tahu ada tujuh poin dosa. Salah satunya adalah kesombongan. Lucifer digambarkan sebagai iblis yang mewakili dosa kesombongan ini. Ini ditentukan karena Lucifer dikenal karena kesombongannya. Sebelum membaca ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer, kita perlu tahu siapa Lucifer yang pertama.

Sebelum Bumi dan semua isinya dibuat, Allah pertama-tama menciptakan malaikat. Malaikat diciptakan oleh Tuhan untuk melakukan ibadat sejati sesuai dengan Alkitab untuk Tuhan. Malaikat membantu Tuhan untuk membuat orang mengerti janji keselamatan dalam Alkitab bahwa Tuhan bekerja untuk manusia. Meski begitu, Tuhan masih memberikan kehendak bebas kepada malaikat seperti bagaimana Dia memberikannya kepada kita, manusia. Tuhan tidak ingin memaksa siapa pun untuk melayani Dia. Dia membutuhkan pelayanan dengan hati yang tulus, bukan hanya sebagai kewajiban.
Ayat Alkitab tentang Kejatuhan Lucifer Kenapa Lucifer Diusir Dari surga

Di antara para malaikat yang diciptakan, ada seorang malaikat bernama Lucifer. Nama Lucifer ini tidak tertulis dalam Alkitab terjemahan LAI (Institut Alkitab Indonesia). Namun, nama Lucifer pernah ada dalam terjemahan Alkitab KJV (Versi King James). Nama Lucifer dalam KJV diterjemahkan sebagai Bintang Timur dalam Alkitab terjemahan LAI. Lucifer diceritakan sebagai malaikat yang bijaksana. Ia bahkan dianggap sebagai malaikat dengan status tertinggi.

Jatuhnya Lucifer

Jika Lucifer adalah malaikat yang bijak, statusnya tinggi, bagaimana dia akhirnya dikenal sebagai setan? Ayat Alkitab tentang kejatuhan Lusifer memberi tahu kita bahwa Lusifer tidak puas dengan semua yang dia miliki. Dia akhirnya mencoba menyamai Tuhan. Dia begitu sombong dengan semua yang dia miliki sehingga dia kemudian menggunakan kehendak bebas Tuhan untuk meninggalkan-Nya. Lucifer melakukan apa yang menentang ayat Alkitab tentang kesombongan manusia. Berikut adalah kumpulan ayat-ayat Alkitab tentang kejatuhan Lusifer.

1. Wahyu 12:7-9

Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Pada Alkitab, iblis seringkali digambarkan sebagai naga. Pada ayat ini, naga yang juga menggambarkan Lucifer sebagai iblis dibantu oleh malaikat-malaikatnya. Hal ini seringkali dianggap memberikan kesimpulan bahwa Lucifer memang pada awalnya adalah seorang malaikat. Namun, mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga karena tidak memenuhi syarat masuk surga menurut Alkitab sehingga mengalami kejatuhan.

2. Yehezkiel 28:17-18
Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya. Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.

Ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer dalam kitab Yehezkiel ini menjelaskan alasan kejatuhan Lucifer. Lucifer dilempar oleh Allah dari kerajaan sorga karena kesombongannya. Ia merasa begitu cantik, memiliki hikmat sehingga berusaha untuk menyemarakkan namanya. Padahal tugas Lucifer yang seharusnya adalah menyemarakkan nama Allah.

3. Lukas 10:18
Lalu kata Yesus kepada mereka: “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.

Ayat ini pun menggambarkan kesaksian Yesus tentang Lucifer. Kilat dari langit menggambarkan cahaya yang dibawa oleh Lucifer. Nama Lucifer dalam bahasa Latin memiliki arti pembawa cahaya yang berasal dari kata lux yang berarti cahaya dan ferre yang berarti membawa.

4. Yesaya 14:12-15
“Wah,  engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer yang pertama ini adalah terjemahan ayat Alkitab KJV yang mencantumkan nama Lucifer. Seperti yang sudah dijelaskan, Lucifer kemudian dikenal dengan sebutan Bintang Timur. Ayat ini menjelaskan bagaimana Lucifer menampakkan kesombongannya. Dengan kesombongannya, ia malah berakhir diturunkan ke dalam dunia orang mati.

Itu adalah kumpulan ayat-ayat Alkitab tentang kejatuhan Lusifer. Kisah tentang Lucifer ini bisa menjadi pelajaran yang baik bagi kita. Seringkali kita merasa bijak, merasa kita memiliki kebijaksanaan, maka kita berpikir bahwa kita pantas dipuji. Kami mencoba menunggu sendiri. Berhati-hatilah ketika pikiran sudah mulai memasuki otak kita. Jangan biarkan kita menjadi seperti Lucifer yang kemudian mengalami kejatuhan karena kesombongannya. Ingatlah bahwa kita hanya manusia. Allah adalah partai tertinggi, yang kita tidak bisa menandingi. Kita harus mengakui kebesaran-Nya. Jika kita melakukan cara membaca ayat-ayat Alkitab secara teratur setiap hari, kita akan dengan mudah menjauh dari dosa kesombongan ini. Semuanya mulia bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar