--> Skip to main content

Pengertian Pesawat Sederhana dan Macam-macam Jenis Contohnya Dilengkapi Gambarnya

Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana Dilengkapi Gambarnya. Kita pasti akan kesulitan ketika kita akan menempelkan paku pada kayu tanpa menggunakan palu. Demikian juga ketika kita akan membuka baut, akan sulit tanpa bantuan dari kunci pembuka atau obeng. Manusia selalu berusaha mendapatkan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Karena itu, manusia membuat alat yang dapat memudahkan pekerjaan mereka.

Banyak kehidupan sehari-hari tampak biasa, tetapi tidak seperti itu bagi seorang fisikawan. Peristiwa ini selalu menimbulkan pertanyaan. Misalnya, ketika Anda ingin mencabut paku yang tersangkut di dinding, Anda akan kesulitan bahkan tidak dapat melakukannya tanpa bantuan alat. Jika Anda menggunakan cat, pekerjaan itu akan mudah dilakukan. Mengapa menarik kuku dengan mulut lebih mudah? Mengapa dayung bisa menggerakkan perahu dengan daya yang lebih kecil? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan ditemukan dalam pelajaran berikut. membantu ayah dan ibu mereka yang berkemas karena keluarga mereka akan pindah ke luar kota. Beberapa barang dimasukkan ke dalam kotak kayu besar. Tentu saja kotak ini sangat berat. Ketika kotak ini akan dipindahkan ke bodi mobil, muncul masalah baru. Mereka hanya mampu mendorong atau menarik kotak, tetapi tidak dapat mengangkat kotak secara vertikal.

Bagaimana mereka mengatasi masalah ini? Ayah mereka menggunakan papan kayu untuk membuat pesawat miring antara tanah dan mobil. Dengan cara ini, mereka dapat mendorong kotak melalui bidang miring. Rupanya, dengan bantuan bidang miring ini mereka mampu mengangkat kotak yang berat ke badan mobil

Alat yang dapat menyederhanakan pekerjaan disebut pesawat sederhana. pesawat sederhana adalah alat sederhana yang berguna untuk memfasilitasi pekerjaan manusia.

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pesawat sederhana yang pembahasannya meliputi Pengertian pesawat sederhana, gambar pesawat sederhana, macam macam pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, contoh pesawat sederhana, definisi pesawat sederhana, pesawat sederhana tuas, pesawat sederhana katrol, pesawat sederhana bidang miring.

Tujuan menggunakan pesawat sederhana adalah :

  • Melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
  • Merubah arah gaya yang kita lakukan
  • Menempuh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan


Pengertian Pesawat Sederhana
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering menggunakan alat bantu untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan. Alat-alat yang digunakan manusia untuk mempermudah dalam melakukan kerja atau usaha disebut pesawat. Sebuah pesawat berfungsi untuk memperbesar gaya atau usaha.

Alat pembuka tutup botol, gunting rumput, komputer, dan mobil merupakan beberapa contoh pesawat. Selain digunakan untuk memperbesar gaya, manusia juga menggunakan pesawat untuk mengubah energi, memindahkan energi, memperbesar kecepatan, dan mengubah arah benda.

Pesawat ada dua macam, yaitu pesawat sederhana dan pesawat rumit. 
Pesawat sederhana merupakan peralatan yang dibuat sangat praktis dan mudah digunakan. Pembuka tutup botol, gunting, resleting, dan tang merupakan beberapa contoh pesawat sederhana. 
Atau bisa diartikan juga bahwa pesawat sederhana sebagaimana pengertian berikut ini;
  1. Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. 
  2. Pesawat rumit terdiri atas beberapa pesawat sederhana. Contoh pesawat rumit antara lain komputer, mobil, dan sepeda.


Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana
Pesawat sederhana ada beberapa jenis. Tuas atau pengungkit, katrol, bidang miring, serta roda dan poros merupakan beberapa jenis pesawat sederhana yang sering digunakan sehari-hari. Berikut ini akan kita pelajari satu per satu.

1. Tuas atau Pengungkit
Tuas atau pengungkit merupakan pesawat sederhana yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Tuas telah digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaannya sejak zaman prasejarah.

Tuas biasa digunakan untuk mempermudah mengungkit atau memindahkan beban dengan cara memperbesar gaya yang diberikan.

Tuas terdiri atas sebuah batang yang berputar pada sebuah titik tetap yang disebut titik tumpu. Contoh tuas yang paling sederhana adalah sebuah tongkat.

2. Katrol
Katrol merupakan pesawat sederhana berupa roda yang dikelilingi rantai atau tali. Kegunaan katrol untuk mengangkut beban atau menarik suatu benda.

Jika kamu menimba air di sumur tanpa bantuan katrol maka kamu akan mengalami kesulitan saat melakukannya. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan katrol.

Katrol yang dipasang pada tali untuk menimba akan mengubah gaya tarik ke bawah menjadi gaya angkat ke atas sehingga air dapat ditimba dengan lebih mudah.

Seperti halnya tuas, katrol juga memiliki kuasa, beban, dan titik tumpu. Dengan demikian, katrol juga memiliki keuntungan mekanis. Katrol dapat dibedakan menjadi katrol tetap, katrol bergerak, dan katrol ganda.

Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana Dilengkapi Gambarnya

3. Bidang Miring
Memindahkan benda dari suatu tempat ke tempat yang lebih tinggi akan terasa berat jika langsung kita angkat. Dengan menggunakan bidang miring hal tersebut akan lebih mudah dilakukan. Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut terhadap lantai.

4. Roda dan Poros
Sepeda merupakan contoh alat yang bekerja menggunakan prinsip roda dan poros. Fungsi roda dan poros adalah untuk memungkinkan manusia bergerak lebih cepat.

Contoh benda yang bergerak dengan menggunakan prinsip roda dan poros antara lain motor, mobil, kursi roda, dan sepatu roda.

Roda dan poros merupakan pesawat sederhana yang terdiri atas sebuah roda berputar yang dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama. Roda dan poros merupakan pesawat sederhana yang berfungsi memperbesar kecepatan dan gaya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar