--> Skip to main content

Cara Kompres Video / Mengecilkan ukuran video di HP Android tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Kompres Video / Mengecilkan ukuran video di HP Android tanpa Mengurangi Kualitas. Era ini telah memasuki era globalisasi yang canggih. Demikian juga, perkembangan alat teknologi telah menjadi lebih maju. Jumlah aplikasi yang dibuat manusia semakin meningkat sehingga pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dilakukan.Tidak baik memang jika hard drive atau penyimpanan ponsel kita habis hanya karena ukuran file video terlalu besar, atau jika Anda adalah seseorang yang suka mengunggah video ke internet dan youtube maka file video besar akan sangat, sangat merugikan Anda karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengunggah, file video berukuran besar juga mengkonsumsi kuota yang besar jika kita menggunakan jaringan data untuk mengunggahnya

Mulai dari pengalaman saya sendiri membuat dan mengedit video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro dan jendela pembuat video, ketika merender atau mengekspor hasil edit ke file video mp4 ternyata ukurannya melebihi apa yang diperkirakan dari ukuran video asli 15MB menjadi 450MB, atau hampir 30 kali lebih banyak dari ukuran aslinya.

Keberadaan aplikasi semacam ini sangat membantu bagi seseorang seperti contoh aplikasi office wps dapat membuat laporan dan fungsinya sama dengan Microsoft offie yang tersedia di pc / laptop. Tidak hanya itu banyak aplikasi yang sangat membantu.

Teknologi juga mengenali istilah kompres, yang berarti kita mengurangi ukuran file. Kompres biasanya dilakukan untuk menghemat penyimpanan memori perangkat kita baik penyimpanan ponsel maupun laptop. Karena coba bayangkan jika satu file berukuran 10MB dan ada 5 file yang sudah 50MB dan sangat boros penyimpanan.

bayangkan jika video 450mb yang saya unggah ke youtube akan sangat, sangat merugikan terutama jika saya hanya memiliki akses internet biasa-biasa saja

Dari sana saya berpikir bagaimana cara mengurangi ukuran file video dari yang semula besar menjadi lebih kecil lagi sehingga nantinya tidak akan mengambil kuota terlalu banyak jika saya mengunggahnya ke youtube atau setidaknya tidak memakan banyak penyimpanan file. ruang pada hard disk.

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran video, yaitu: Cara pertama mengecilkan ukuran video di Android dan cara kedua untuk mengurangi ukuran video di PC atau komputer.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara, yaitu bagaimana cara mengurangi ukuran video menggunakan Android dan bagaimana cara mengurangi ukuran video .

Bagi Anda yang ingin kompres jangan khawatir karena sekarang foto, video, bahkan dokumen file pdf dapat dikompresi. Dengan bantuan beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan, proses kompresi akan menjadi lebih mudah.

Cara Mengkompress Video di Android tanpa Mengurangi Kualitas Video

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengkompress video di android silahkan lihat penjelasannya berikut ini ya.

1. Yang pertama harus dilakukan adalah download dulu aplikasi nya yaitu Video Converter, Video Compressor – VidCompact  : SILAHKAN DOWNLOAD DI PLAYSTORE

cara kompress video dengan mudah di android

2. Langkah selanjutnya install aplikasi nya kemudian buka.

3. Jika sudah maka langsung saja buka aplikasi nya kemudian pilih dan klik Trim & Compress

4. Jika sudah menemukan video yang pas langsung saja klik video nya lalu kalian bisa atur ingin 240p atau 320p sesuai selera kalian, jika dirasa sudah cocok maka klik sja bagian yang sudah saya tandai untuk memulai menyimpan

5. Selanjutnya ada beberapa pilihan untuk save, kalian pilih saja save to gallery jika ingin memiliki video hasil kompress jika ingin di share di sosial media juga boleh sesuai keinginan anda

6. Jika sudah maka tunggu proses kompressnya. Untuk catatan proses tergantung ukuran video nya juga jika video berukuran besar otomatis proses nya pun akan lebih lama

7. Selesai, video sudah mengalami proses kompress dan ukurannya pun menjadi lebih kecil


Itulah cara mengompres / mengurangi ukuran video dengan mudah di Andorid, metode di atas sangat mudah dilakukan dan juga dapat meminimalkan penyimpanan memori yang penuh karena jika semua video telah dikompres ukurannya akan lebih kecil.

Oke jika langkah-langkah di atas bingung atau ada yang tidak jelas, silakan tanyakan di kolom komentar yang disediakan di bawah ini. Semoga artikel di atas bermanfaat dan semoga membantu. Semoga berhasil!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar