--> Skip to main content

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya - Sepak Takraw merupakan permainan atau olahraga campuran dari bola voli dan sepak bola, permainan ini dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Para pemainnya juga tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.

Berbeda dengan Bola Voli atau Sepakbola, permainan Sepak Takraw ini menggunakan bola yang terbuat dari anyaman rotan. Permainan Sepak Takraw ini berasal dari zaman kesultanan Melayu pada 634-713, dalam bahasa melayu sepak takraw disebut Sepak Raga.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya :

http://dodolanweb.blogspot.com/2014/03/ukuran-lapangan-sepak-takraw-standar.html

Panjang Lapangan Sepak Takraw : 13,42 meter.
Lebar Lapangan Sepak Takraw : 6,10 meter.
Lebar Garis Batas Sepak Takraw : adalah garis (lines) yang lebarnya+ 5 cm.

Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Takraw :
Ditengah sebuah lapangan ada lingkaran yaitu tempat melakukan sepakan permulaan (service). dengan garis tengah lingkaran 61 cm.

Garis seperempat lingkaran Lapangan Sepak Takraw :
Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengan jari-jari 90 cm.

Jaring (net) Sepak Takraw :
Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm.
Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat dengan tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.

Tiang Lapangan Sepak Takraw :
Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.
Tinggi tiang Lapangan Sepak Takraw : 1,55 meter untuk laki-laki dan 1.45 meter untuk perempuan.

Bola Sepak Takraw :
Terbuat dari bahan rotan atau fiber.
Lingkaran bola 41 sampai 43 cm.

sumnber : wadahgambarku.blogspot.com

Ukuran Lapangan sepak Takraw di atas merupakan standar nasional maupun Internasional, semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda sebagai Referensi tambahan tentang Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar