--> Skip to main content

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya menyukai olahraga ini. Sepak bola adalah olahraga yang sederhana namun butuh konsentrasi.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional
Ukuran lapangan sepak bola
Banyak sebagian orang yang berprofesi sebagai atlet sepak bola, atau hanya sekedar hobi saja. Sepak bola juga tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja, karena banyak perempuan yang juga memainkan olahraga ini.

Olahraga ini juga tidak membutuhkan peralatan yang banyak, cukup satu bola, 2 buah gawang dengan lapangan terbuka, serta dimainkan 11 orang dalam 1 tim. Sedangkan ukuran lapangan sepak bola sendiri cukup luas.

Olahraga nomor satu di dunia ini memiliki organisasi sepak bola yaitu FIFA. FIFA sendiri juga mengeluarkan peraturan mengenai sepakbola, tidak terkecuali ukuran lapangan sepak bola. Dimensi ukuran lapangan sepak bola memiliki garis tengah yang harus berukuran lebih panjang dengan panjang garis gawang.

Panjang garis tengah yang berada di tengah lapangan sepak bola berukuran maksimal 120 meter. Sedangkan ukuran minimalnya yaitu 90 meter. Untuk lebar lapangan, memiliki ukuran maksimal 90 meter dan minimal 45 meter.

Panjang dan lebar lapangan sepak bola standar FIFA

Namun untuk standar FIFA, ukuran panjang maupun lebar lapangan sepak bola internasional berbeda. Yaitu :
  • Ukuran maksimal panjang lapangan sepak bola internasional yaitu 110 meter.
  • Sedangkan ukuran minimal panjangnya yaitu 100 meter.
  • Ukuran maksimal lebar lapangan sepak bola internasional yaitu 75 meter.\
  • Sedangkan ukuran lebar minimalnya yaitu 64 meter.
Permukaan lapangan sepak bola harus rata dan tidak boleh bergelombang. Dalam peraturan FIFA untuk pertandingan internasional, lapangan sepakbola sebenarnya boleh menggunakan permukaan buatan ataupun alami. Namun apabila menggunakan permukaan buatan, warna lapangan harus tetap hijau.

Tanda garis lapangan

Beberapa tanda yang terdapat dalam lapangan sepak bola :
  • Lingkaran yang terdapat pada tengah lapangan memiliki radius 9,15 meter.
  • Lapangan sepak bola dibagi menjadi dua bagian, yang membatasi yaitu garis tengah pada lapangan.
  • Lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang serta ditandai menggunakan garis-garis (biasanya berwarna putih).

Daerah gol

Daerah gol area garis tengah bagian dalam ditarik dari sisi sudut kanan dan kiri gawang sepanjang 5,5 meter. Lalu garis-garis tersebut meluas hingga ke arah lapangan sepak bola dengan ukuran 5,5 meter. Kemudian tarik semua garis antar sudut dan membentuk persegi panjang.

Ukuran kotak penalty

Untuk daerah penalty sendiri yaitu, dua garis ditarik dari sisi sudut kiri dan kanan gawang sepanjang 16,5 meter. Selanjutnya garis-garis ini diperluas ke arah lapangan sepakbola dengan ukuran 16,5 meter. Lalu tarik semua garis antar sudut hingga membentuk persegi panjang. Wilayah yang dibatasi dengan garis tersebut dan garis gawang merupakan daerah penalty.

Jarak titik penalty

Dalam sebuah daerah penalty, terdapat titik yang digunakan guna menendang saat pelanggaran terjadi pada daerah tersebut. Titik tersebut memiliki ukuran 11 meter, serta terdapat sebuah lingkaran dari titik penalty dengan jari-jari 9,15 dan hanya berada di luar daerah penalty.
Pada sebuah lapangan sepak bola, terdapat 4 tiang yang berguna untuk menandakan terjadinya tendangan corner. Tiang tersebut memiliki ukuran panjang 1,5 meter dan harus ditempatkan di setiap sudut lapangan.

Ukuran gawang sepak bola standar internasional

Gawang yang digunakan sebagai peralatan permainan sepakbola terbuat dari logam ataupun bahan lain berbentuk persegi, bulat, atau persegi panjang. Dodolanweb.blogspot.com menginfokan gawang yang digunakan harus berwarna putih. Panjang gawang memiliki ukuran 7,32 meter serta lebar 2,44 meter.
Dan untuk hal utama dalam permainan sepak bola adalah bola sepak. Berikut ini merupakan standarisasi kualitas bola yang dilakukan pada setiap pertandingan resmi internasional oleh FIFA.

  • Berat bola sepak tidak boleh kurang dari 410 gram.
  • Berat bola sepak tidak boleh lebih dari 450 gram.
  • Diameter lingkaran bola sepak tidak boleh kurang dari 68 cm.
  • Diameter lingkaran bola sepak tidak boleh melebihi 70 cm.
  • Tekanan udara pada bola sepak harus berada pada 6000-1.100 gram.
Ukuran lapangan sepak bola di atas tadi hanya sedikit informasi yang disampaikan oleh bacaan sekolah. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar seluk beluk dari sepak bola dan jangan lupa jayakan persepak bolaan dalam negeri indonesia.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar