--> Skip to main content

Tips Cara Menyetel Karburator atau Setting Karburator

Tips Menyetel Karburator atau Setting Karburator - Karburator merupakan salah satu bagian penting dari suatu kendaraan. Jika karburator kita dalam keadaan bersih dan settingannya bagus maka kendaraan kita akan enak untuk dikendarai.

          Sebelum anda menyetel karburator anda harus mengetahui peran 3 skrup yang penting untuk membuat mesin bensin dapat bekerja dengan optimal. Berikut ini beberapa tips untuk setting atau menyetel karburator.

Cara Menyetting Menyetel Karburator yang benar
Cara Menyetting Menyetel Karburator

Cara Menyetel Karburator :

- Yang pertama kendorkan sekrup idle up namun AC dihidupkan. Penyetelan Karburator berhenti saat sekrup saat sekrup tidak dapat merendahkan RPM mesin lagi.

- Turunkan Sekerup RPM mesin sampai kurang lebih 500, namun jangan sampai mati.

- Yang ketiga yaitu menyetel sekrup idle atau campuran dari bensin dan udara. Kemudian Putar sekrup idle ini ke arah kiri hinggar hampir mati. Setelah itu kembali putar ke arah kanan hingga nyaris mati. Kemudian cari RPM tertinggi dengan cara memutar sekrup secara perlahan  - lahan. Karena pada posisi tersebut merupakan campuran udara dan bensin terbaik.

- Langkah selanjutnya yaitu, setelah sekrup mencapai RPM hingga 700, 800, atau 900 sesuai dengan standart pada pembuat mesin.

- Kemudian kita menyetel sekrup idle up AC. Langkah pertama Hidupkan AC  dan pasti kalau RPM sudah berkurang dan turun dari semula. Selanjutnya setting sekrup idle up hingga mencapai RPM (sekitar 900 atau 1000).

- Langkah yang terakhir adalah Coba anda matikan AC, apakah RPM idle ke RPM yang sudah Anda inginkan.

Demikian Cara Menyetel Karburator atau Setting Karburator, semoga artikel menyetel karburator ini dapat bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar