Skip to main content

Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contohnya

Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya. Jenis sumber daya alam masih dipertanyakan oleh banyak orang, ini karena mereka tidak tahu pasti apa yang termasuk dalam jenis sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sumber daya yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang ada di dunia ini. Tanpa sumber daya alam, manusia tidak bisa hidup. Itu karena semua kebutuhan manusia sudah disediakan oleh alam. Manusia juga bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam dan sumber daya alam di dalamnya. Namun yang disayangkan saat ini adalah banyak manusia merusak kelestarian alam. Alam yang rusak, sumber daya alam yang tersedia lebih sedikit.

Jenis sumber daya alam masih dipertanyakan oleh banyak orang, ini karena mereka tidak tahu pasti apa yang termasuk dalam jenis sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sumber daya yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang ada di dunia ini.

Pengertian Sumber Daya Alam

Yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam dapat dalam bentuk apa pun dan dapat ditemukan di mana saja. Sumber daya alam dapat ditemukan di tanah, air, udara dan banyak lainnya. Sedangkan untuk bentuk sumber daya alam dapat berupa barang, benda, fenomena, atmosfer, udara dan sebagainya. Pada dasarnya, sumber daya alam yang diciptakan oleh Tuhan bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia dan kesejahteraan umat manusia.

Tetapi itu tidak berarti bahwa manusia dapat mengambil sumber daya alam sesuka mereka. Manusia tidak dapat secara sewenang-wenang mengambil sumber daya alam yang ada, terutama sumber daya alam, yang mudah habis dan tidak dapat diperbarui. Selain itu, manusia tidak dapat menikmatinya secara berlebihan, ketika mereka akan menggunakan sumber daya ini, lebih baik bagi manusia untuk mencoba dan berpikir bagaimana menggunakan sumber daya ini dengan bijak sehingga kehidupan terus berlanjut dan sumber daya alam itu akan tetap ada.

Pengelompokan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam di bumi ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Tidak semua orang Indonesia tahu sumber daya alam apa yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah pengelompokan sumber daya yang harus diketahui:

1. Berdasarkan Jenis - Sumber daya alam menurut jenisnya diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:


  • Sumber daya alam hayati. Sumber daya alam ini adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati juga termasuk dalam komponen biotik yang terdiri dari hewan, tumbuhan dan juga mikroorganisme.
  • Sumber daya alam abiotik. Sumber daya alam ini terdiri dari benda mati dan tidak memiliki kehidupan. Contoh dari sumber daya ini adalah penambangan, air, udara dan juga batu. Sumber daya ini jika diklasifikasikan sebagai sumber daya tidak terbarukan.


2. Berdasarkan sifatnya - Sumber daya alam di dunia juga dibedakan oleh alam, sifat-sifat ini didasarkan pada pembaruan sumber daya ini. Berikut ini adalah berbagai jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya:


  • Dapat diperbarui. Salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya terbarukan. Contoh sumber daya alam terbarukan adalah air, tanaman, hasil hutan dan banyak lainnya.
  • Tidak dapat diperbarui Sumber daya alam berdasarkan sifatnya tidak terbarukan. Sumber daya alam ini tidak dapat didaur ulang dan hanya dapat digunakan sekali. Sumber daya akam juga tidak dapat dilestarikan sehingga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui akan dengan mudah punah jika jumlahnya habis. Sebagian besar sumber daya alam tidak terbarukan adalah bahan tambang, misalnya minyak, gas, batubara, timah dan produk pertambangan lainnya.
  • Tidak terbatas jumlahnya. Sumber daya alam ini adalah sumber daya alam yang akan selalu ada dan jumlahnya tidak terbatas. Sumber daya alam Sunber akan selalu ada selama bumi ini masih ada. Contoh sumber daya alam tak terbatas adalah aliran air laut, udara dan juga sinar matahari.


3. Berdasarkan Kegunaan - Berdasarkan kegunaannya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua jenis. Berikut ini adalah jenis sumber daya alam berdasarkan penggunaan sumber daya alam ini:


  • Penghasil bahan baku. Sumber daya alam berdasarkan penggunaannya adalah sebagai produsen bahan baku. Sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku adalah sumber daya alam yang digunakan sebagai barang lain baik dari segi bentuk maupun fungsinya. Jadi nilai jual atau kegunaan barang akan lebih tinggi. Contoh sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan baku adalah hasil hutan, barang tambang, produk pertanian dan banyak lainnya.
  • Penghasil energi Sumber daya alam juga dapat digunakan sebagai penghasil energi. Sumber daya alam penghasil energi adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi dan juga untuk menghasilkan energi. Sumber daya alam ini digunakan untuk kepentingan manusia di bumi ini. Contoh sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai penghasil energi dan menghasilkan energi adalah gelombang, panas yang ada di bumi ini, arus sungai, sinar matahari di muka bumi, minyak bumi, gas alam dan sebagainya.


Sumber daya alam

Sumber daya alam hayati di Indonesia memiliki berbagai contoh. Contoh dari banyak sumber daya alam sudah diketahui banyak orang. Berikut ini adalah contoh sumber daya alam hayati yang harus diketahui:

1. Hewan

Hewan adalah sumber daya alam dengan jenis biologis. Sumber daya alam hayati telah menjadi inspirasi bagi film-film Hollywood untuk menciptakan sumber daya alam hayati dengan spesies hewan yang punah beberapa tahun yang lalu, film tersebut adalah Taman Jurrasic. Pada hewan sumber daya alam hayati dikelompokkan menjadi dua jenis kelompok hewan, hewan liar atau liar dan peliharaan. Definisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hewan liar adalah hewan yang tumbuh dan berkembang liar di tengah-tengah alam semesta ini. Hewan memiliki kebebasan untuk bergerak, mencari makanan di tengah alam semesta dan juga mampu berkembang biak sehingga spesiesnya tidak punah.
  • Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara, mereka tidak bebas bergerak dan untuk makanannya pemilik hewan telah menyiapkannya sehingga hewan tidak perlu repot mencari makanan. Manusia yang memelihara hewan peliharaan memiliki beragam minat, mulai dari sekadar hobi para pecinta binatang, sebagai cara mencari untung atau melindungi hewan-hewan ini agar spesiesnya tidak punah. Untuk mendapatkan manfaat dari manusia, mereka dapat menjual dan membeli hewan yang mereka jaga selama hewan itu bukan hewan langka yang dilindungi oleh negara. Jika ini dilakukan oleh manusia, itu melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.


2. Tumbuhan

Tumbuhan juga sumber daya alam hayati di dunia ini. Tumbuhan diciptakan untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tanpa tanaman manusia tidak dapat hidup. Itu karena semua makhluk hidup bergantung pada tanaman. Hewan dan manusia tidak dapat hidup tanpa tanaman tetapi sebaliknya, tanaman dapat hidup secara mandiri tanpa hewan dan manusia. Itu karena tanaman dapat membuat makanan sendiri.

3. Mikroorganisme

Mikroorganisme juga sumber daya alam hayati, karena mikroorganisme adalah makhluk hidup yang ada di dunia ini. Sehingga mikroorganisme tersebut disebut dalam sumber daya alam hayati. Mikroorganisme sangat berperan dalam membuat makanan dan minuman tradisional. Contoh mikroorganisme yang termasuk dalam sumber daya alam hayati adalah saccharomyces sp. Jamur bermanfaat untuk membuat minuman beralkohol. Mikroorganisme dengan jenis aspergillus sp juga memiliki peran dalam pembuatan makanan tradisional seperti tape. Jamur dan bakteri termasuk dalam mikroorganisme yang dibutuhkan dalam pembuatan makanan dan minuman yang menghasilkan bakteri probiotik. Makanan dan minuman yang membutuhkan bantuan oleh jamur dan bakteri adalah pembuatan susu yang rasanya asam dan juga membuat nata de coco atau jelly nata.

Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati di dunia ini memiliki berbagai manfaat. Berikut ini adalah berbagai manfaat sumber daya alam hayati yang harus kita ketahui:

1. Ekonomi - SDA alami di bidang ekonomi memiliki manfaat, misalnya hewan dengan berbagai jenis ikan yang memiliki kekuatan untuk menjual ekspor seperti tuna dan cakalang memiliki nilai jual yang tinggi, tidak hanya itu jenis udang windu juga memiliki tinggi nilai ekonomi. Kegiatan ekspor akan menguntungkan bagi Indonesia karena Indonesia akan mendapatkan devisa yang tinggi. Nilai ekonomi tanaman diperoleh dari berbagai jenis tanaman di hutan. Indonesia kaya akan flora dan fauna. Flora seperti pohon pinus dan resin dapat menghasilkan getah di mana getahnya dapat dijual dan dibuat menjadi berbagai jenis produk olahan. Getah yang diperoleh dari pohon pinus dan pohon damar dapat digunakan sebagai minyak terpentin. Tanaman dengan obat jenis ini juga akan memiliki nilai ekonomis jika dijual di pasar lokal atau di pasar nasional.

2. Bidang Biologi - Dalam hal biologi, SDA biologis memiliki manfaat sebagai penopang kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Sumber daya alam dengan tanaman dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Tidak hanya itu, tanaman juga menghasilkan makanan yang kemudian dibutuhkan oleh makhluk hidup lain seperti hewan dan manusia. Manfaat tanaman di hutan dan di pantai ada di sana untuk melindungi tanah dari erosi dan abrasi pantai. Selain itu, manfaat terbesar tanaman adalah menyimpan cadangan air tanah yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Banyak pertanian dan pertanian di Indonesia menggunakan sumber daya alam. Berbagai jenis makanan dan pakaian juga diperoleh dari budidaya hewan dan tumbuhan yang ada. Hewan dan tumbuhan memang dibudidayakan dan digunakan sebagai pencapaian kesejahteraan manusia di muka bumi ini.

3. Untuk Lingkungan - SDA alami memiliki manfaat bagi lingkungan karena SDA alamiterdiri dari komponen biotik dan ekosistemnya. Tumbuhan hijau yang termasuk dalam komponen biotik memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri dan dapat menghasilkan makanan untuk makhluk lain. Untuk lingkungan, tanaman akan membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Fotosintesis sangat bermanfaat bagi lingkungan. Hal itu dikarenakan tumbuhan bisa mengubah karbondioksida yang masuk melalui mulut daun kemudian diubah menjadi oksigen dan makanan. Nantinya oksigen dan makanan yang dihasilkan oleh tumbuhan bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya.

Sumber Daya Alam Abiotik

Abiotik adalah sumber daya alam yang tidak hidup, mereka tidak bisa bergerak, tidak membutuhkan makanan dan tidak bisa berkembang biak. Sumber daya alam abiotik ada di permukaan bumi tetapi tidak hidup. Berikut ini adalah contoh sumber daya alam abiotik

1. Tanah

Tanah adalah jenis sumber daya alam yang berada di atas lapisan atas bumi, tanah terbentuk dari berbagai jenis batuan pelapukan dan juga bahan organik yang telah dihancurkan dan mati oleh proses alami. Tanah termasuk dalam sumber daya alam abiotik dan dapat diperbarui. Itu karena tanah terbentuk dari limbah material makhluk hidup yang telah mati, misalnya ranting, daun, ranting pohon, binatang dan juga tubuh manusia yang telah dideskripsikan oleh cacing dan rayap. Pada jenis sumber daya alam abiotik, tanah dibagi menjadi dua jenis, yaitu tanah subur dan lahan subur. (baca: polusi tanah)

Tanah yang subur akan membantu kehidupan manusia karena manusia dapat menanam berbagai tanaman yang nantinya dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebaliknya, tanah subur akan ditinggalkan oleh manusia karena tanah itu tidak bisa dimanfaatkan. Tanah saat ini dicari oleh manusia, saat ini karena meningkatnya populasi manusia, harga tanah menjadi mahal. Karena itu tanah akan menjadi aset atau modal dalam kehidupan seseorang. Tanah juga dicari karena dapat digunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan dan banyak lagi.

2. Air

Air adalah SDA biologis yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan merupakan kebutuhan bagi makhluk hidup. Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi ini. Banyak sumber daya air ini berasal dari danau, sungai, dan juga laut. Sayangnya air laut tidak dapat dikonsumsi langsung oleh manusia karena rasanya asin. Air laut yang asin dapat dikonversi menjadi air tawar dengan proses yang panjang. Air yang bisa dikonsumsi manusia adalah air tawar. Di masa lalu banyak orang mengandalkan sungai dan danau untuk menemukan sumber air. Namun, karena era yang semakin maju, orang bisa mendapatkan air dari sumur di rumah mereka. Ketersediaan air juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti cuaca, banyak atau setidaknya pohon dan juga kondisi tanah. Selama musim kemarau sekarang ada banyak sumur kering dan sumber air yang lebih sedikit. Karena itu peran PDAM sangat membantu dalam menyediakan air untuk sumber kehidupan manusia

3. Udara

Udara adalah SDA abiotik yang juga dapat diperbarui. Udara juga merupakan sumber makhluk hidup sehingga tanpa udara makhluk hidup bisa mati. Udara termasuk dalam jenis sumber daya alam yang juga dapat diperbarui. Cara memperbaharui udara SDA adalah dengan melakukan fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman. Udara bersih akan ditemukan di banyak daerah dengan banyak tanaman. Tidak heran udara di pegunungan akan terasa segar dan sejuk karena ada banyak tanaman di pegunungan yang menghasilkan udara segar. Semakin sedikit tanaman yang ada di bumi ini, cuaca akan semakin panas dan udara terasa pengap.ampak polusi udara)

Manfaat Sumber Daya Alam Abiotik

Sumber daya alam abiotik memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah manfaat sumber daya alam abiotik yang harus diketahui masyarakat:

1. Sumber Kehidupan Manusia - SDA Abiotik adalah sumber kehidupan manusia. Itu karena SDA abotik mencakup berbagai jenis yang dibutuhkan oleh kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Misalnya, air, udara, dan tanah. Semua itu dibutuhkan oleh makhluk hidup termasuk manusia. Tanpa mereka, kehidupan manusia tidak dapat terjadi sebagaimana mestinya.

2. Memenuhi Kebutuhan Manusia - Sumber daya alam yang non-biologis atau abiotik, seperti bahan tambang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini adalah contoh bahan tambang yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia:

Minyak mentah. Minyak bumi adalah bahan penambangan yang digunakan sebagai kegiatan industri, memenuhi kebutuhan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh manusia, digunakan sebagai media untuk memasak, terutama untuk kayu dan yang terakhir digunakan untuk menghasilkan listrik bertenaga diesel.
  • Gas alam. Gas alam sekarang semakin sedikit jumlahnya dan gas tidak dapat diperbarui oleh manusia. Itu bisa dilihat dari kelangkaan mencari gas di masyarakat. Fungsi gas bermacam-macam, ada yang digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor, digunakan sebagai media untuk memasak di rumah tangga dan dapat digunakan sebagai generator listrik yang lebih efektif karena tidak akan menimbulkan polusi.
  • Batu bara. Batubara dapat digunakan untuk bahan bakar untuk memasak, pembangkit listrik dan juga untuk industri.

Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui
Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui sama dengan sumber daya alam hayati yaitu tumbuhan, hewan dan juga mikroorganisme. Hasil hutan juga merupakan contoh dari SDA yang dapat diperbarui. SDA ini meski diambil dalam jumlah yang banyak tidak akan habis asalkan manusia tahu bagaimana cara bijak untuk mengambil SDA tersebut, jangan rakus dan tamak sebab meski dapat diperbarui hewan dan tumbuhan tertentu bia menjadi SDA yang tidak dapat diperbarui karena spesiesnya telah punah. SDA yang dapat diperbarui namun lama kelamaan bisa menjadi SDA yang tidak dapat diperbarui adalah hewan dan tumbuhan yang di ambang kepunahan sementara pelestariannya masih suaah untuk dilakukan.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang jika habis tidak akan bisa diperbarui lagi. Contoh dari sumber daya ini adalah bahan-bahan tambang. Bahan tambang yang ada di Indonesia ini jika digunakan secara tidak bijak dan terjadi penggunaan bahan tambang itu secara berlebihan akibatnya adalah bahan tambang itu akan semakin habis. Sebagai contohnya adalah saat ini banyak warga Indonesia yang memiliki kendaraan bermotor baik itu motor, mobil dan masih banyak lagi lainnya. Jumlah kendaran bermotor yang meningkat membuat konsumsi akan BBM juga akan semakin meningkat. Akibatnya adalah BBM sempat langka dan beberapa tahun kemudian bisa habis. Begitupula dengan gas alam, batu bara dan masih banyak lagi lainnya.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Terbatas Jumlahnya
Selain kedua jenis SDA tersebut ( dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui ) masih ada jenis SDA berdasarkan dengan sifatnya yaitu SDA yang jumlahnya tidak terbatas. Manusia setiap hari bisa merasakan secara langsung SDA yang tidak terbatas tersebut. Berikut ini adalah contoh SDA yang tidak terbatas jumlahnya yang harus diketahui :

1. Sinar Matahari – Sinar matahari merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya. Lihatlah saat siang hari atau pagi hari, kita bisa merasakan secara langsung sinar matahari tersebut. Matahari akan menjadi sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya sebab matahari akan selalu ada selama bumi masih ada. Sebab matahari akan selalu mengikuti bumi.

2. Air Laut – Air laut tidak akan pernah mengering, air laut melimpah bahkan mungkin volumenya akan bertambah karena efek global warming yang ada di bumi seperti saat ini. Global warming membuat es di kutub mencair dan es yang mencair itu membuat volume air laut menjadi meningkat tajam. Ketika es kutub mencair semua, dunia ini akan tenggelam. Oleh sebab itulah kita diharapkan untuk bisa mencegah pemanasan global agar tidak bekelanjutan sehingga es di kutub tidak semakin mencair akibat kerusakan ozon.

3. Udara – Udara tidak akan pernah habis sebab jumlahnya tidak terbatas. Udara bisa berubah kualitasnya. Memang udara banyak namun udara yang masih bersih dan segar masih banyak pulakah?. Kualitas udara ditentukan dengan kondisi alam sekitarnya, keramaian, tumbuhan dan masih banyak lagi lainnya.

Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku
SDA penghasil bahan baku merupakan SDA yang bisa diolah menjadi barang lain yang lebih berkualitas. Contoh dari SDA ini adalah sebagai berikut ini:

  • Dengan bahan baku pertanian seperti padi bisa menjadi produk lain seperti tepung beras. Banyak kue dan makanan yang bisa dibuat menggunakan tepung beras sehingga tepung beras akan memiliki nilai yang lebih dibandingkan saat menjadi beras.
  • Bahan baku seperti singkong bisa diubah menjadi tepung singkong yang bisa digunakan untuk membuat aneka olahan.
  • Haasil hutan banyak sekali jenisnya contohnya adalah rotan dan damar. Rotan dan damar merupakan bahan baku untuk pembuatan minyak terpentin, saat menjadi minyak terpentin harga akan menjadi lebih tinggi.


Sumber Daya Alam Penghasil Energi
SDA ini merupakan SDA yang bisa digunakan sebagai penghasil energi yang bisa digunakan manusia dan membantu kehidupan manusia. Berikut ini adalah contoh SDA yang bisa menghasilkan energi :

  • Sinar matahari bisa menghasilkan energi listrik ketika digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Matahari.
  • Minyak bumi juga bisa digunakan sebagai penghasil energi sepeda kendaraan bermotor.
  • Gas alam bisa digunakan sebagai penghasil energi, ketika kita sedang memasak menggunakan kompor gas kita akan membutuhkan gas alam tersebut. Tidak hanya itu saja tabung gas juga bisa digunakan sebagai energi untuk pembangkit listrik.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar