--> Skip to main content

15 Rantai Makanan di Ekosistem Sawah Paling Lengkap

Rantai Makanan di Sawah. Di setiap ekosistem, baik ekosistem alami maupun ekosistem buatan, kita pasti akan menemukan nama rantai makanan. Rantai makanan itu sendiri adalah transfer energi makanan dari sumber daya tanaman melalui tingkat makanan. Rantai makanan adalah bagian dari jaring makanan di mana rantai makanan bergerak secara linier dari produsen ke konsumen teratas. Baca juga tentang contoh rantai makanan di darat.

Karena termasuk dalam ekosistem buatan, keanekaragaman hayati ekosistem sawah ini cukup rendah. Ini karena berbagai jenis tanaman yang tumbuh di ekosistem ini didominasi oleh tanaman padi, sehingga orgasme pada tingkat trofik berikutnya juga termasuk dalam orgasme pemakan beras. Baca juga tentang contoh rantai makanan di kawasan hutan.

Apakah Anda semua pernah ke sawah? Bagi Anda yang telah turun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada ekosistem yang terjadi di sawah yang tidak Anda perhatikan. Ekosistem padi ini adalah ekosistem buatan manusia yang digunakan untuk budidaya padi. Baca juga tentang contoh rantai makanan di kolam.

Setelah ini, penulis akan memberikan beberapa contoh rantai makanan di ladang. Selain menambah wawasan juga untuk menumbuhkan kecintaan kita pada alam, teman. Mari kita simak bersama-sama presentasi berikut ini.


  • Energi matahari → rumput →  siput → bebek → manusia → pengurai
  • Energi matahai → rumput → keong mas → burung → elang → pengurai
  • Energi matahari → rumput → keong mas → burung → elang → pengurai
  • Energi matahari → rumput → tutut → manusia → pengurai
  • Energi matahari → serangga → belut → manusia
  • Energi matahari → padi → burung pemakan biji → ular sawah → elang → pengurai
  • Energi matahari → rumput → serangga → tikus → ular sawah → pengurai
  • Energi matahari → padi → tikus → elang → pengurai
  • Energi matahari → padi → serangga → katak → ular sawah → elang → pengurai
  • Energi matahari → padi → keong mas → katak → ikan → ular sawah →  pengurai


Itulah beberapa contoh rantai makanan yang bisa anda lihat di ekosistem sawah ya sobat. Akan tetapi rantai makanan seperti ini umumnya terjadi di sawah hanya pada saat musim tanam saja, karena tanaman padi yang baru ditanam adalah makanan terbaik yang dipilih oleh keong mas yang sudah dewasa. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di hutan.

Sedangkan keong emas sendiri ketika bertelur akan dimakan oleh katak, dan demikian pula dengan katak yang ada di sekitar sungai adalah mangsa empuk bagi ikan sedangkan ikan adalah makanan yang enak untuk ular padi dan ular sawah itu sendiri adalah organisme tingkat trofik tertinggi, yang baru akan melanjutkan rantai makanan setelah mati dan meluruh oleh pengurai. Baca juga tentang contoh rantai makanan di sungai.

Dapat disimpulkan bahwa pembahasan artikel di atas mengenai contoh rantai makanan di sawah, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari-hari. Sampai disini dulu, sobat, berdiskusi tentang contoh rantai makanan di sawah. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Sampai jumpa lagi lain kali jika artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar