--> Skip to main content

Pengertian Pelaku Ekonomi, Peran dan Macam-macam Pelaku Ekonomi

Berikut ini adalah pembahasan tentang pelaku ekonomi yang meliputi pengertian pelaku ekonomi, macam macam pelaku ekonomi, jenis jenis pelaku ekonomi, peran pelaku ekonomi, peran pelaku kegiatan ekonomi, peran rumah tangga konsumen, peran rumah tangga produsen, peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi, peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.

Jika kita mengamati kehidupan di sekitar kita, dapat kita temukan bahwa aktivitas manusia sehari-hari senantiasa berkaitan erat dengan kegiatan pokok ekonomi, yakni kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Perhatikan baik-baik apa yang dilakukan orang-orang di sekitar kalian setiap pagi sampai petang. Semuanya berkaitan dengan kegiatan pokok ekonomi tersebut, bukan?

Pengertian Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah individu-individu atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi, maupun konsumsi. Yang berperan dalam pelaku ekonomi adalah rumah tangga, masyarakat, perusahaan/sektor usaha dan pemerintah.

Macam-macam Peran Pelaku Ekonomi

Berikut ini merupakan para pelaku ekonomi beserta perannya masing-masing
  1. Peran keluarga sebagai pelaku ekonomi
  2. Peran Masyarakat sebagai peaku ekonomi
  3. Peran Perusanaan sebagai pelaku ekonomi
  4. Peran koperasi sebagai pelaku ekonomi
  5. Peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi

Para Pelaku Ekonomi beserta Perannya masing-masing
Bagan: Para Pelaku Ekonomi beserta Perannya masing-masing

Peran Pelaku Ekonomi

Secara umum peran para pelaku ekonomi adalah sebagai penggerak kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adi dan merata.
Baca juga: Kepedulian Terhadap Sumber Daya
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar