Skip to main content

Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya

Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya. Dalam hal kebutuhan, ia memiliki makna luas dengan berbagai kebutuhan dan contoh masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan bisa dalam bentuk makanan seperti nasi, lauk pauk, bisa juga berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan juga dalam bentuk layanan seperti menonton bioskop , naik bus dan bantuan medis dan bantuan hukum seperti pengacara. Lalu apa sebenarnya yang dibutuhkan? ... Apa Definisi Kebutuhan? .. Kebutuhan menurut beberapa ahli mengatakan bahwa Pengertian Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia membuktikan bahwa kebutuhan manusia juga beragam.

Apa hasil yang akan terjadi jika kebutuhan manusia terpenuhi? Dengan kemampuan kita untuk memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup manusia, dan dengan terpenuhinya semua kebutuhan manusia, akan membuat kelangsungan hidup umat manusia makmur. Dari uraian di atas, dapat disebabkan bahwa kebutuhan mencerminkan perasaan kekurangan pada manusia yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu mereka merasa kekurangan. Orang lapar ingin makan. Orang haus ingin minum dan orang sakit ingin sembuh dan orang bodoh ingin menjadi pintar. Kebutuhan mencerminkan kurangnya perasaan yang ingin dipenuhi pada manusia.

Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya

Macam-Macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya 


Beragamnya kebutuhan manusia dapat di klasifikasikan menurut tolak ukur tertentu. Oleh karnanya kebutuhan terbagi atas beberapa kelompok antara lain sebagai berikut.. 

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan
  • Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama untuk dipenuhi yakni makanan, pakaian dan perumahan.  Contohnya : Baju , Makanan, tempat tinggal atau rumah. 
  • Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan agar kehidupan manusia dapat berjalan baik. Contohnya : peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, meja, kursi, radio, buku alat tulis dan komputer serta masih banyak lagi 
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bertuju kepada kebutuhan mewah. Kebutuhan dapat terjadi jika kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contohnya : Mobil ferrari, berwisata ke luar negeri, kapal pesiar, apartemen, pesawat pribadi, pulau pribadi, helikopter pribadi. 


Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Waktunya
  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang atau tidak dapat ditunda-tunda. Contohnya : obat, operasi. 
  • Kebutuhan Yang Akan Datang/Masa Depan :Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda, tetapi harus dipersiapkan dari sekarang. Contohnya : tabungan, Perlengkapan bayi bagi wanita hamil, Orang tua mempersiapkan pemenuhan anaknya yang akan masuk kedunia pendidikan, Asuransi. 
  • Kebutuhan Tidak Terduga : Kebutuhan tidak terduga adalah pemenuhan kebutuhan yang datang secara tiba-tiba. Contohnya : konsultasi kesehatan. 


Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya 
  • Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan manusia dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, dan pakaian.
  • Kebutuhan Rohani : Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca buku, serta berkumpul dengan orang tua. 


Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek yang ditubuhkan
  • Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang diperuntukkan bagi perorangan(individu). Contohnya : kebutuhan cleaning service  dengan kebutuhan tentara, kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan. 
  • Kebutuhan Kolektif/Kelompok : Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contohnya : Pasar, jalan, rumah sakit, jembatan, angkutan umum, dan sekolah

Demikian pembahasan definisi dan macam-macam kebutuhan dan contohnya, semoga artikel ini diterima dan bermanfaat teman. Sebelum mengucapkan selamat tinggal, jika Anda dapat berbagi teman dengan teman-teman yang belum mendapatkan Pengertian dan Jenis Kebutuhan dan Contoh. Saya akhiri dengan menyapa. "Salam, Bagikan Teman"
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar