--> Skip to main content

Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi beserta Contohnya

Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi beserta Contohnya. Tanpa energi Anda tidak dapat melakukan bisnis. Dan dari mana ia mendapatkan energi? ... Energi dapat digunakan dan makanan. Sekarang, apa yang Anda pikirkan tentang energi dalam makanan? Dalam kehidupan sehari-hari Anda tidak dapat melarikan diri dan membutuhkan energi untuk melakukan bisnis. Kegiatan seperti pergi ke sekolah, berolahraga, belajar, dan bermain membutuhkan energi. Memahami Energi dan Bentuk Energi. Energi berasal dari bahasa Yunani dan "energia" yang berarti aktivitas atau aktivitas. Kata tersebut terdiri dari en (in) dan ergon (work). Jadi, MEMAHAMI ENERGI adalah kemampuan untuk melakukan bisnis / pekerjaan. Dalam satuan SI energi dinyatakan dalam joule (J). Unit energi lainnya adalah kalori (kal). 

James Presecott Joule menunjukkan hubungan antara kalori dan joule, yaitu: 1 kalori 4,18 joule atau 1 joule 0,24 kalori

Bentuk-Bentuk Energi
Bentuk-bentuk energi sangat beragam, di antaranya:
Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi beserta Contohnya


a. Energi Kimia
Perhatikan senter di rumah Anda atau di laboratorium sekolah, lalu nyalakan. Mengapa senter menyala? Lampu senter bisa menyala karena ada sumber energi yaitu batere batere. Baterai batu memiliki energi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari sumber energi kimia meliputi: makanan, bahan bakar minyak, kayu bakar, dan baterai. Jadi, energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa kimia.

b. Energi kinetik
Perhatikan bahwa ketika bola ditendang ke kaca, gelas itu akan pecah. Mengapa demikian? Bola yang bergerak memiliki energi kinetik sehingga dapat memecahkan kaca. Jadi, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh objek yang bergerak. Misalnya memindahkan mobil, meniup angin, dan baling-baling kipas yang bergerak.

c. Energi listrik
Energi listrik muncul dan transfer muatan listrik. Listrik adalah salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Misalnya, listrik untuk peralatan rumah tangga (toples ajaib, setrika, kompor listrik), peralatan elektronik, dan penerangan.

d. Energi panas
Energi listrik dapat diubah menjadi energi panas / panas. Misalnya pada setrika listrik, kompor listrik, solder listrik, dan pengering rambut.

e. Energi Cahaya
Perhatikan kamarmu malam ini han. Tanpa lampu, ruangan akan menjadi gelap. Tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apa pun. Kita bisa melihat karena ada sumber cahaya atau benda yang memantulkan cahaya ke mata kita. Selain itu, cahaya juga dibutuhkan oleh tanaman. Sumber energi cahaya meliputi: sinar matahari dan cahaya.

f. Energi Otot
Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot-otot tubuh. Manusia dan hewan dapat menggerakkan organ mereka untuk melakukan aktivitas karena mereka memiliki energi otot.

g. Energi Suara
Energi suara adalah energi yang dihasilkan oleh getaran benda. Misalnya, suara bel listrik, suara orang berbicara, dan suara alat musik.

Suara memungkinkan kita untuk menikmati suara musik merdu, karena energi suara mampu menggetarkan gendang telinga sehingga suara dapat didengar. Suara berenergi, buktinya suara petir bisa memecahkan kaca jendela.

h. Energi nuklir
Energi nuklir terjadi karena reaksi fisi atau fusi dalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir dapat digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.

i. Energi potensial
Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena lokasinya atau posisinya. Semua benda yang berada di atas permukaan bumi memiliki energi potensial karena gravitasi Bumi. Misalnya, mangga di pohon.

Begitu banyak artikel tentang memahami energi dan bentuk-bentuk energi, semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar