--> Skip to main content

Pengertian dan Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya serta Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam

Berikut ini adalah Pembahasan tentang kelangkaan sumber daya yang meliputi pengertian kelangkaan sumber daya alam, macam macam kelangkaan sumber daya alam, cara mengatasi kelangkaan sumber daya alam, faktor penyebab kelangkaan sumber daya alam, faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan, faktor faktor penyebab kelangkaan, cara mengatasi kelangkaan dalam memenuhi kebutuhan manusia, faktor penyebab terjadinya kelangkaan, contoh kelangkaan sumber daya alam, penyebab kelangkaan sumber daya alam, cara mengatasi kelangkaan sumber daya.

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya

Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan menimbulkan kelangkaan pada sumber daya yang menjadi alat pemuas kebutuhan.
Kelangkaan Sumber Daya adalah suatu bentuk ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan.
Ketika masyarakat memerlukan minyak tanah, sedangkan minyak tanah tidak ada di pasaran, maka dikatakan minyak tanah mengalami kelangkaan.
Contoh Kelangkaan Sumber Daya
Gambar: Contoh Kelangkaan Sumber Daya

Demikian halnya pada musim kemarau banyak masyarakat memerlukan air, tetapi air sulit atau tidak dapat dijumpai. Jika ada bahkan itu pun tidak mencukupi kebutuhan. Hal ini juga disebut sebagai bentuk kelangkaan.

Adapun sumber daya yang sulit didapat sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia disebut sebagai sumber daya langka, di mana menunjukkan keterbatasan sumber daya tersebut, sehingga tidak memenuhi kebutuhan masyarakat.

Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya

Sumber daya langka atau terbatas dapat dikelompokkan menjadi tiga:
  1. Sumber daya alam, misalnya bahan bakar, air, udara, dan bahan tambang lain.
  2. Sumber daya manusia atau tenaga kerja, di mana makin sedikit gaji yang tersedia, maka makin terbataslah sumber daya manusia yang dipekerjakan.
  3. Modal, dapat berupa uang atau barang. Modal dikatakan terbatas karena untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan dalam bentuk biaya.

Apabila sumber daya terbatas, sedangkan kebutuhan banyak, maka harus ada yang dikorbankan untuk pemakaian yang lebih penting.

3 Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya

Usaha manusia untuk mengatasi kelangkaan sumber daya adalah sebagai berikut.
  1. Menyusun skala prioritas, yakni membuat daftar kebutuhan mana yang perlu didahulukan pengadaannya karena dirasa lebih mendesak.
  2. Menggunakan alat pengganti pemenuhan kebutuhan, misalnya kelangkaan minyak tanah diganti dengan arang, kayu bakar, atau gas.
  3. Melakukan penghematan dalam menggunakan sumber daya yang termasuk langka/terbatas.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar