Macam Macam Hormon Manusia dan Fungsinya

Hormon Manusia : Macam Macam dan Fungsinya. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas tentang jenis hormon manusia dan fungsinya. Misalnya, seperti fungsi hormon melatonin, fungsi hormon zeatin, fungsi hormon progesteron dan banyak lagi. Ayo, sobat, mari kita perhatikan dengan seksama. Hormon adalah hasil dalam bentuk bahan kimia yang dihancurkan oleh suatu organ dalam tubuh manusia, yaitu kelenjar endokrin yang berguna untuk memicu fungsi organ lain dalam tubuh manusia.

Hormon diproduksi oleh tubuh secara alami yang juga berfungsi untuk merangsang gerakan organ lain yang ada di tubuh manusia sebagai proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, imunitas tubuh manusia.

Jika Anda berbicara tentang hormon, mungkin bagi sebagian orang itu masih terdengar agak aneh, teman dan bahkan kadang-kadang Anda tidak tahu apa sistem hormon pada manusia dan apa fungsinya dalam tubuh manusia. Sekarang Anda semua yang ingin tahu lebih banyak tentang hormon-hormon ini, ada baiknya Anda semua mendengarkan ulasan berikut ini sehingga pengetahuan dan wawasan Anda akan semakin meningkat, teman. Berikut ini adalah berbagai jenis hormon manusia dan fungsinya. Inilah ulasan untuk Anda:

1. Hormon Kalsitonim

Hormon Kalsitonim ini hadir di kelenjar tiroid. Fungsi daari hormon ini adalah untuk mengurangi kadar kalsium darah dengan menghambat penyerapan kalsium di usus. Selain itu hormon kalsitonim ini juga berfungsi untuk menghambat penyerapan kalsium di ginjal sehingga dapat mempromosikan ekskresi kalsium melalui urin yang dapat mencegah aktivitas oteoclast di tulang dan juga berperan dalam pengaturan vitamin.

2. Hormon adrenokortikotropik

Hormon adrenokortikotropik adalah hormon yang ditemukan dalam komponen aksis hipotalamus - hipofisis - adrenal pada hipofisis anterior. Hormon adrenokortikotropik berfungsi untuk meningkatkan penyerapan lipoprotein ke dalam sel-sel kortikal sehingga lebih banyak kolesterol tersedia untuk mendapatkan sel-sel korteks adrenal. Selain itu, hormon adrenokortikotropik ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai alat untuk mendorong pengangkutan kolesterol dalam mitokondria bagian dalam dan juga dapat merangsang proses hidrolisis.

3. Hormon antidiuretik

Hormon antidiuretik ini ada di hipofisis posterior. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengeluarkan ACTH di hipofisis anterior. Selain itu dapat juga menyebabkan vasokonstriksi ke tingkat menengah dan dapat menyebabkan atau mempengaruhi retensi air di ginjal.

4. Hormon Adiponectin

Hormon adiponektin adalah jenis protein yang berasal dari jaringan adiposa atau lemak dalam tubuh. Fungsinya untuk mengontrol beberapa proses dalam metabolisme seperti pengaturan glukosa dan metabolisme lipid, kemudian mencegah berbagai penyakit, seperti obesitas, penyakit hati berlemak, diabetes tipe 2 dan sebagainya.

5. Hormon kortisol

Hormon kortisol adalah hormon yang ditemukan di korteks adrenal. Hormon kortisol yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan respons ster dan kadar glukokortikoid darah dapat menurun, sebagai pengatur metabolisme glukosa.

6. Hormon Aldesteron (hormon steroid)

Hormon aldesteron adalah hormon yang berada di luar korteks adrenal kelenjar adrenal. Fungsi hormon aldestereon adalah untuk mendorong natrium reabsorsi di ginjal dan dapat meningkatkan volume darah, sehingga pelepasan kalium dan hidrogen bisa melalui ginjal, meningkatkan kadar retensi air, dan meningkatkan kadar tekanan darah.

Begitu banyak informasi tentang jenis hormon manusia dan fungsinya yang bisa saya uraikan pada kesempatan ini, sobat. Sebenarnya masih banyak lagi jenis hormon yang ditemukan dalam tubuh manusia, tetapi kita akan membahasnya di ulasan selanjutnya dengan ulasan yang lebih menarik.

Sampai jumpa lagi, teman dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga ulasan ini dapat membawa banyak manfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Salam hangat selalu dari penulis.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Hormon Manusia dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel