--> Skip to main content

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) : Pengertian, Fungsi, Contoh dan Tujuannya

Hai kali ini tentang pengertian lembaga keuangan non-bank dan misalnya. Ini informasinya. Definisi lembaga keuangan non-bank Menurut Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-38 / MK / IV / 1972, Lembaga keuangan non-bank (LKBB) adalah semua lembaga (badan) yang melaksanakan kegiatan di sektor keuangan yang secara langsung atau tidak langsung mengumpulkan dana dengan menerbitkan surat berharga, kemudian menyalurkannya kepada publik, terutama untuk membiayai investasi di perusahaan.

Bentuk Bisnis Lembaga Keuangan Non-Bank - Bentuk bisnis lembaga keuangan non-bank di Indonesia adalah sebagai berikut.

a. Badan hukum Indonesia yang didirikan oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia dalam bentuk kerjasama dengan badan hukum asing.
b. Badan hukum asing dalam bentuk perwakilan dan lembaga keuangan berdomisili di luar negeri.

Lembaga keuangan non-bank dapat mendorong pengembangan pasar uang dan pasar modal dan membantu memodali sejumlah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha ekonomi yang lemah. Aktivitas bisnis yang dilakukan oleh lembaga keuangan non-bank adalah sebagai berikut.


  • Menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga. bank lainnya.
  • Memberikan kredit jangka menengah dan panjang kepada perusahaan atau proyek yang dimiliki oleh pemerintah maupun swaa.
  • Menjadi peranfara bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan badan hukum pemerintah untuk mendapatkan kredit dan dalam maupun luar negeri.
  • Melakukan penyertaan modal di perusahaan-perusahaandan penjualan saham-saham di pasar modal.
  • Melakukan usaha lain di bidang keuangan setelah mendapat persetujuan Menteri Keuangan.
  • Menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan tenaga ahli di bidang keuangan.

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) : Pengertian, Fungsi, Contoh dan Tujuannya

Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan/Non Bank (LKBB) dan Contohnya

Lembaga Keuangan Non-Bank (LKBB) - Contoh lembaga keuangan non-bank di masyarakat termasuk perusahaan asuransi, koperasi kredit, pegadaian umum, dana pensiun, dan perusahaan leasing. Jenis-jenis lembaga non / non keuangan (LKBB) adalah sebagai berikut ...

A. Asuransi
Definisi Asuransi - Menurut Undang-Undang Hukum Dagang, asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi yang mengikat dirinya kepada seseorang yang diasuransikan dengan menerima premi dan memberikan pengganti nilai pertanggungan kepada tertanggung karena kehilangan, kerusakan atau kehilangan laba karena peristiwa tertentu. Penggantian akan dilakukan jika kerugian benar-benar terjadi dan tidak disengaja.

Sesuai dengan definisi asuransi di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa perusahaan asuransi mengumpulkan dana melalui penarikan premi dengan berjanji memberikan sejumlah uang sebagai kompensasi kepada pihak yang membayar premi jika terjadi peristiwa yang merugikan premi. pembayar.

Jenis-Jenis Perusahaan Asuransi Contoh - Lembaga asuransi memiliki peran ganda, yaitu sebagai lembaga pemindahan risiko dan sebagai lembaga penyerap dana dan masyarakat.

Contoh perusahaan asuransi adalah

  • Asuransi Jiwasraya,
  • Asuransi Bumi Putra,
  • Asuransi Sosial Tenaga Kerja,
  • Asuransi Kesehatan Indonesia (Askes)
  • Jasa Raharja Kerugian Asuransi.


Dalam kegiatan asuransi ada dua pihak yang terlibat.
1. Pihak tertanggung, yaitu pihak tertanggung dan wajib membayar premi asuransi.
2. Penjamin, yaitu pihak yang menerima premi asuransi yang akan menanggung atau memberikan kompensasi jika ada risiko. Ketentuan risiko yang dapat diasuransikan adalah sebagai berikut.

  • Kerugiannya cukup besar, tetapi kemungkinannya sangat kecil sehingga asuransi bisa dilakukan secara ekonomis.
  • Kemungkinan kerugian bisa dihitung.
  • Ada sejumlah besar unit yang terbuka terhadap risiko yang sama.
  • Kerugian yang terjadi tidak disengaja.
  • Kerugian tertentu.
B. Koperasi Kredit

Definisi Kredit / Tabungan Koperasi - Kegiatan kredit koperasi atau koperasi simpan pinjam adalah untuk menerima simpanan dan memberikan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan kondisi mudah dan bunga rendah. Untuk meminjam uang, anggota tidak perlu menyerahkan jaminan. Koperasi kredit ini dapat digunakan untuk memberantas nba. Selain itu, koperasi kredit mempromosikan semangat menabung, dan mendidik anggota untuk tetap hemat.

Kredit Modal Koperasi - Modal kredit koperasi berasal dan beberapa sumber meliputi:

  • simpanan pokok yang boleh diminta kembali jika anggota keluar,
  • simpanan wajib sejumlah uang tertentu yang dilakukan secara teratur,
  • simpanan suka rela yang setiap saat dapat diambil sesuai ketentuan koperasi yang bersangkutan,
  • dana cadangan, dan
  • hibah.

C. Perusahaan Umum Pegadaian (PERUM Pegadaian)

Perum Pegadaian adalah perusahaan publik milik pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pinjaman kepada individu atau kelompok ekonomi lemah. Pinjaman yang diberikan oleh Perum Pegadaian didasarkan pada nilai agunan.

Dalam memberikan kredit, pegadaian tidak memperhatikan penggunaan uang. Pinjaman dapat digunakan untuk bisnis perdagangan, industri rumah tangga, dan bahkan untuk tujuan konsumsi.

Jaminan kredit bisa dalam bentuk benda bergerak dan tidak bergerak. Jaminan diajukan oleh peminjam untuk dikendalikan oleh pemberi pinjaman tanpa akta notaris. Jika peminjam terlambat membayar pinjaman, ia akan mendapat peringatan dan diberi kesempatan tiga minggu untuk membayar kembali pinjaman. Jika ternyata masih belum lunas, maka agunan dilelang. Jika nilai jual jaminan lebih tinggi dari nilai utang, kelebihannya dikembalikan ke pihak

D. Lembaga Pensiun

Definisi Lembaga Penium - Lembaga Dana Pensiun adalah jaminan bagi karyawan di usia tua dan ini diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1974. Dana pensiun dikumpulkan oleh Lembaga Dana Pensiun, misalnya sebagai berikut:

Contoh Lembaga Pensiun
  • PT Tabungan Pensiun Asuransi (PT Taspen)
  • Perum Asabri.
Penjelasan mengenai PT Taspen dan manajemennya tercantum dalam PP No.10 tahun 1963. Ketentuan mengenai Dana Pensiun dan Pemberi Kerja tercantum dalam UU No. 11 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah No. 76 tahun 1992. Pemerintah selalu meminta perusahaan untuk mendirikan lembaga serupa.

Tujuan Utama Lembaga Dana Pensiun - Tujuan utama Lembaga Dana Pensiun adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarga mereka melalui asuransi sosial yang diatur dalam undang-undang.

Fungsi Lembaga Dana Penisun - Lembaga Dana Pensiun berfungsi sebagai berikut ...
sebagai tempat untuk mengumpulkan dana masyarakat yang bersifat jangka panjang dan
sebagai tempat untuk menyediakan asuransi pensiun bagi pensiunan / peserta program.
Dana pensiun diperoleh melalui pemotongan gaji karyawan setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja, kemudian dibayarkan kembali kepada karyawan setelah pensiun. Dalam masa tenggang, yang merupakan pengurang sebagian dari gaji dengan periode pembayaran ketika karyawan pensiun, dana yang dikumpulkan disalurkan ke masyarakat dengan cara-cara berikut ....
  • Pinjamkan ke agen yang membutuhkan.
  • Membeli sekuritas yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah

E. Perusahaan Sewa Guna
Saat ini banyak penjual barang menggunakan leasing untuk menarik pembeli. Sewa adalah pembelian angsuran, tetapi sebelum angsuran selesai (dilunasi), hak untuk menjual barang masih dimiliki oleh penjual. Namun, setelah kontrak leasing ditandatangani, semua fasilitas dan penggunaan item dapat digunakan oleh pembeli.

MANFAAT TABUNGAN DALAM PEMBANGUNAN

Sumber modal yang digunakan untuk membiayai pembangunan dapat berasal dari dalam dan luar negeri. Namun, sebaliknya sumber dana untuk membiayai pembangunan berasal dari dalam dan dalam negeri. Mengapa? Karena utang luar negeri menimbulkan beban bunga. Selain itu, negara pemberi pinjaman sering mengusulkan kondisi pinjaman yang merugikan kepentingan domestik. Namun, karena kemampuan negara berkembang umumnya sangat rendah, mereka terpaksa meminjam dan ke luar negeri (negara maju)

Modal utama pengembangan adalah ketersediaan finansial atau modal yang substansial. Faktor lain adalah keberadaan populasi yang cukup besar. Agar modal domestik besar, pemerintah mempromosikan semangat menabung untuk warga negara. Gerakan penyelamatan ini untuk berkontribusi pada pembangunan nasional. Semakin besar tabungan masyarakat, semakin banyak kegiatan pembangunan berjalan dengan lancar. Selain itu, gerakan menyelamatkan juga dapat menumbuhkan wawasan nasional kita. Dengan menabung di bank pemerintah dalam program pembangunan, sehingga pembangunan didistribusikan secara merata ke daerah.

Selanjutnya, kegiatan ekonomi yang berjalan dengan baik mendorong peluang kerja yang lebih luas dan mempercepat distribusi pendapatan di masyarakat. Dampak lainnya adalah kesejahteraan rakyat bisa meningkat.

Fungsi Tabungan - Peran tabungan dalam meningkatkan pembangunan adalah sebagai berikut.
1. Penciptaan modal.
2. Mempercepat dan memperluas kegiatan ekonomi nasional.
3. Tambahkan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran
4. Tingkatkan pendapatan per kapita.
5. Mengurangi kesenjangan dalam distribusi pendapatan.
6. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat Penghematan - Selain bermanfaat untuk pengembangan, tabungan juga memiliki manfaat bagi para pelaku. Manfaat untuk penabung meliputi yang berikut ini.
1. Didik untuk hidup hemat.
2. Dapatkan jaminan keamanan untuk alasan yang ditabulasi.
3. Kumpulkan persediaan untuk kepentingan masa depan.

Kesimpulan: Lembaga keuangan non-bank adalah sebagai berikut ...
Sebuah. Asuransi
b. Koperasi Kredit
c. Perusahaan Pegadaian Umum
d. Lembaga Pendanaan
e. Perusahaan Leasing

Definisi Lembaga Keuangan Non-Bank (LKBB) & Contoh

Beberapa Artikel atau Penjelasan tentang Definisi Lembaga Keuangan Non-Bank (LKBB) & Contohnya Semoga Anda dapat menerima dan memberi manfaat bagi kita semua, baik pengertian lembaga keuangan non-bank (LKBB), bentuk bisnis lembaga keuangan non-bank, fungsi lembaga keuangan non-bank, contoh lembaga keuangan non-bank. Manfaat tabungan dan pengembangan, serta contoh lembaga keuangan non-bank, peran tabungan dalam meningkatkan pembangunan, manfaat bagi penabung, pemahaman asuransi ???. Pengertian Koperasi Kredit adalah ... ... semua pertanyaan itu telah dirangkum menjadi satu seperti artikel di atas dengan bahan Lembaga Keuangan Non-Bank, Lihat berbagai pembelajaran dan artikel bermanfaat Di Sini, Semoga Bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar