Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat Peribahasa dan Artinya

Contoh Kalimat Peribahasa dan Artinya. Peribahasa biasa digunakan untuk menyampaikan makna tersirat atas sikap atau perilaku manusia. Berikut adalah beberapa contoh kalimat peribahasa dan artinya:

Kumpulan Contoh Kalimat Peribahasa dan Artinya

  1. Baru umur setahun jagung tetapi sudah sok menasehati orang tua. (arti: belum berpengalaman)
  2. Semua orang sudah mengetahui sifat seludang menolak mayang Pak Hari sejak dulu. (arti: orang sombong yang melupakan jasa orang lain)
  3. Sudah menjadi rahasia umum sikap Ipan yang selalu lempar batu sembunyi tangan. (arti: melakukan sesuatu kemudian tidak mengakui dan pura-pura tidak tahu)
  4. Semua yang terjadi itu pasti ada asap ada api, mustahil semua terjadi dengan sendirinya. (arti: pasti ada penyebab dari suatu masalah yang timbul)
  5. Kami semua harus selalu sabar dengan dengan sikapnya selama ini, bagai itik pulang petang. (arti: orang yang jalannya sangat lambat)
  6. Ketika sudah dewasa kita harus sedap jangan ditelan pahit jangan segera dimuntahkan. (arti: harus berpikir matang sebelum mengambil tindakan)
  7. Sudah bertahun-tahun Ibu Ridho makan hati berulam rasa oleh anaknya sendiri, namun tidak pernah mengeluh. (arti: hidup menderita karena perbuatan orang tersayang)
  8. Ayah dan ibu selalu menasehati kami agar tidak menjadi orang yang seperti air di daun talas. (arti: orang yang tidak mempunyai pendirian)
  9. Riko selalu disamakan seperti tong kosong berbunyi nyaring oleh warga desa. (arti: orang bodoh yang banyak bicara)





Demikian beberapa contoh kalimat peribahasa dan artinya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar