--> Skip to main content

Kriteria dan Asas Sistem Pemungutan Pajak beserta Syarat-syaratnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang sistem pemungutan pajak, kriteria pemungutan pajak, syarat pemungutan pajak, asas pemungutan pajak, syarat syarat pemungutan pajak, azas pemungutan pajak.

Sistem Pemungutan Pajak

Sistem perpajakan adalah cara-cara yang digunakan oleh suatu negara dalam melaksanakan pemungutan pajak kepada masyarakat. 
Untuk dapat melaksanakan sistem perpajakan dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diketahui yang berhubungan dengan pajak, antara lain sebagai berikut.
Add caption

Kriteria dan Asas Pemungutan Pajak

Sistem pajak yang baik harus memiliki kriteria-kriteria sebagai berikut.
  1. Distribusi beban pajak harus adil, artinya setiap orang harus menanggung beban pajak sesuai dengan kemampuannya yang wajar.
  2. Beban pajak harus lebih seminimal mungkin, artinya beban pajak tidak boleh memberatkan wajib pajak, sehingga menghambat usahanya.
  3. Pajak harus dapat memperbaiki ketidakefisienan, artinya dengan adanya beban pajak, wajib pajak terdorong untuk bekerja secara efisien.
  4. Pajak harus mampu melakukan stabilisasi dan pertumbuhan ekonomi, artinya dengan diterapkannya pajak, ekonomi nasional dapat stabil dan berkembang dengan baik.
  5. Sistem pajak harus dimengerti oleh wajib pajak, artinya sistem pajak jangan sampai mempersulit wajib pajak dalam membayarnya.
  6. Biaya administrasi dan biaya pelaksanaannya haruslah sesedikit mungkin, artinya jangan sampai biaya operasional pajak melebihi besarnya pajak yang diterima.
  7. Memiliki kepastian, artinya sistem pajak harus dapat menjamin tentang cara, prosedur, dan jumlah pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak.
  8. Dapat dilaksanakan, artinya sistem pajak harus mudah, sederhana, dan dapat dilaksanakan oleh instansi pemungut pajak.
  9. Dapat diterima, artinya wajib pajak dapat menerima kewajiban membayar pajak dengan penuh kesadaran.

Baca juga: Macam-macam Jenis Pajak
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar