--> Skip to main content

Fase-Fase Menstruasi atau Tahap-tahap Menstruasi | Siklus Menstruasi | Fase Menstruasi

Fase-Fase Menstruasi atau Tahap-tahap Menstruasi | Siklus Menstruasi | Fase Menstruasi. Menstruasi adalah ovum yang tidak dibuahi akan meluruh dan keluar dari rahim .  Menstruasi disebut juga haid merupakan pendarahan yang terjadi akibat luruhnya dinding belah dalam rahim (endometrium) yang banyak mengandung embuluh darah. Lapisan endometrium disiapkan untuk menerima lampiran embrio. Jika tidak ada perlekatan embrio, maka lapisan ini akan larut, kemudian darah keluar melalui serviks dan vagina. Pendarahan ini terjadi secara berkala, waktu antara satu menstruasi dan menstruasi berikutnya dikenal sebagai satu siklus menstruasi atau satu tahap menstruasi. Siklus menstruasi wanita bervariasi, tetapi rata-rata berkisar 28 hari. Hari pertama menstruasi dinyatakan sebagai hari pertama siklus menstruasi. Sikius ini terdiri dari 4 fase, yaitu:

Siklus Menstruasi atau Fase Menstruasi

Siklus atau fase berikut mencakup ...
1. Fase menstruasi
Tahap menstruasi dan siklus menstruasi Fase menstruasi ini terjadi ketika ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga corpus luteum menghentikan produksi hormon estrogen dan progesteron. Penurunan kadar estrogen dan progesteron menyebabkan pelepasan sel telur dan endometrium disertai dengan robekan dan kolapsnya endometrium, menyebabkan perdarahan. Fase menstruasi ini berlangsung sekitar 5 hari. Darah yang keluar saat menstruasi berkisar 50-150 mili liter.

2. Fase pra-ovuasi
Fase pra-ovulasi juga disebut fase proliferasi. Apa yang terjadi pada fase ini? Hormon pelepas gonadotropin yang dikeluarkan oleh hipotalamus akan memacu hipofisis untuk mengeluarkan FSH. Apa yang kamu ketahui tentang FSH? FSH adalah singkatan dari stimulasi hormon dan folikel. FSH merangsang pematangan folikel dan merangsang folikel untuk mengeluarkan hormon estrogen. Kehadiran estrogen menyebabkan proliferasi dinding endometrium. Peningkatan kadar estrogen juga menyebabkan serviks melepaskan lendir alkali. Lendir ini berfungsi untuk menetralkan atmosfer asam di vagina sehingga mendukung kehidupan sperma.

3. Fase ovulasi
Jika siklus menstruasi wanita adalah 28 hari, ovulasi terjadi pada hari ke-14. Peningkatan kadar estrogen menghambat pengeluaran FSH, maka hipofise mengeluarkan LH. LH adalah singkatan dan hormon luternisasi. Peningkatan kadar LH merangsang pelepasan oosit sekunder dan folikel, peristiwa ini disebut ovulasi.

4. Fase setelah ovulasi
Fase ini berlangsung 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Meskipun panjang siklus menstruasi bervariasi, fase pasca-ovulasi selalu sama, 14 hari
sebelum menstruasi berikutnya, folikel de Graaf (folikel matang) yang telah melepaskan oosit sekunder akan berkerut dan menjadi corpus luteum. Corpus luteum mengeluarkan hormon progesteron dan masih mengeluarkan hormon estrogen tetapi tidak sebanyak ketika itu adalah folikel. Progesteron mendukung kerja estrogen untuk memperkuat dan menumbuhkan pembuluh darah di endometrium dan mempersiapkan endometrium untuk menerima perlekatan embrio jika terjadi pembuahan atau kehamilan. Jika pembuahan tidak terjadi, corpus luteum akan berubah menjadi tubuh albicus yang hanya menghasilkan sedikit hormon, sehingga kadar progesteron dan estrogen rendah. Situasi ini menyebabkan timbulnya periode seperti itu dan seterusnya.
Fase-Fase Menstruasi atau Tahap-tahap Menstruasi | Siklus Menstruasi | Fase Menstruasi


Kesimpulan: Tahap menstruasi atau siklus menstruasi termasuk ...

1. Fase menstruasi
2. Fase pra-ovuasi
3. Fase ovulasi
4. Fase setelah ovulasi

Sekian penjelasan tentang tahapan menstruasi atau siklus menstruasi, semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar