--> Skip to main content

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi

Proses sosialisasi ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, yang bisa berasal dari dalam diri (intrinsik) individu itu sendiri, atau bahkan ada faktor yang datang dari luar individu itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat seperti di bawah ini. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi SosialisasiBeberapa faktor yang secara luas mempengaruhi proses sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat Seperti di bawah ini ...

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi

1. Faktor intrinsik
Pada intinya faktor intrinsik adalah faktor yang berasal dari individu yang melakukan proses sosialisasi. Manifestasi nyata dari faktor ini bisa dalam bentuk ciri-ciri seperti bakat, karakteristik fisik atau warisan biologis termasuk kemampuan yang ada dalam diri seseorang. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi jalannya proses sosialisasi dalam kehidupan seorang individu. 

Hasilnya akan sangat berpengaruh terutama dalam perolehan keterampilan, pengetahuan, nilai-nilai dalam proses sosialisasi itu sendiri. Faktor intrinsik justru merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi proses sosialisasi. Di satu sisi adalah faktor pendorong untuk membuat keinginan. di sisi lain adalah faktor pengendali dan berfungsi sebagai tolok ukur manfaat suatu kegiatan dalam proses interaksi.

2. Faktor eksterinsik
Selain faktor bawaan yang ada dalam setiap individu, manusia secara alami juga memiliki pengaruh dan lingkungan di sekitar mereka. Faktor-faktor ini yang berada di luar individu disebut faktor eksterinsik. Manifestasi dan faktor-faktor ini adalah norma, sistem sosial. dan sistem budaya, sistem mata pencaharian yang ada di masyarakat.

Untuk melakukan proses sosialisasi seorang individu akan dibatasi oleh nilai-nilai dan norma yang ada di masyarakat. Nilai-nilai ini akan menjadi pedoman bagi seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan. Kombinasi faktor intrinsik dan eksterik akan terakumulasi dalam diri seseorang dalam menjalankan proses sosialisasi.

Sekian banyak artikel tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar