10 Contoh Rantai Makanan Ekosistem Rawa Paling Lengkap

Contoh Rantai Makanan di Rawa. Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita tinjau kembali pemahaman ekosistem, sehingga nantinya Anda semua memahami penjelasan tentang rantai makanan yang terjadi dalam suatu ekosistem. Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk karena hubungan timbal balik yang tidak dapat dipisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Dengan demikian kita dapat menyimpulkan pengertian ekosistem air rawa adalah sistem ekologis yang terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara organisme yang ada di air rawa itu sendiri. Baca juga tentang contoh rantai makanan di padang rumput.

Sobat, apakah Anda pernah melihat rawa? Tentunya tempat genangan air yang satu ini sering ditemui, sobat. Meski biasanya tergolong kecil dan musiman, di rawa ini terdapat rantai makanan. Ya, karena memang di kanan semua ekosistem harus ada kehidupan, dan kehidupan dicirikan oleh adanya rantai makanan yang berjalan di dalamnya oleh organisme di dalamnya juga. Baca juga tentang contoh rantai makanan di pantai.

Seperti dijelaskan di atas, harus ada rantai makanan di setiap ekosistem yang menunjukkan hubungan ekologis yang sedang berlangsung dalam ekosistem. Begitu juga dengan ekosistem air rawa, di dalamnya terdapat rantai makanan yang terjadi antar organisme air rawa itu sendiri. Baca juga tentang contoh rantai makanan di padang pasir.

Untuk menambah wawasan Anda tentang ekosistem air rawa dan juga tentang rantai makanan yang terjadi di dalamnya, mari kita simak ulasan berikut, yang menjelaskan hubungan rantai makanan antara organisme air rawa ini. Berikut adalah contoh rantai makanan di rawa:

  • Energi matahari → rumput → keong mas → katak → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → katak → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → alga → ikan kecil → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → pitoplankton → ikan kecil → burung bangau → pengurai.
  • Energi matahari → lumut → cacing → burung → pengurai.
  • Energi matahari → alga → ikan → manusia → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → kadal → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → lumut → serangga → ikan → burung bangau → pengurai.
  • Energi matahari → serangga → ganggang → burung bangau → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → siput → katak → ular → pengurai.


Itulah beberapa contoh rantai makanan di air rawa ya sobat. Contoh seperti diatas tentunya sudah sering kita jumpai di kehiduan sehari – hari ya.mSeperti yang kita ketahui bersama, peran air rawa sangatlah penting, yakni sebagai penampungan sementara dari debit air hujan yang cukup tinggi. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di sungai.

Belum ada Komentar untuk "10 Contoh Rantai Makanan Ekosistem Rawa Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel