--> Skip to main content

Cara Menggunakan Mikroskop Dan Merawat Mikroskop yang Benar

Cara Menggunakan Mikroskop Dan Merawat Mikroskop yang Benar. Sesuai namanya, mikroskop berasal dari bahasa Latin, yaitu mikro yang berarti kecil dan scopium yang berarti penglihatan. Mikroskop pertama kali diperkenalkan oleh Robert Hooke dari Inggris pada tahun 1665 ketika ia mengamati sel-sel dari pohon ek. Ada juga yang berpendapat bahwa Antony van Leuvenhoek dari Belanda saat ini sedang meneliti sel gabus. Jadi bagaimana Anda menggunakan mikroskop?

Secara umum, mata manusia tidak dirancang untuk bisa melihat benda dari berbagai ukuran. Kita tidak dapat melihat benda berukuran kecil atau mikro seperti bakteri, virus, dan struktur jaringan daun dalam tampilan biasa. Diperlukan alat khusus untuk melihat benda berukuran mikro yang disebut mikroskop.

Cara menggunakan mikroskop

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara menggunakan mikroskop untuk melakukan pengamatan terhadap suatu objek:

  1. Tempatkan persiapan meja di permukaan tanah agar lebih mudah diamati
  2. Sesuaikan perbesaran lensa objektif pada fase bawah menggunakan revolver. Lensa objektif harus ditempatkan pada sumbu pengamatan agar berada pada garis yang sama dengan arah masuknya cahaya dan lensa okuler.
  3. Jika mikroskop yang Anda gunakan bermata, Anda harus menggunakan lensa mata dengan satu mata. Demikian pula, jika mikroskop yang Anda gunakan adalah teropong, Anda dapat melihatnya dengan kedua mata.
  4. Nyalakan lampu dan sesuaikan cermin sehingga jumlah cahaya yang dibutuhkan dapat dipenuhi untuk melakukan pengamatan persiapan.
  5. Buka diafragma menggunakan tuas dan sesuaikan lubang sehingga cahaya yang diterima oleh mata bisa optimal, tidak terlalu redup atau cerah.
  6. Pastikan lensa objektif cukup jauh dari tabel persiapan dengan menyesuaikan macrometer searah jarum jam.
  7. Tempatkan persiapan yang disiapkan di atas meja persiapan, tepat di bawah lensa objektif. Gunakan penjepit agar persiapan tidak bergeser.
  8. Naikkan meja persiapan mendekati lensa objektif ke jarak sekitar 0,5 cm menggunakan macrometer.
  9. Lihatlah bayangan objek melalui lensa lensa mata sambil menurunkan persiapan meja menggunakan mikrometer untuk mendapatkan bayangan objek yang jelas.
  10. Lihatlah objek persiapan dari samping sambil menyesuaikan lensa objektif dengan perbesaran yang lebih tinggi pada posisinya.
  11. Pastikan lensa objektif tidak bersentuhan dengan persiapan karena dapat merusak hasil pengamatan.
  12. Fokuskan persiapan dengan memutar mikrometer searah jarum jam.
  13. Jika hasil pengamatan belum jelas, sesuaikan pencahayaan.
  14. Putar revolver pada lensa objektif ke keadaan semula, perbesaran terkecil setelah Anda melakukan pengamatan.
  15. Turunkan meja persiapan dan angkat tabung mikroskop.
  16. Ambil persiapan dari tabel persiapan.


Bagian Mikroskop

Bagian dari Mikroskop Selain mengetahui cara menggunakannya, ada baiknya kita juga harus mengetahui bagian-bagian mikroskop secara umum. Berikut ini adalah penjelasan tentang komponen yang terkandung dalam mikroskop:

Cara Menggunakan Mikroskop Dan Merawat Mikroskop yang Benar


  • Cermin

Cermin adalah salah satu bagian utama dari mikroskop yang berguna sebagai penerima dan reflektor cahaya untuk diarahkan ke objek dengan bantuan kondensor.


  • Lensa Mata

Dalam mikroskop, lensa okular berguna untuk memperbesar bayangan. Gambar yang dihasilkan berasal dari lensa objektif. Lensa mata dapat memperbesar bayangan dengan ukuran 4-25 kali. Lensa ini terletak di ujung atas tabung mikroskop.


  • Lensa objektif

Lensa objektif terletak paling dekat dengan persiapan dan berfungsi untuk membentuk bayangan pertama. Lensa ini dapat memperbesar objek dengan ukuran 10x, 40x, dan 100x sehingga menentukan struktur dan bagian kecil yang terlihat pada bayangan terakhir. Untuk mendapatkan gambar yang jelas dari objek, pengamat disarankan untuk menggunakan minyak emersi terlebih dahulu pada lensa objektif sebelum menggunakannya. Pemisahan spesimen dalam lensa objektif diukur dengan nilai aperture (NA).


  • Kaki

Seperti kaki pada manusia, kaki mikroskop berguna untuk mendukung dan memperkuat posisi mikroskop. Ada lengan dan jenis engsel yang melekat erat pada kaki mikroskop.


  • Diafragma

Sama seperti pupil di mata (baca juga: cara mata bekerja), bagian ini berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk dan tentang persiapan (objek objek).


  • Lengan

Lengan pada mikroskop digunakan oleh pengamat sebagai pegangan ketika Anda ingin mengangkat atau memindahkan mikroskop.


  • Tabung Mikroskop

Tabung mikroskop ini berguna sebagai penghubung antara lensa objektif dan lensa okuler pada mikroskop.


  • Revolver

Menyesuaikan pembesaran lensa objektif adalah bagian fungsi dari bagian ini.


  • Mikrometer

Mikrometer juga disebut pemain halus. Mikrometer berguna untuk perlahan-lahan menurunkan tabung untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang persiapan.


  • Macrometer

Berbeda dengan mikrometer, bagian yang biasa disebut sebagai pemain kasar dapat dengan cepat menurunkan tabung dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menghasilkan gambar yang jelas dari persiapan.


  • Kondensator

Kondensor terdiri dari lensa gabungan yang dapat diputar untuk mengumpulkan cahaya yang terpusat pada objek akibat dipantulkan dari cermin.


  • Meja Preparat

Seperti namanya, tabel ini berfungsi untuk menempatkan objek yang akan diamati atau apa yang disebut persiapan. Persiapan ditempatkan di atas meja dengan bantuan penjepit. Pada beberapa jenis mikroskop, posisi meja preparasi dapat disesuaikan tingginya.

Cara merawat mikroskop

Mikroskop bukanlah barang murah sehingga perawatan dan penanganan khusus diperlukan agar dapat digunakan untuk waktu yang lama. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan mikroskop, yaitu:


  1. Simpan mikroskop di tempat yang kering, bersih, dingin, dan tertutup. Akan lebih baik jika Anda bisa menyimpannya dalam kotak yang dilengkapi dengan gel silika untuk mengurangi kelembaban.
  2. Pastikan tangan Anda bersih dan kering saat mengamati benda menggunakan mikroskop.
  3. Bersihkan mikroskop sebelum dan sesudah digunakan. Jika Anda jarang menggunakannya, maka pastikan Anda bisa membersihkannya secara rutin, misalnya sebulan sekali.
  4. Jangan gunakan saputangan dan kain untuk membersihkan bagian lensa dari mikroskop, baik lensa okuler maupun lensa objektif. Gunakan tisu atau kain lembut khusus membersihkan lensa yang sedikit dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan kotoran dan sidik jari pada lensa mikroskop.
  5. Gunakan kain lembut dengan sedikit sabun deterjen untuk membersihkan tubuh dan lengan mikroskop.
  6. Gunakan xylene untuk membersihkan sisa oli pada lensa objektif, tetapi Anda harus berhati-hati dalam menggunakan xylene karena dapat merusak bahan plastik.
  7. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop yang tidak dapat dijangkau.


Itulah penjelasan tentang cara menggunakan mikroskop. Mikroskop adalah salah satu peralatan utama yang digunakan di laboratorium. Mikroskop memiliki peran penting dalam dunia penelitian, terutama mikroorganisme. Karena itu, gunakan mikroskop dengan hati-hati, teliti, dan sebaik mungkin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar