Skip to main content

Bagaimana cara menggunakan mikroskop cahaya? inilah Caranya

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya yang Baik dan Benar. Mikroskop cahaya atau sering disebut mikroskop optik, adalah instrumen yang menggunakan cahaya tampak dan lensa pembesar untuk mengamati benda-benda kecil yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Namun, pembesaran bukanlah masalah utama dalam mikroskop, pembesaran tanpa detail secara ilmiah tidak berguna. Penggunaan mikroskop adalah alat ini dapat menghasilkan resolusi yang lebih baik daripada mata. 


Pelajari Komponen Mikroskop

MIKROSKOP Ada beberapa bagian mikroskop yang harus kita ketahui dan gunakan dengan benar. Lensa mata adalah bagian komponen mikroskop yang digunakan untuk melihat sampel.

Mikroskop sederhana hanya memiliki satu lensa mata (lensa okuler) sedangkan mikroskop kompleks memiliki dua lensa mata (lensa binokular). Komponen-komponen mikroskop adalah sebagai berikut:


  • Tabel mikroskop, sebuah platform tempat kami akan menempatkan sampel untuk dilihat.
  • Pegangan mikroskop, bagian dari mikroskop yang menghubungkan tabel mikroskop dengan lensa mata.
  • Lensa objektif, lensa yang berfungsi untuk memperbesar gambar. Ada beberapa lensa objektif dengan berbagai jenis pembesaran.
  • Sumber cahaya, terletak di dasar mikroskop dan diarahkan ke meja mikroskop. Sumber cahaya ini berfungsi untuk memberikan cahaya sehingga kita dapat melihat sampel kita dengan jelas.
  • Diaprgama, terletak di bawah meja mikroskop dan berfungsi untuk mengatur cahaya yang menerangi gambar kita.

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya

Tempatkan Mikroskop pada Permukaan Bersih dan Rata
PERSIAPAN MIKROSKOP Sebelum menempatkan mikroskop, pertama-tama kita harus membersihkan permukaan debu atau cairan yang berpotensi merusak mikroskop. Mikroskop juga harus diletakkan di dekat kontak listrik.

Cara membawa mikroskop adalah dengan memegang pegangan mikroskop dan bagian bawah mikroskop, tidak hanya memegang pegangan mikroskop.

Setelah itu, tempatkan mikroskop di atas meja dan pasang mikroskop ke sumber daya. (Baca: Bagian Mata)

Memutar Lensa Objektif ke Pembesaran Terendah Di Atas Meja Mikroskop
Untuk mulai menggunakan mikroskop, perbesaran terendah bekerja dengan baik karena memungkinkan kita untuk melihat area sampel yang paling luas. Pembesaran biasanya ditulis di sebelah lensa objektif dalam bentuk angka dan huruf 'x', misalnya 4x. Semakin rendah angkanya, semakin rendah pembesaran. Lebih mudah untuk fokus pada bagian tertentu dengan lensa objektif ini. 

Jika kita ingin mengganti lensa objektif, kita harus memperhatikan tabel mikroskop. Karena lensa objektif dengan perbesaran tinggi memiliki ukuran lebih panjang dan dapat merusak sampel jika kita tidak memperhatikannya.

Baca Mikroskop Manual
Sebelum menggunakan mikroskop, akan lebih baik jika Anda membaca manual terlebih dahulu. Karena dalam manual, ada petunjuk tentang cara merawat dan membersihkan mikroskop jika diperlukan. Jika kita kehilangan manual, kita dapat mencari versi online di situs web produsen mikroskop.


Mempersiapkan Slide Mikroskop
Cuci Tangan Anda Sebelum Memulai
Tangan kita mengandung minyak yang berpotensi memasuki sampel kita. Minyak ini dapat merusak sampel kami atau bahkan mikroskop. Menggunakan sarung tangan bisa menjadi alternatif yang baik. Selain itu, kita harus melindungi tangan dan area kerja kita dari debu dan partikel kontaminasi sebanyak mungkin.

Menggunakan Persiapan Kaca
KACA PREPARATIF MIKROSKOP Persiapan gelas adalah gelas yang digunakan sebagai tempat untuk menempatkan sampel untuk penelitian. Sampel ditempatkan pada persiapan gelas, kemudian ditutup menggunakan kaca tipis. Berikan sedikit tetesan air pada preparat gelas sehingga bagian kaca tipis dapat menempel pada preparat gelas.

Tempatkan Kaca Persiapan di atas Meja Mikroskop
Cara mengambil persiapan gelas adalah dengan memegang ujung-ujungnya, sehingga tidak ada sidik jari yang melekat pada bagian kaca yang ingin Anda amati. Sidik jari dan minyak dari tangan Anda dapat mencemari persiapan gelas. Jika gelas kotor, bersihkan menggunakan kain bersih, seperti sapu tangan.

Persiapan Penguncian Kaca
Ada dua klip (biasanya terbuat dari logam atau plastik) di atas meja mikroskop yang berfungsi untuk mengunci gelas agar stabil dan kita bisa fokus pada mikroskop.

Nyalakan mikroskop
Swithc untuk menyalakan mikroskop biasanya terletak di sebelah mikroskop. Jika mikroskop telah dinyalakan, bagian tengah sediaan kaca akan muncul berkas bulat kecil. Jika tidak ada sinar yang muncul, coba sesuaikan rama. Jika ditutup, tidak ada cahaya yang akan muncul. (Baca: Interaksi di Ekosistem)

Menyesuaikan Fokus Mikroskop
Jika menggunakan mikroskop binokular, sesuaikan lensa mata sampai mata dapat melihat sinar bundar. Jika kita melihat 2 gambar saat melihat melalui lensa mata, kita harus menyesuaikan jarak. Gerakan lensa mata dekat atau jauh sampai sinar bulat terlihat. Lepaskan kacamata jika Anda menggunakannya. Kita dapat menggunakan pengaturan mikroskop untuk memfokuskan objek sesuai dengan visi kita.

Menyesuaikan Fokus pada Lensa Objektif
FOKUS MIKROSKOP Dalam mikroskop mungkin ada 2 atau tiga lensa objektif berbeda yang dapat diganti untuk memperbesar objek. Kita harus mulai mengamati sampel menggunakan lensa objektif 4x dan meningkatkan pembesaran untuk fokus. Biasanya, lensa objektif 4x (kadan 3.5x) adalah pembesaran terendah pada kebanyakan mikroskop.

Lensa objektif rendah memberikan penglihatan yang luas, dan memungkinkan kita untuk perlahan-lahan memfokuskan objek, teknik ini disebut tujuan pemindaian. Jika kita mulai mengamati menggunakan lensa objektif tinggi, kita mungkin tidak melihat objek sepenuhnya dan akan kesulitan menemukan objek yang ingin kita amati. (Baca: Aliran Energi di Ekosistem)

Biasanya, lensa objektif memiliki pembesaran 10x atau 40x. Lensa mata memiliki perbesaran 10x, dan jika dikalikan dengan pembesaran lensa objektif, perbesaran 4x misalnya, maka kita akan memiliki pembesaran total 40x. Lensa objektif 10x akan memberikan pembesaran 100x, dan lensa objektif 40x, pembesaran 400x.


Menyesuaikan Fokus pada Kaca Disiapkan Menggunakan Kontrol Fokus dan Diapragma
Mulai menyesuaikan fokus menggunakan penyesuaian fokus kasar dan kemudian ubah level cahaya. Putar pengatur fokus kasar secara perlahan sambil menonton sampel melalui lensa mata, lakukan ini hingga gambar dapat fokus. Gunakan regulator fokus halus untuk lebih fokus pada gambar. 
Ketika kami fokus menggunakan pengatur fokus, tabel mikroskop naik lebih dekat ke lensa objektif. Jadi, berhati-hatilah saat memfokuskan agar lensa objektif tidak menyentuh persiapan kaca.

Memperbesar Gambar dengan Lensa Objektif Tinggi
Ubah ke tujuan yang lebih tinggi hanya ketika kita tidak dapat memfokuskan gambar lebih lanjut menggunakan lensa objektif rendah. Pembesaran tinggi memungkinkan kita untuk melihat sampel yang lebih rinci. Hati-hati saat mengganti lensa objektif untuk menghindari kerusakan kaca persiapan. Gunakan pengatur fokus yang baik saat mengamati gambar menggunakan lensa objektif tinggi.

Mikroskop adalah instrumen di laboratorium yang digunakan untuk mengamati gambar dengan tingkat pembesaran yang tinggi, seperti sel atau jaringan tanaman. Mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan mikroskop adalah penting, sehingga kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan mikroskop yang salah dapat dihindari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar