Skip to main content

Pengertian Makna Perlokusi dan Lokusi Serta Contohnya

Pengertian Makna Perlokusi dan Lokusi . Makna kata sendiri mempunyai sejumlah jenis, di mana dua diantara jenis-jenis makna kata tersebut adalah makna perlokusi dan lokusi Sesuai namanya, makna kata merupakan makna yang ada di dalam suatu kata. . Makna perlokusi adalah pemaknaan seseorang terhadap suatu teks ataupun ucapan. Sementara itu, makna lokusi merupakan makna sebenarnya dari suatu pernyataan ataupun kalimat.



Pada artikel kali ini, dua jenis makna kata tersebut akan ditampilkan beberapa contohnya, agar kita lebih tahu bentuk kedua makna kata tersebut. Adapun beberapa contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut ini!

A. Contoh Makna Lokusi dalam Bahasa Indonesia

  1. Bandung merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat.
  2. Hari ini, Lisa akan mengikuti ujian seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri.
  3. Pak Burhan resmi diangkat sebagai manajer baru perusahaan tersebut.
  4. Acara musik itu berlangsung dengan cukup meriah.
  5. Pemilik rumah itu kini sedang tidak ada di rumahnya.
  6. Tono merupakan anak kedua dari sepuluh bersaudara.
  7. Topi berwarna merah itu adalah topi kepunyaan Zidny.
  8. Kemarin, aku melihat orang itu sedang berjalan-jalan sendiri di taman kota.
  9. Rumah Pak Candra ada di sebelah utara perumahan ini.
  10. Kirana sedang menemani ibunya berbelanja di pasar.

B. Contoh Makna Perlokusi dalam Bahasa Indonesia


Parkir khusus tamu undangan.
Ketika seseorang–terutama tamu undangan–melihat kalimat di atas, maka mereka akan langsung memarkirkan kendaraannya ke tempat yang ditulisi kalimat tersebut. Sementara itu, ketika orang yang bukan tamu undangan mellihat tulisan tersebut, maka mereka akan mengurungkan niatnya untuk parkir di tempat tersebut.

Warna cat rumahmu pudar sekali.
Ketika seseorang mendengar perkataan tersebut, maka dia akan berusaha untuk mengecat rumahnya kembali dengan cat baru yang warnanya lebih terang.

Tempat sampah khusus sampah elektronik.
Ketika orang-orang membaca tulisan di atas, maka mereka akan langsung membuang sampah-sampah yang tergolong sampah elektronik, seperti ponsel bekas, radio, dan sejenisnya.

Suara televisimu itu terlalu besar.
Saat seseorang yang mempunyai televisi tersebut mendengar kalimat di atas, maka orang tersebut akan langsung mengecilkan volume suara televisi miliknya.

Tatanan rambutmu sangat tidak beraturan.
Saat seseorang mendengar perkataan di atas, maka orang tersebut akan langsung merapikan tatanan rambutnya tersebut.

Riasan wajahmu itu terlalu tebal.
Ketika seseorang yang menggunakan riasan wajah mendengar kalimat di atas, maka dia akan langsung membetulkan riasan wajahnya tersebut agar tidak terlalu tebal.

Zona bebas asap rokok.
Saat orang-orang–khususnya perokok–melihat tulisan di atas, maka mereka pasti tidak akan memasuki zona yang mengandung tulisan di atas dan mencari tempat lain untuk merokok.

Jalan ini ditutup untuk sementara waktu.
Ketika orang-orang melihat tulisan di atas, maka mereka akan langsung bergegas pergi dari jalan tersebut, lalu mencari jalan lain yang masih bisa untuk dilalui.


Demikianlah beberapa contoh makna perlokusi dan lokusi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal makna perlokusi dan lokusi, serta jenis makna kata lainnya, pembaca bisa membuka artikel makna lokusi, ilokusi, dan perlokusi; contoh makna perlokusi; contoh makna lokusi; contoh makna ilokusi; contoh makna lokusi dan ilokusi; contoh makna ilokusi dan perlokusi; serta makna kata, makna istilah, dan ungkapan. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai makna perlokusi dan lokusi, maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar