Pengertian Makna Metaforis dan Contohnya

Makna Metaforis dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia –  Makna kata sendiri mempunyai beberapa jenis, dimana satu diantara jenis-jenis makna kata tersebut adalah makna metaforis. Makna ini akan dibahas secara khusus di artikel kali ini beserta dengan contohnya.Secara sederhana, makna kata merupakan arti atau maksud yang ada di dalam suatu kata. Dalam ranah linguistik, makna kata dikaji dalam suatu cabang ilmu linguistik, yaitu semantik.  


Pengertian Makna Metaforis

Menurut Iskak dan Yustinah (2008: 61), makna metaforis adalah makna berdasarkan persamaan atau perbandingan kata. Selain itu, makna metaforis juga diartikan sebagai kata atau kelompok kata yang tidak memiliki makna nyata. Arti kata ini juga disebut makna chias dan termasuk dalam jenis makna tata bahasa, di mana makna ini adalah makna kata yang muncul karena proses tata bahasa atau proses tata bahasa. Proses tata bahasa yang dapat mengubah makna kata-kata meliputi proses reduplikasi (pengulangan kata), proses afiksasi (afiksasi oemberian), dan proses pembentukan kalimat atau kalimat. khusus untuk makna metaforis, makna ini terbentuk dari proses pembentukan kalimat, di mana sebuah kata memiliki makna baru ketika dimasukkan ke dalam kalimat tertentu.

Baca: contoh kata makna khusus dan umum – contoh kalimat hipernim dan homonim – makna kata ulang dan contohnya dalam kalimat – macam-macam hubungan makna dalam bahasa Indonesia – makna kata makna istilah dan ungkapan – polisemi

Contoh Makna Metaforis

Untuk lebih memahami makna metaforis, berikut dijelaskan contoh makna kata metaforis dalam bahasa Indonesia


1. Amplop

Makna kata ini adalah sampul surat dan akan berubah bila berada di kalimat berikut:

Seorang wartawan hendaknya jangan menerima amplop dari narasumbernya, termasuk dari para pejabat.
  • Makna amplop pada kalimat di atas adalah uang sogokan.


2. Hujan

Makna kata ini adalah titik-titik air yang jatuh dari awan ke bumi. Jika diterapkan pada kalimat berikut, maka kata tersebut akan mempunyai makna kata yang baru:

Hujan gol terjadi pada pertandingan kali ini.
  • Kata hujan pada kalimat di atas bermakna sesuatu yang datang dalam jumlah yang banyak.


3. Putih

Makna dasar pada kata ini adalah warna dasar yang menyerupai warna kapas. Adapun makna kata ini berubah jika diterapkan pada beberapa kalimat berikut:

Hatinya begitu putih sekali.
  • Putih pada kalimat di atas mempunyai makna suci atau tak bernoda.

Entah mengapa, hari ini wajahnya begitu putih sekali.
  • Sementara itu, putih pada kalimat ini bermakna pucat.

4. Hijau

Kata ini mempunyai makna nama warna yang menyerupai warna daun atau rumput. Namun, jika diterapkan pada kalimat tertentu, makna kata ini akan berubah. Misalnya:

Banyak yang tidak mempercayai kedewasaan seorang Rudi karena dia masih dianggap hijau oleh orang-orang di sekitar.
  • Pada kalimat di atas, makna kata hijau berubah menjadi belum berpengalaman atau masih dianggap terlalu muda.


5. Merah

Kata ini mempunyai makna warna dasar yang menyerupai warna darah. Adapun makna kata ini berubah jika diletakkan di beberapa kalimat tertentu, seperti:

Mukanya bersemu merah saat kupuji kecantikannya.
  • Makna merah pada kalimat di atas berubah menjadi malu.


6. Awan

Kata ini mempunyai makna kumpulan butiran air yang membentuk gumpalan dan berada di atas langit. Makna kata ini bisa berubah saat diletakkan di beberapa kalimat tertentu, seperti:

Anganku meninggi hingga ke awan.
  • Makna awan pada kalimat di atas berubah menjadi tempat yang paling tinggi.


Baca: makna generalisasi – makna spesialisasi – contoh makna refleksi – makna struktural – contoh makna kolokatif – contoh makna stilistik – makna afektif – makna asosiasi

Demikianlah pembahasan makna metaforis dan contohnya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Makna Metaforis dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel