Skip to main content

Pengertian Kata Makna khusus dan Umum dalam Kalimat Beserta Contohnya

Pengertian Kata Makna khusus dan Umum dalam Kalimat Beserta Contohnya. Kata-kata yang terkandung dalam bahasa Indonesia muncul dari beberapa sumber termasuk kosakata umum, kosakata bahasa serumpun dan kosakata bahasa asing. Sumber kemudian melalui proses pembentukan kata-kata yang biasanya dimulai dari kombinasi terjemahan bahasa asing dan kombinasi terjemahan dan penyerapan sehingga berbagai kata utama atau anak anjing muncul atau biasanya disebut kata-kata khusus dan kata-kata umum.

Kata-kata yang memberi makna umum adalah kata yang memiliki cakupan cukup luas dan dapat dirinci atau diterjemahkan kembali menjadi lebih spesifik (tahap lanjut) dan sederhana, sehingga dapat disingkat menjadi kata-kata umum adalah kata-kata yang mengandung makna yang masih dapat dijelaskan. .



Kata-kata yang memberi arti khusus adalah kata yang memiliki cakupan terbatas (sempit) dan kata tersebut tidak dapat ditentukan atau dijelaskan kembali (karena bersifat spesifik / spesifik), sehingga makna yang dapat disingkat menjadi kata khusus adalah kata dalam yang tidak dapat ditentukan atau ditentukan ulang.

Contoh dalam kalimat :

  1. Ditambah paras yang cantik, seleksi pramugari yang diikutinya memberikan hasil yang maksimal. (makna khusus : cantik  )
  2. Dengan adanya hewan peliharaan membuat para pemilik menambah keramaian dari kehidupan fananya. (makna umum : hewan peliharaan )
  3. Ketika Kami datang ke rumah dokter hewan itu, banyak sekali hewan peliharaan yang ada dirumahnya seperti Kucing, Kelinci, Marmut, Hamster, Ikan dan Serigala. (makna khusus : Kucing, Kelinci, Marmut, Hamster, Ikan dan Serigala)
  4. Indonesia memiliki beribu-ribu pulau yang sebagiannya masih belum mempunyai nama dan tak berpenghuni. (makna umum : Indonesia)
  5. Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua dan Sulawesi termasuk pulau besar yang ada di Indonesia dan memiliki potensi luar biasa. (makna khusus : Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua dan Sulawesi)
  6. Berbagai sayuran berhasil ditanam dan memberikan hasil panen yang cukup maksimal namun pada akhirnya memiliki dampak ekologis yang tidak dapat membanggakan. (makna umum : sayuran)
  7. Adikku memilih jalan hidup sebagai vegetarian sehingga di halaman rumah kami banyak ditanami kangkung, bayam, sawi, asparagus dan kubis. (makna khusus : kangkung, bayam, sawi, asparagus dan kubis )
  8. Zaman dahulu, manusia memiliki kebiasaan hidup berpindah dan menetap sehingga di beberapa situs maupun gua akan terlihat peninggalan-peninggalan berupa lukisan-lukisan yang terdapat di gua. (makna umum : menetap)
  9. Kami memilih tinggal disini sampai presiden menanggapi tuntutan yang kami lontarkan demi kepentingan bangsa dan masyarakat banyak. (makna khusus : tinggal)
  10. Untuk pertama kalinya, Para ketua suku dari berbagai regional hutan berkumpul dan menari dalam memperingati HUT kemerdekaan Indonesia. (makna umum : suku )
  11. Suku jawa, sunda, batak, asmat dan dayak merupakan beberapa naman-nama suku yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi untuk disebutkan. (makna khusus : Suku jawa, sunda, batak, asmat dan dayak )
  12. Alat potong yang diperlukan dalam pemotong hewan kurban ini tidak perlu yang mahal, hanya bersih dari najis dan kotoran. (makna umum : alata potong)
  13. Dalam berkegiatan di alam bebas, Kami diwajibkan membawa golok dengan sarungnya untuk berguna dalam memotong dan perlindungan diri. (makna khusus : golok)
  14. Berbagai kendaraan berlalu lalang dari berbagai arah membuat kemacetan mencapai puncaknya pada jam makan siang. (makna umum : kendaraan )
  15. Rekayasa lalu lintas membuat para becak, angkotan dan kendaraan umum lainnya tidak bebas beroperasi di beberapa jalur lalu lintas. (makna khusus : becak, angkotan dan kendaraan umum )
  16. Bunga mawar ditanganku sudah layu karena lelah menunggumu yang ternyata tak kunjung datang. (makna khusus : Bunga mawar )
  17. Kumpulan bunga memberikan pemandangan yang tak bisa diganti dari hal lainnya. (makna umum : bunga)
  18. Para anak-anak Desa Bunikasi membawa barang dagangan dengan berjalan kaki berjam-jam lamanya. (makna umum : membawa)
  19. Anak-anak Desa Bucek menjinjing peralatan dan baju sekolah mereka karena jalan yang dilalui tergenang air banjir. (makna khusus : menjinjing)
  20. Untuk melihat pertujukan sirkus di kota, Kami perlu menempuh perjalanan 2 jam dengan naik mobil karena jarak yang cukup jauh dan medan yang terjal. (makna umum : sirkus)
  21. Pertunjukan drama yang diadakan unit kemahasiswaan kampus dilaksanakan jauh diluar kampus sehingga untuk menontonnya kamu perlu naik kendaraan. (makna khusus : menontonnya )
  22. Semua binatang yang ada di kelompok sirkus itu termasuk kedalam daftar yang hampir punah menurut Lembaga Swasta Internasional Pecinta Binatang. (makna umum : binatang)
  23. Kera, Kelinci, Rusa, Gajah, Jerapah, dan Badak termasuk binatang mamalia yang melahirkan dengan beranak bukan bertelur. (makna khusus : Kera, Kelinci, Rusa, Gajah, Jerapah, dan Badak )
  24. Ketika Badrul lulus SMA, ia memilih memelihara hewan ternak karena sudah turun temurun dan akan dijual pada saudagar di pasar kota. (makna umum : hewan ternak)
  25. Untuk meingkatkan pengetahuan lingkungan hidup pada siswa, SD Mekarwangi melakukan darmawisata mengunjungi daerah Nunukan yang memiliki peternakan Ayam, Sapi, Kambing, Domba, Itik dan Cacing. (makna khusus : Ayam, Sapi, Kambing, Domba, Itik dan Cacing)
  26. Kami para mahasiswa Universitas Kebanggaan Mertua menuntut pemerintah agar menurunkan harga sembako yang mencekik rakyat pinggiran. (makna umum : Universitas Kebanggaan Mertua)
  27. Para mahasiswa dari program studi mesin, material, sipil, pertambangan dan rekayasa kehutanan berkolaborasi mengadakan kegiatan bakti sosial pada Bulan Ramadhan kemarin. (makna khusus : program studi mesin, material, sipil, pertambangan dan rekayasa kehutanan)
  28. Saya sependapat dengan argumen yang diberikan, namun lebih baik bila disajikan dengan data-data yang dapat dipertanggungjawabkan. (makna umum : sependapat)
  29. Banyak peserta rapat yang tidak setuju dengan metode yang ditentukan karena tidak relevan dengan kondisi mahasiswa zaman sekarang. (makna khusus : setuju)
  30. Untuk menurunkan kemacetan di lalu lintas Kota Medan, polisi menerapkan sistem buka tutup dan memberikan hasil jalanan yang ramai lancar. (makna umum : ramai)
  31. Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi tersebut memberikan efek getaran-getaran dan suara yang cukup bising memberikan ketidaknyamanan pada masyarakat sekitar. (makna khusus : bising)
  32. Setelah Kamu berusaha dengan semaksimal mungkin, sebaiknya Kamu berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT agar diberikan hasil yang sebaik-baiknya. (makna umum : berdoa)
  33. Dadang langsung bersujud menghadap kiblat sembari mengeluarkan air mata karena tak menyangka dirinya keluar sebagai pemenang lomba karya tulis ilmiah. (makna khusus : bersujud)
  34. Sungai memberikan banyak makna dalam hidup, salah satunya agar kamu tida terbawa arus kehidupan yang bisa menghanyutkan kamu kearah yang buruk. (makna umum : sungai)
  35. Sungai ayung dan sungai telaga waja merupakan sungai yang terdapat di Bali dan bisa digunakan dalam kegiatan olahraga arus deras. (makna khusus : Sungai ayung dan sungai telaga waja)
  36. Pada lebaran tahun lalu, kami mendatangi saudara-saudara dekat di sekitar dan meminta maaf kepada tetangga. (makna umum : mendatangi)
  37. Kami mampir dan bersalaman kepada teman yang sudah lama tidak berjumpa, walaupun ada yang tidak mengenali kami. (makna khusus : mampir)
  38. Karena bencana gunung meletus yang menimpa, para penduduk berpindah ke luar pulau dan beberapa ada yang menetap di rumah karena yakin kematian adalah takdir manusia. (makna umum : gunung)


Demikianlah Contoh Kata Makna khusus dan Umum dalam Bahasa Indonesia yang dapat kamu pahami dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat, terimakasih !
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar