--> Skip to main content

Pengertian Kata Benda Dasar dan Turunan Dan Contohnya

 Kata Benda Dasar dan Turunan Dan Contohnya. Salah satu jenis kata yang ada adalah kata benda. Nama lain kata benda adalah kata-kata yang menggambarkan benda-benda konkret seperti manusia, hewan, tumbuhan, batu, dll .; dan objek abstrak seperti sains, seni, dan jiwa.

Berdasarkan proses pembentukan, kata benda dibagi menjadi dua jenis, di mana jenis kata benda termasuk nomina dasar dan nomina turunan. Kata benda dasar adalah kata benda asli (konkrit dan abstrak) yang tidak diberi afiks tertentu. Sementara itu, kata benda turunan adalah kata benda yang dibentuk dengan menggabungkan jenis kata kerja atau kata benda dasar yang ditempelkan oleh jenis afiks tertentu.

Dalam artikel ini, kita akan tahu seperti apa dua jenis kata benda ini. Contoh-contoh ini dapat dilihat sebagai berikut!

A. Contoh Kata Dasar Turunan

  1. Pemandangan di tempat wisata ini sungguhlah menakjubkan. (pemandangan: kata kerja dasar ‘pandang’ + imbuhan awalan-akhiran pe-an)
  2. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca panas seperti ini. (miniman: kata kerja ‘minum’ + imbuhan akhiran -an)
  3. Perasaan ini sungguh tidak menentu akhir-akhir ini. (perasaam: kata benda abstrak rasa + imbuhan awalan-akhiran pe-an)
  4. Pelukis itu tengah asyik melukis di rumahnya. (pelukis: kata kerja dasar ‘lukis’ + imbuhan pe-)
  5. Penyair itu tengah membacakan puisinya dengan sepenuh penghayatan. (penyair: kata benda dasar ‘syair’ + imbuhan pe-)
  6. Pelari wanita itu berhasil menjadi juara lomba lari maraton tahun ini. (pelari: kata kerja dasar ‘lari’ + imbuhan pe-)
  7. Pelawak itu berhasil menghibur penonton dengan humor-humornya yang segar dan jenaka. (pelawak: kata kerja dasar ‘lawak’  + imbuhan pe-)
  8. Masakan buatanmu itu sangat enak sekali, aku saja sampai mau tambah lagi saking enaknya. (masakan: kata kerja dasar ‘masak’ + imbuhan akhiran -an)
  9. Pendidikan di negara ini perlu ditingkatkan, agar kualitas SDM kita bisa jauh lebih bernas. (pendidikan: kata kerja didik + imbuhan awalan-akhiran pe-an)
  10. Makanan itu cocok disajikan baik saat berbuka puasa maupun saat bersantap sahur. (makanan: kata kerja ‘makan’ + imbuhan akhiran -an)
  11. Tanaman itu mempunyai berbagai khasiat yang bisa menyembuhkan hampir segala penyakit. (tanaman: kata kerja ‘tanam’ + imbuhan akhiran -an)
  12. Perumahan itu terkena dampak pemadaman listrink tadi malam, sehingga sepanajang malam tadi mereka berada di dalam kegelapan. (perumahan: kata benda dasar ‘rumah’ + imbuhan pe-an)


B. Contoh Kata Benda Dasar

  1. Ibu tengah berbelanja di pasar Minggu yang berada di Jalan Margahayu itu.
  2. Adik tengah tertidur di kamarnya sejak dua jam yang lalu.
  3. Adik tengah asyik bermain di tanah lapang.
  4. Kakak sedang belajar di kamar belajarnya dengan penuh kesungguhan.
  5. Paman tengah memancing di empang kepunyaan Haji Naim.
  6. Matahari pun telah bersinar di ufuk timur sana.
  7. Adik berangkat sekolah pada pukul enam pagi tadi.
  8. Burung iitu tengah bercicit di atas dahan pohon itu.
  9. Mobil itu terparkir di depan rumah kami.
  10. Mereka tengah menunggu di halte bus itu.
  11. Orang itu tingkahnya begitu mencurigakan sekali.
  12. Kami bekerja hingga laurt malam, sehingga tubuh kami pun kelelahan esok paginya.
  13. Mereka rencananya akan berangkat ke Jepang minggu depan.
  14. Kucing itu tengah tidur di kursi sofa kami.
  15. Ayam pun telah berkokok di pagi ini.


Demikianlah beberapa contoh kata kerja dasar dan turunan dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal kata benda, maka pembaca bisa membuka artikel kata benda konkret dan kata benda abstrak; contoh kata benda konkret dalam bahasa Indonesia; dan contoh kata benda abstrak dalam bahasa Indonesia. terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar